PROPOSAL/ USULAN
PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA
(ENTERPRENEUR STUDENT PROGRAM)
BAGI MAHASISWA PTS DI LINGKUNGAN KOPERTIS WILAYAH V
TAHUN 2010
Judul Rencana Usaha : PENJUALAN PAKAIAN DAN AKSESORIS KHUSUS PRIA DI PASAR
KLITHIKAN PAKUNCEN WIROBRAJAN SECARA DIRECT MARKETING
DAN INTERNET MARKETING
Nama & Alamat PTS : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (UMY)
JL. RINGROAD BARAT, TAMANTIRTO, KASIHAN, BANTUL 55183
Nama / No. Mhs. Ketua Tim : A. RODES MEDO/ 20080420080
Nama / No. Mhs. Anggota Tim : 1. TRIS KURNIAWAN
2. PELONES POLENSA
3. TRYANA KEUMALASARI
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
KOORDINASI PERGURUAN TINGGI SWASTA WILAYAH V
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar 13 Yogyakarta Telp. 513538 – 587249
Tahun 2010
Ringkasan Proyek
A. MANAJEMEN
- Nama Unit Usaha : TOKO/ KIOS SMART-3 (Solusi Mencari Rezeki
Tambahan Tanpa Tipuan)
- Nama Pimpinan : A. RODES MEDO
- Bidang Usaha : Penjualan Pakaian dan Aksesoris Khusus Pria di
Pasar Klithikan Pakuncen Wirobrajan Secara Direct
Marketing dan Internet Marketing
- Jumlah Karyawan/ Tenaga Kerja : 4 ORANG
B. PEMASARAN
- Produk yang Dipasarkan : Pakaian Distro dan Aksesoris Berkualitas
- Sasaran Konsumen/ Pembeli : Masyarakat, Pelajar, dan Mahasiswa
- Wilayah Pemasaran : Kota Yogyakarta (Direct Marketing) dan Seluruh
Wilayah Indonesia (Internet Marketing)
- Rencana Penjualan minimum /Bulan : Rp28.637.500
- Penetapan Harga Jual : Bervariasi
C. PRODUKSI/ OPERASI
- Kapasitas Penjualan : Rp33.100.000
- Ketersediaan Persediaan : BELUM ADA
- Fasilitas/ Sarana Pemasaran : Toko/ Kios di Blok B Pasar Klithikan Pakuncen
D. KEUANGAN
- Total Pembiayaan Proyek : Rp32.000.000
- Modal Sendiri : Rp0
- Biaya yang diusulkan : Rp32.000.000
- Rencana Penjualan per-Tahun (Rp) : 397.200.000
- Keuntungan per-Tahun (Rp) : 74.424.080
- Return On Investment (ROI) : 20 Bulan
- Break Even Point : 14 Bulan
PROPOSAL/USULAN
PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA
(ENTERPRENEUR STUDENT PROGRAM)
BAGI MAHASISWA PTS KOPERTIS WILAYAH V
TAHUN 2010
Judul Rencana Usaha : PENJUALAN PAKAIAN DAN AKSESORIS KHUSUS PRIA DI PASAR
KLITHIKAN PAKUNCEN WIROBRAJAN SECARA DIRECT MARKETING
DAN INTERNET MARKETING
- A. Ketua Tim :
- Ø Nama : A. RODES MEDO
- Ø Fakultas / Jurusan / Program Studi : EKONOMI/ AKUNTANSI
- Ø Nama PTS : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (UMY)
- Ø Nomor Induk Mahasiswa : 20080420080
- Ø Alamat & Nomor Telp. Di Yogyakarta : JL. S.PARMAN GG.KRESNO Lt.2
KEL.KETANGGUNGAN KEC. WIROBRAJAN
KOTA YOGYAKRTA 55252
- B. Anggota Tim :
- Nama : TRIS KURNIAWAN
Fakultas / Jurusan / Program StudI : AGAMA ISLAM/ EKONOMI PERBANKAN ISLAM
Nama PTS : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (UMY)
Nomor Induk Mahasiswa : 20080730042
Alamat & Nomor Telp : JOGOYUDAN JT.III RT.39 RW.10 GOWONGAN
- Nama : PELONES POLENSA
Fakultas / Jurusan / Program StudI : ILMU SOSIAL DAN POLITIK/ ILMU PEMERINTAHAN
Nama PTS : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (UMY)
Nomor Induk Mahasiswa : 20080520076
Alamat & Nomor Telp : JL. S.PARMAN GG.KRESNO Lt.2
KEL.KETANGGUNGAN KEC. WIROBRAJAN
KOTA YOGYAKRTA 55252
- Nama : TRYANA KEUMALASARI
Fakultas / Jurusan / Program StudI : EKONOMI/ AKUNTANSI
Nama PTS : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (UMY)
Nomor Induk Mahasiswa : 20080520077
Alamat & Nomor Telp : PERUMAHAN TAMANTIRTO MAS B-6 BANTUL
- C. Dosen Pembimbing
- Ø Nama : ALEX MURTIN, S.E., M.Si, Akt
- Ø Fakultas / Jurusan / Program Studi : EKONOMI/ AKUNTANSI
- Ø Nama PTS : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
- Ø NIP : 143 065
Waktu Pelaksanaan : 8 (delapan) bulan, April – November 2010
Biaya yang diusulkan : Rp32.000.000,- (TIGA PULUH DUA JUTA RUPIAH)
Yogyakarta, 12 Maret 2010
Mengetahui : Dosen Pembimbing,
ALEX MURTIN, S.E., M.Si, Akt NIK 143 065
