Masih Adakah Peminat Blog

Cara Mudah Download Film di ArenaBioskop.com
Aplikasi Kasir Online Omegasoft

Hore setelah bertahun-tahun tidak update akhirnya sekarang Blog Lintas Berita kembali update post. Terakhir saya update post di blog ini adalah bulan September 2019 itupun yang saya update hanya artikel seadanya.

Sebenarnya blog ini sudah mulai jarang saya update sejak bulan Mei 2016 karena pada waktu itu saya mulai ada kesibukan lain sehingga benar-benar tidak sempat update blog. Apalagi beberapa tahun terakhir ini sepertinya peminat pembaca blog seperti domain saya ini sudah sangat jarang sekali.

Ada beberapa alasan yaitu :

  1. Makin banyaknya website berita besar yang bisa dibilang sangat menguasai hasil serp dengan keyword apapun salah satu contohnya adalah tribun news.
  2. Makin menjamurnya E-Commerce yang ada di Indonesia, sebut saja bukalapak, tokopedia, shopee, olx dan pemain lama yang tetap eksis hingga saat ini yaitu lazada.
  3. Berkembangnya Sosial E-Commerce melalui platform sosial media.

Ternyata dalam waktu 5 tahun sangat-sangat besar perubahan di dunia digital media. Jika sebelum tahun 2016 masih banyak orang berlomba-lomba membuat Toko Online pribadi termasuk saya tetapi saat ini membuat toko online pribadi sudah sangat tidak efektif karena banyaknya e-commerce yang tentunya lebih efisien.

Mau tidak mau saya juga harus mengikuti perubahan, mulai lah pada tahun 2016 saya bergeser ke e-commerce. Website hanya saya buat menjadi sejenis Company Profile untuk lebih meyakinkan.

Kalau sekarang sosial media jika bisa memanfaatkannya bisa menjadi senjata utama untuk mempromosikan produk yang kita jual bahkan bisa meraup penjual melalui media sosial tersebut. Perhatikan saja instagram dan tiktok banyak yang mempromosikan produk disana. Facebook yang dahulu merupakan favorit saya untuk menghabiskan uang untuk ngiklan sekarang sudah sangat-sangat sepi.

Mau bersaing “Keyword” di hasil Search Engine Result Page sudah malas, karena untuk menaikkan keyword dan mampu bertengger di puncak page one google membutuhkan effort yang luar biasa. Selain itu jika anda perhatikan hampir seluruh keyword yang terkait produk pasti halaman teratasnya yang muncul adalah website e-commerce.

Perubahan lainnya yaitu semakin banyaknya video yang di unggah di youtube, apa saja ada di youtube bahkan secara sadar maupun tidak saya sendiri mulai lebih banyak mencari “keyword” di youtube. Contohnya saya pingin mengetahui bagaimana trik jitu memancing di laut, secara tidak sadar saya tidak mengakses google tapi langsung mengetiknya di youtube.

Itu 5 tahun yang lalu, nah sekarang dan 5 tahun ke depan perubahan apa lagi ? tentunya kita harus siap jika terjadi perubahan, harus siap belajar dan mengikuti update serta trend yang ada.

Lalu bagaimana dengan nasib Blog ? masihkah ada yang membaca, atau saling bertukar komentar di post masing2 blog ? dan apakah sebuah blog masih menghasilkan seperti blog ini yang sampai mendapat peringatan dari Google Adsense

Comments are closed.