Mengetahui/ Menyetujui Pembantu Rektor III
Drs. HUSNI AMRIYANTO PUTRA, M.Si NIK 163 026
|
Ketua Tim / Penanggungjawab,
A. RODES MEDO NIM 20080420080
Mengetahui/ Menyetujui, Lembaga Wirausaha
trIyana NIK 100 126
|
I. Latar Belakang
1.1. Dasar Gagasan Usaha
1.1.1. Pendahuluan
Kebutuhan akan sandang merupakan kebutuhan primer setiap orang. Dari tahun ke tahun peningkatan dari produk ini sangatlah pesat. Untuk memenuhi tren saat ini diperlukannya unit usaha yang dapat menyediakan produk tersebut. Tetapi penyediaan produk yang berkualitas hanya sedikit yang kita jumpai di Pasar Klithikan karena kualitas dari pakaian yang dijual di Pasar Klithikan rata-rata adalah kualitas biasa. Disini kita akan menerapkan penjualan pakaian dan aksesoris berkualitas dengan harga terjangkau atau berskala pakaian distro.
Perkembangan penawaran disektor Reseller Pakaian dan Aksesoris pada saat ini memang umum telah dilakukan. Hal tersebut disebabkan karena sektor usaha ini sudah dibidik secara serius. Oleh karena itu, agar usaha Toko/Kios Pakaian dan Aksesoris ini menjadi lebih baik maka perlu peningkatan penawaran yang memberikan nilai lebih bagi konsumen dengan cara mendiskon harga dengan ketentuan yang berlaku.
Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha Toko/ Kios Pakaian dan Aksesoris pada masa yang akan datang, maka perlu adanya penawaran produk yang memberikan nilai lebih dan manfaat bagi konsumen. Penawaran tersebut akan semakin variatif (lebih banyak produk yang ditawarkan dalam hal ini tidak dimiliki oleh pesaing) maupun lebih kompetitif karena sudah ditunjang dengan perangkat teknologi informasi yang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi atau sebatas bertukar informasi.
Kebutuhan pakaian pria dan aksesoris sangat banyak peminatnya di Pasar Klithikan, hal ini telah dibuktikan berdasarkan hasil survey pasar yang telah kami lakukan. Terdapat 750-1000 pengunjung setiap harinya dari sekian jumlah tersebut 90% adalah berjenis kelamin pria. Hal ini merupakan peluang bagi kami untuk menyediakan produk yang mereka butuhkan.
Kami telah mendapatkan ruang usaha di Pasar Klithikan yaitu di Blok B sebagai pusat penjualan pakaian. Dan Rencananya akan kami lakukan pengembangan usaha yaitu menyewa rumah/ Ruko/ Ruang Usaha yang berbentuk Toko. Dan setiap tahunnya akan membuka cabang baru sebagai perluasan wilayah pemasaran kami.
1.1.2. Prospek Pasar
Penjualan pakaian dan aksesoris di Pasar Klithikan sangatlah menguntungkan, karena setiap harinya tidak pernah sepi dari pengunjung. Rata-rata produk yang dijual di pasar Klithikan adalah kualitas biasa. Dengan adanya Toko/ Kios smart-3 serta dukungan finansial dari Kopertis V, kami mampu menjawab tantang tesebut. Kami akan menjual barang yang berkualitas tentunya dengan harga yang kompetitif.
1.1.3. Manfaat Ekonomi
Usaha ini dapat memberdayakan kami sebagai pengusaha demi meningkatkan taraf hidup yang lebih baik, sehingga dapat mengurangi beban orang tua dalam membiaya kuliah kami.
1.1.4. Manfaat Sosial
Tidak menutup kemungkinan kami akan membuka cabang baru untuk memperluas wilayah pemasaran. Harapan kami setiap tahunnya ada Cabang baru yang akan kami dirikan. Hal ini jelas dapat merekrut dan membuka lapangan pekerjaan baru, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia.
Kami juga ingin merubah paradigma masyarakat Jogja khususnya, bahwa Pasar Klithikan Pakuncen juga menjual barang-barang yang berkualitas dengan harga murah yang tidak kalah dengan Toko atau distro pada umumnya, tidak seperti sekarang ini bahwa masyarakat Jogja khususnya Mahasiswa/ Pelajar malu kalau beli pakaian mereka tersebut di Pasar Klithikan yang notabene nya barang-barang yang dijual tidak berkualitas. Hal ini hanyalah tempat yang membedakan produk kami, sedangkan merek dan nama barang serta kualitasnya sama.
2. Aspek Pemasaran
2.1. Gambaran Umum Pasar
1. Jenis produk yang dipasarkan adalah Pakaian distro dan Aksesoris yang berkualitas dengan
harga kompetitif, karena rata-rata produk serupa yang dipasarkan di Pasar Klithikan adalah
kualitas menengah ke bawah atau kualitas biasa.
2. Wilayah Pemasaran mencakup daerah Kota Yogyakarta untuk sistem penjualan langsung
atau Direct Marketing dan seluruh wilayah Indonesia untuk sistem e-commerce atau
internet marketing dan Media Katalog
3. Yang menjadi segmen dari usaha Penjualan Pakaian dan aksesoris ini adalah
a. Segmen pasar Khusus Pria (untuk tipe Penjualan secara direct marketing atau penjualan langsung di Pasar Klithikan),
b. Segmen Pasar Umum Pria dan Wanita (Untuk tipe penjualan internet marketing karena menggunakan media Katalog dan Pembelian langsung di situs www.smart- 3.net)
2.2. Permintaan
2.2.1. Proyeksi Permintaan Selama 1 tahun
Dengan adanya modal dari Kopertis V, maka kami dapat memproyeksikan penjualan kami dapat meningkat setiap bulannya yaitu sebesar 10% dan mengalami puncak penjualan pada bulan ke-6.
NO |
JENIS PRODUK |
Target Penjualan Untuk Bulan Ke- |
||||||||||||
PAKAIAN | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | ||
1 | Celana Panjang Standar (Bahan Jeans) |
50 |
55 |
61 |
67 |
73 |
81 |
81 |
81 |
81 |
81 |
81 |
81 |
|
2 | Celana Panjang Pensil (Bahan Jeans) |
50 |
55 |
61 |
67 |
73 |
81 |
81 |
81 |
81 |
81 |
81 |
81 |
|
3 | Celana Panjang standar (Bahan Kain) |
35 |
39 |
42 |
47 |
51 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
|
4 | Celana Pendek |
35 |
39 |
42 |
47 |
51 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
|
5 | Polo Shirt |
35 |
39 |
42 |
47 |
51 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
|
6 | Baju Kemeja |
50 |
55 |
61 |
67 |
73 |
81 |
81 |
81 |
81 |
81 |
81 |
81 |
|
7 | T-Shirt |
80 |
88 |
97 |
106 |
117 |
129 |
129 |
129 |
129 |
129 |
129 |
129 |
|
|
||||||||||||||
AKSESORIS | ||||||||||||||
1 | Topi |
35 |
39 |
42 |
47 |
51 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
|
2 | Tali Pinggang |
35 |
39 |
42 |
47 |
51 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
|
3 | Dompet |
35 |
39 |
42 |
47 |
51 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
|
4 | Gelang |
35 |
39 |
42 |
47 |
51 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
|
5 | Cincin |
35 |
39 |
42 |
47 |
51 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
|
6 | Kalung |
35 |
39 |
42 |
47 |
51 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
56 |
|
7 |
Sarung HP bergambar |
100 |
110 |
121 |
133 |
146 |
161 |
161 |
161 |
161 |
161 |
161 |
161 |
|
KATALOG | ||||||||||||||
1 |
Penjualan Katalog |
40
|
44 |
48 |
53 |
59 |
64 |
64 |
64 |
64 |
64 |
64 |
64 |
|
2.3. Strategi Pemasaran Perusahaan
Strategi pemasaran yang dilakukan :
a. Keterangan Produk
– Mutu : Pakaian dan Aksesoris yang dipasarkan adalah mutunya terjamin dan
berkualitas atau kualitas berskala distro. Berbeda dari kualitas yang
kebanyakan dijual di Pasar Klithikan
– Ukuran : S, M, L, XL
– Kemasan : Tidak ada kemasan atau masih berlabel, kecuali aksesoris sebagian
ada yang berkemasan
b. Harga Produk
– Harga : bervariasi
– Syarat pembayaran : Cash tunai atau transfer Bank
– Potongan : Kami akan memberikan diskon 5% setiap pembelian diatas
Rp3.000.000,-
c. Jalur Penjualan
Dengan adanya produk yang kami tawarkan di atas, sehingga
Ada tiga sistem marketing yang kami terapkan yaitu :
- 1. Direct Selling
Kami akan melakukan penjualan langsung di Pasar Klithikan dengan sistem pembagian waktu jaga Kios/ Lapak yang dimulai dari pukul 10.00 WIB s.d 22.00 WIB.
- 2. Internet Marketing
Kami akan menjual produk kami lewat internet dengan situs pribadi yang telah kami miliki yaitu www.smart-3.net dengan konsep e-commerce webdesign, sehingga konsumen di situs kami bisa cek harga, cek model (melihat gambar + Keterangan produk), cek persediaan, cek ukuran, dan dapat melakukan pembelian langsung di situs kami. Pembayaran dilakukan dengan cara transfer bank.
- 3. Media Katalog
Kami juga akan menyebarluaskan bisnis kami ini dengan media Katalog yang akan dipasarkan lewat Website kami yaitu www.smart-3.net dengan sistem merekrut reseller/ agen baru sebagai upaya untuk mengembangkan wilayah pemasaran produk kami dengan target yaitu seluruh wilayah Indonesia. Katalog ini akan kami berikan kepada pemesan/ calon agen/ calon reseller seharga Rp40.000,-/ Katalog yang berisi daftar harga pakaian dan aksesoris serta gambar yang menarik.
Beragam keuntungan bisnis lewat Katalog ini, antara lain :
– Modal kecil,
– Hanya bermodalkan katalog,
– Katalog berisikan 500 macam produk beserta daftar harga dasar serta harga jual,
– Bisa dijalankan oleh siapa saja seperti : Ibu Rumah Tangga, Pelajar/Mahasiswa/i, Pegawai, Pemilik Distro/Toko, Agen, dan lain-lain.
– Tidak perlu menyetok barang,
– Tidak ada target penjualan,
– Harga disesuaikan sendiri, sesuai target pasar yang dituju,
– Barang bisa di retur, dan masih banyak yang lainnya.
Ketentuan serta fasilitas menjadi agen/ reseller pada smart-3 adalah sebagai berikut :
- Anda bisa mendapatkan katalog produk smart-3 dengan pilihan paket :
PAKET ESKLUSIF : Anda Melakukan pembelian pertama senilai minimum
Rp1.000.000 maka anda akan mendapatkan Katalog dan
panduan bisnisnya secara gratis.
PAKET BISNIS : Anda Melakukan pembelian pertama senilai minimum
Rp500.000 maka anda akan mendapatkan Katalog dan
panduan bisnisnya dengan diberikan diskon sebesar 50% dari
harga Katalog yaitu sebesar Rp20.000,-
PAKET EKONOMI : Anda tidak perlu melakukan pembelian barang, cukup
membeli Katalog saja seharga Rp40.000,-
- Setelah mendapatkan katalog, anda mengirimkan biodata untuk menjadi agen/ reseller smart-3 Toko/ Kios Pakaian dan Aksesoris Online, ke alamat email adminsmart3@gmail.com, atau admin@smart-3.net dengan format sbb:
- Nama Lengkap :
- No HP :
- Email :
- Alamat Lengkap :
Atau SMS ke 085664988830, dengan format :
Nama Lengkap/ No HP/ email/ Alamat Lengkap
- Transaksi agen akan kami anggap sah jika transaksi agen sesuai dengan biodata anda,
4. Awal pembelanjaan minimal 5 buah, selanjutnya minimal 3 buah,
5. Pada awal pembelanjaan berlaku harga dasar bagi agen,
6. Kami akan memberikan cash back langsung setiap transaksi sebesar 5 % apabila
pembelanjaan minimal Rp. 3.000.000,-
7. Kami akan memberikan langsung beragam bonus menarik apabila pembelanjaan
minimal Rp. 5.000.000,-
8. Ketentuan retur barang
Garansi dari kami, apabila dari pesanan atau order (produk katalog) terdapat produk yang tidak cocok warna, model, ukuran dan rusak (cacat produksi), maka produk dapat diretur (ditukar) kembali pada kami dalam waktu 2 minggu setelah faktur pembelian, dengan ketentuan kondisi tag (label stiker) masih utuh, layak dijual kembali, serta tidak rusak/ kotor serta ongkos kirim ditanggung agen.
Cara Transaksi Agen
1. Pemesanan bisa melalui SMS/ Telp/ email/ YM :
SMS/Telp : 085664988830
email : adminsmart3@gmail.com atau admin@smart-3.net
YM : admin_smart-3
2. Dengan format pemesanan sebagai berikut :
(No Urut-Ukuran-Jumlah), (No Urut-Ukuran-Jumlah), dst.
contoh : (12-M-1),(32-L-3),(91-AS-2),dst
3. Setelah pemesanan, kami akan mengkonfirmasi ke anda setelah mengecek ketersediaan barang serta menghitung jumlah pembayaran beserta ongkos kirimnya.
4. Setelah mendapatkan konfirmasi pembayaran, kemudian anda transfer ke nomor rekening sbb :
BCA : 126 0450 471 a.n A. RODES MEDO
5. Setelah transfer, anda konfirmasi transfer kepada kami beserta alamat tujuan paket barang dengan format:
SUDAH TRANSFER#<nominal uang>#<nama bank>#<nama anda>#<alamat
lengkap>#<pesan, jika ada>
contoh : SUDAH TRANSFER#123.000#BCA# RODES# Jl. S.Parman No. 20
Yogyakarta 55252#tolong dikirim secepat mungkin
6. Setelah kami menerima konfirmasi dari anda, maka kami akan mengirimkan pesanan anda secepatnya melalui jasa paket kilat seperti TIKI, JNE, POS, PAHALA, dsb.
7. Kami akan mengirimkan konfirmasi kepada anda setelah pesanan anda kami kirim
8. Segala hal ataupun ketentuan diatas dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Info lebih lanjut hubungi SMS/ Call Center kami di 085664988830
d. Promosi
Promosi dilakukan dengan penyebaran brosur, leaflet, Katalog, dan Kami akan melakukan iklan di internet untuk menjual produk yang kami tawarkan dengan mendaftarkan situs kami pada layanan penyedia iklan di internet. Dan memasang banner pada situs yang relevan untuk mempromosikan keberadaan Toko/ Kios Online kami ini. Dan juga kami akan membuat grup di Facebook dan twitter sebagai langkah mempercepat penjualan dan forum diskusi mengenai produk-produk yang kami tawarkan.
2.4. Analisis Pesaing
No. |
Uraian |
Toko/Kios smart-3 |
Perusahaan Pesaing |
||
Kios Uda |
Kios Riky |
Kios Ma’am |
|||
1. | Harga Jual | Bervariasi tapi kompetitif | bervariasi | bervariasi | bervariasi |
2. | Mutu Produk | Berkualitas | biasa | biasa | biasa |
3. | Kemasan | – | – | – | – |
4. | Promosi | Dilakukan | – | – | – |
5. | Merk | Rollink, Black ID, | Merek tidak terkenal | Merek tidak terkenal | Merek tidak terkenal |
6. | Potongan Penjualan | Pembelian di atas Rp3.000.000 dapat diskon 5% | Tidak ada diskon | Tidak ada diskon | Tidak ada diskon |
7. | Bentuk Pembayaran | Tunai untuk Direct Marketing/ Transfer Bank untuk Internet Marketing | Tunai | Tunai | Tunai |
8. | Pelayanan | Kepuasan konsumen kami utamakan, Konsumen dilayani dengan ramah dan penuh perhatian | Konsumen terkadang diabaikan, ketika mereka lagi makan atau ngobrol | Konsumen terkadang diabaikan, ketika mereka lagi makan atau ngobrol | Konsumen terkadang diabaikan, ketika mereka lagi makan atau ngobrol |
2.5. Metode Promosi & Biaya Promosi
Metode Promosi | Wilayah Sebaran | Biaya (Rp) |
Penjualan Katalog | Seluruh wilayah Indonesia | 40.000 |
Mouth to Mouth | Kota Yogyakarta, Wilayah Kampus UMY | – |
Penyebaran Brosur, leaflet | Kota Yogyakarta | 50.000 |
Pembuatan Website
e-commerce |
660.000 | |
Iklan di internet | Seluruh dunia, karena website www.smart-3.net ada translate tools nya. | 30.000 |
TOTAL BIAYA | 780.000 |
2.6. Penetapan Harga Jual*
NO |
JENIS PRODUK |
Harga Jual / Unit ( Rp ) untuk bulan ke- |
|||||
PAKAIAN |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|
1 |
Celana Panjang Standar (Bahan Jeans) |
85.000 |
|||||
2 |
Celana Panjang Pensil (Bahan Jeans) |
90.000 |
|||||
3 |
Celana Panjang standar (Bahan Kain) |
70.000 |
|||||
4 |
Celana Pendek |
60.000 |
|||||
5 |
Polo Shirt |
45.000 |
|||||
6 |
Baju Kemeja |
50.000 |
|||||
7 |
t-Shirt |
40.000 |
|||||
|
|||||||
|
AKSESORIS | ||||||
1 |
Topi |
15.000 |
|||||
2 |
Tali Pinggang |
25.000 |
|||||
3 |
Dompet |
25.000 |
|||||
4 |
Gelang |
7.500 |
|||||
5 |
Cincin |
25.000 |
|||||
6 |
Kalung |
30.000 |
|||||
7 |
Sarung HP bergambar |
20.000 |
|||||
|
|
||||||
|
KATALOG |
|
|||||
1 |
Penjualan Katalog |
40.000 |
*harga dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan kenaikan harga dari vendor
3. Aspek Operasi
3.1. Produk
1. Ciri-ciri produk
a. Berukuran S, M, L, XL
b. Warna bervariasi disesuaikan dengan kebutuhan
c. Pakaian berbahan jeans, cotton berkualitas
d. Memiliki Merk Terkenal seperti Rollink, Black ID, dll
e. Aksesoris disesuaikan dengan kebutuhan
2. Kegunaan Utama Produk
- Untuk memenuhi kebutuhan tren/ fashion anak muda
- Untuk mempergaya dan menambah percaya diri pemakai produk yang kami jual karena bukan murahan.
3.2. Proses Operasi
Skema/ Bagan Alur Proses Operasi
PEMBELIAN TUNAI PERSEDIAAN
PENJUALAN TUNAI PERSEDIAAN
Untuk penjualan lewat transfer bank/ internet marketing
Untuk penjualan tunai secara langsung atau direct marketing
3.3. Kapasitas Penjualan
Kami menargetkan kenaikan volume penjualan sebesar 10% setiap bulannya, sehingga mencapai puncak penjualan pada bulan ke-6 yaitu :
Bulan Ke- |
Rencana Penjualan |
1 |
Rp 28.637.500
|
2 |
Rp 31.501.250 |
3 |
Rp 34.651.375 |
4 |
Rp 38.116.513 |
5 |
Rp 41.928.164 |
6 |
Rp 46.120.980 |
7 |
Rp 46.120.980 |
8 |
Rp 46.120.980 |
9 |
Rp 46.120.980 |
10 |
Rp 46.120.980 |
11 |
Rp 46.120.980 |
12 |
Rp 46.120.980 |
Total Penjualan Tahun 2010 |
Rp 497.681.662
|
3.4. Peralatan
Nama Peralatan | Merk | Jumlah | Harga (Rp) | Total (Rp) |
Hanger Baju | – |
50 |
5.000 |
250.000 |
Tempat Gantungan Hanger | – |
2 |
150.000 |
300.000 |
Kunci Pengaman Gudang Persediaan | – |
2 |
25.000 |
50.000 |
Tempat Gantungan Aksesoris | – |
2 |
150.000 |
300.000 |
TOTAL BIAYA |
900.000 |
3.5. Persediaan
1. Barang Persediaan yang diperlukan sesuai dengan Rencana Penjualan bulan ke-1 :
Produk |
Jumlah |
Harga (Rp) |
Total (Rp) |
Celana Panjang Standar (Bahan Jeans) |
60 |
70.000 |
4.200.000 |
Celana Panjang Pensil (Bahan Jeans) |
60 |
75.000 |
4.500.000 |
Celana Panjang standar (Bahan Kain) |
40 |
60.000 |
2.400.000 |
Celana Pendek |
40 |
50.000 |
2.000.000 |
Polo Shirt |
40 |
40.000 |
1.600.000 |
Baju Kemeja |
60 |
40.000 |
2.400.000 |
t-Shirt |
100 |
35.000 |
3.500.000 |
Biaya Kirim |
1 |
500.000 |
500.000 |
Jumlah Penjualan Pakaian |
21.100.000 |
||
Produk |
Jumlah |
Harga (Rp) |
Total (Rp) |
Topi |
40 |
8.500 |
340.000 |
Tali Pinggang |
30 |
15.000 |
600.000 |
Dompet |
30 |
15.000 |
600.000 |
Gelang |
40 |
2.500 |
100.000 |
Cincin |
40 |
5.000 |
200.000 |
Kalung |
40 |
7.500 |
300.000 |
Gantungan Kunci |
40 |
5.000 |
200.000 |
Sarung HP bergambar |
100 |
10.000 |
1.200.000 |
Jumlah Penjualan Aksesoris |
3.040.000 |
||
Produk |
Jumlah |
Harga (Rp) |
Total (Rp) |
Katalog |
50 |
20.000 |
1.000.000 |
Jumlah Penjualan Katalog |
1.000.000 |
||
TOTAL BIAYA |
25.140.000 |
2. Persyaratan Pembelian Persediaan
Pembelian Pakaian dan Aksesoris berdasarkan standar mutu yang baik dengan memperhatikan kualitas bahan, warna, dan gambar sablon yang menarik di setiap pakaian. Dan memperhatikan merek Pakaian yang laris terjual, maka itu menjadi prioritas pembelian selanjutnya.
3. Ketersediaan dan kesinambungan Persediaan
Persediaan untuk awal penjualan kita beli dari daerah lain yaitu di Kota Bandung sebagai pusat konveksi dan pusat distributor pakaian merek terkenal seperti Rollink, Black ID, dan untuk selanjutnya kita mencoba memasarkan produk-produk dari Kota Yogyakarta, seperrti pakaian batik dan aksesoris khas Jogja.
4. Aspek Organisasi, SDM dan Manajemen
4.1. Umum
- Nama Perusahaan : TOKO/ KIOS SMART-3 ( Solusis Mencari Rezeki Tambahan Tanpa
Tipuan)
- Bidang Usaha : Penjualan Pakaian dan Aksesoris
- Jenis Produk / Jasa : Pakaian berskala Distro dan Aksesoris berkualitas
- Alamat Perusahaan : BLOK B, JL. HOS Cokroaminoto Pasar Klithikan Pakuncen Wirobrajan
- Nomor Telepon : 085664988830
- Nomor Fax : –
- Alamat Email : adminsmart3@gmail.com ATAU admin@smart-3.net
- Situs Web : www.smart-3.net (masih dalam proses perancangan)
- Mulai Berdiri : –
4.2. BIODATA USAHAWAN
Nama : A. Rodes Medo
Jabatan : Manager
Tempat dan Tgl Lahir : Semelako, 01 Mei 1989
Alamat Rumah : Jl. S. Parman Gg. Kresno No.20 Lt.2 Ketanggungan Wirobrajan
Nomor HP : 085664988830
Alamat Email : Leebonk369@gmail.com
Nama : Tris Kurniawan
Jabatan : Bagian Persediaan dan bagian Pengiriman
Tempat dan Tgl Lahir : Curup, 22 Maret 1988
Alamat Rumah : Jogoyudan Jt.III RT.39 RW.10 Kec. Jetis
Nomor HP : 085729606641
Alamat Email : doroyachi@gmail.com
Nama : Pelones Polensa
Jabatan : Bagian Pembelian dan Bagian Penjualan/ Kasir
Tempat dan Tgl Lahir : Bengkulu, 10 Februari 1989
Alamat Rumah : Jl. S. Parman Gg. Kresno No.20 Lt.2 Ketanggungan Wirobrajan
Nomor HP : 081227333315
Alamat Email : pedy89@gmail.com
Nama : Tryana Keumalasari
Jabatan : Bagian Akuntansi
Tempat dan Tgl Lahir : Banda Aceh, 16 Juli 1990
Alamat Rumah : Perumahan Tamantirto Mas B-6
Nomor HP : 05277261962
Alamat Email : yana.malasari@yahoo.com
4.3. Bagan/ Struktur Organisasi
Garis Komando
Garis Koordinasi
Job Description :
- MANAGER
– Melakukan monitoring/ kontrol terhadap perkembangan usaha
– Memberi perintah/ tugas kerja kepada Bagian-bagian
– Melayani konsumen yang melakukan pembelian lewat situs
– Menjawab pertanyaan dan melayani kosumen yang bertanya secara online
– Melakukan kontrak/ kerjasama dengan pihak vendor sebagai penyedia produk
– Mengelolah Website Toko/Kios Online www.smart-3.net
– Mengecek Pembayaran tunai lewat transfer bank
- Bagian PERSEDIAAN
– Melakukan perawatan pada persediaan
– Menjaga kualitas barang tetap terjaga
– Menghitung dan melaporkan barang yang masih tersedia di Gudang kepada bagian Akuntansi
– Melakukan Pencatatan terhadap barang masuk dan barang keluar
– Membuat surat order pembelian
– Melakukan pengamatan terhadap barang yang top rating/ sedang tren
- BAGIAN PENGIRIMAN
– Mengepak Barang yang akan dikirimkan ke konsumen
– Mengecek Kepastian alamat pemesan
– Melakukan pengiriman dengan menggunakan jasa pengiriman seperti TIKI, JNE, POS, dan PAHALA
– Mengecek status kiriman di website
– Melaporkan status kiriman
– Menelpon atau sms kepada pemesan bahwa barang telah dikirim
– Mengupdate biaya kirim dari Penyedia jasa pengiriman
- BAGIAN PEMBELIAN
– Melakukan cek ulang terhadap surat order pembelian dari bagian Gudang
– Melakukan Pembelian Barang kepada vendor
– Melakukan cek terhadap barang yang akan dibeli
– Melakukan Observasi atas produk yang paling sering dibeli
– Melakukan cek ulang terhadap barang yang telah dibeli sesuaikan dengan faktur pembelian
– Meretur barang yang rusak
– Bertanggung jawab kepada manager
- BAGIAN AKUNTANSI
– Melakukan pencatatan akuntansi : Mencatat transaksi , Menjurnal, Posting Buku Besar, Membuat Laporan Keuangan
– Mengecek ulang terhadap faktur pembelian
– Melaporkan kondisi keuangan per triwulan
– Mencatat biaya operasional
– Menyimpan dan mengarsipkan setiap faktur
– Bertanggung jawab kepada manager
- BAGIAN PENJUALAN/ KASIR
– Membuat tabel pembagian jam kerja karyawan
– Mengevaluasi kinerja karyawan
– Berorientasi meningkatkan penjualan
– Melakukan pencatatan keuangan harian atas transaksi penjualan
– Melaporkan ke bagian Akuntansi setiap transaksi yang terjadi
– Melayani pembelian lewat situs www.smart-3.net
– Bertanggung jawab kepada Manager
- KARYAWAN
– Membuka dan menutup Toko/ Kios
– Melakukan Promosi
– Menata barang dagangan
– Melayani Konsumen baik offline maupun online
- VENDOR
– Mensuplai Barang/ Persediaan
– Melakukan Kontrak kerjasama dengan manager
– Memberikan Kredit barang kepada Toko/ Kios smart-3
4.4. Uraian Jabatan
Jabatan |
Nama |
Gaji (Rp) |
|
Bulan |
Tahun |
||
Manager | A. RODES MEDO |
750.000 |
9.000.000 |
Bag.Persediaan/ Pengiriman | TRIS KURNIAWAN |
750.000 |
9.000.000 |
Bag. Akuntansi | TRYANA KEUMALASARI |
750.000 |
9.000.000 |
Bag.Pembelian/ Penjualan/ Kasir | PELONES POLENSA |
750.000 |
9.000.000 |
TOTAL GAJI |
3.000.000 |
36.000.000 |
Untuk tahun 2011 akan dilakukan kenaikan gaji sebesar Rp250.000,- sehingga menjadi Rp1.000.000
Untuk tahun 2012 akan dilakukan kenaikan gaji sebesar Rp500.000,- sehingga menjadi Rp1.500.000
4.5. Kegiatan Pra-Operasi dan Jadwal Pelaksanaan
Jenis Kegiatan Pra-Operasi |
Jadwal Pelaksanaan |
Biaya Pra- Operasi |
|||
Minggu Ke-1 Bulan Maret 2010 | Minggu Ke-2 Bulan Maret
2010 |
Minggu Ke-1 dan 2 Bulan April 2010 | Minggu Ke-3 dan 4 Bulan April 2010 dan bulan seterusnya | ||
1. Survey Pasar | mmmmm | 0 | |||
2. Menyusun Rencana
Usaha |
mmmmm | 0 | |||
3. Survey Tempat Usaha | mmmmm | 0 | |||
4. Survey Perlengkapan | mmmmm | 0 | |||
5. Uji Coba Penjualan | 0 | ||||
6. Operasional | 0 | ||||
TOTAL | 0 |
4.6. ANALISIS KOMPETENSI SDM
- Tim Kami memiliki SDM yang mampu menjalankan bisnis ini, karena kami memiliki jaringan atau link kepada Vendor, serta pengalaman berwirausaha sebelumnya yang pernah kami lakukan (dibuktikan dengan nota Pembelian terlampir)
- Tim Kami memiliki SDM yang mampu menjalankan bisnis secara e-commerce atau melalui internet marketing, karena kami memiliki skill dalam mendesign website dan tahu bahasa PHP atau HTML untuk mengolah situs e-commerce kami yaitu www.smart-3.net
- Tim Kami memiliki prospek cerah dalam memperluas wilayah pemasaran, karena kami berasal dari Provinsi Bengkulu dan Nangroe Aceh Darussalam, tidak menutup kemungkinan akan membuka cabang baru di daerah asal.
4.7. ANALISIS KEBUTUHAN DAN RENCANA PENGEMBANGAN SDM
– Kami akan merekrut Karyawan baru, karena SDM yang sekarang ini masih rangkap jabatan.
– Kami akan mentraining karyawan baru untuk ditempatkan pada Cabang baru nantinya
– Kami akan saling berbagi ilmu dan saling membantu untuk menerapkan sistem penjualan melalui internet marketing dan memantapkan strategi pemasaran kami.
4.8. RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
Dengan adanya modal investasi dari Kopertis V, maka akan menambah modal kami dalam menjalankan bisnis ini dan akan meningkatkan volume penjualan kami. Sehingga kami dapat membuka cabang baru setiap tahunnya.
4.9. ANALISIS SWOT
- a. DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR
– Dengan adanya produk yang murah dan berkualitas menjadikan kios/ lapak kami merupakan tempat terfavorite di pasar klithikan.
– Memberikan paradigma baru kepada masyarakat bahwa Pasar Klithikan menjual barang-barang yang berkualitas
– Kami bisa mengembangkan jiwa kewirausahaan sehingga kami mengerti bisnis realnya
– Tekhnologi yang kami terapkan dapat diakses oleh masyarakat pada umumnya sebagai media referensi mereka dalam membeli suatu produk pakaian dan aksesoris
- b. ANALISIS RESIKO USAHA
– Adanya manajemen pengelolah yang kurang jujur
– Terdapatnya cacat pada barang yang dibeli
– Barang yang tidak laku
– Tempat yang kurang strategis
– Tidak adanya persediaan pada saat pemesanan barang oleh konsumen melalui katalog
- c. ANTISIPASI RESIKO USAHA
– Kita akan membuat Buku Besar, Jurnal Kas Masuk, Jurnal Kas Keluar, Kartu Persediaan, dan Kita akan merancang sistem akuntansi yang baik dan membuat nota pembelian.
– Kita akan mengikat kerjasama yang baik dengan vendor dengan prinsip barang dapat diretur apabila cacat, rusak atau tidk sesuai dengan pesanan.
– Kami akan mengadakan diskon atau obral, untuk meminimalisir biaya agar tidak terjadinya kerugian atau mengusahakan balik modal.
– Kami akan membuat ciri khas tertentu pada kios/ lapak kami baik dari segi papan petunjuk lokasi, furniture yang menarik, dan leaflet promosi.
– Kami akan segera mungkin memesan produk yang sejenis ke vendor supaya konsumen kami puas terhadap pelayanan yang kami berikan, atau kami akan menyarankan untuk mengganti item pesanan tersebut dengan item yang tidak terlalu berbeda sehingga konsumen tidak merasa kecewa.
5. Aspek Keuangan
5.1. Asumsi-asumsi
Penjualan yang tertera di bawah ini adalah prediksi penjualan yang terjadi bulan pertama, kesesuaian data yang terdapat di bawah adalah berdasarkan studi lapangan yang telah kami lakukan dengan mensurvey beberapa pedagang pakaian yang terdapat pada Blok B. Harga, perkiraan omset, dan data-data tersebut adalah bersumber dari Pedagang yang berada di Pasar Klithikan. Kami menargetkan penjualan terjadi peningkatan setiap tahunnya yaitu sebesar 10% dari total Penjualan pada tahun berakhir.
5.2. Pembiayaan Proyek
Biaya yang diperlukan dalam mendirikan usaha ini adalah sebesar Rp32.000.000 (Tiga Puluh Dua Juta Rupiah) dengan rincian sebagai berikut :
RANCANGAN ANGGARAN DANA |
||||||
A. |
Tempat dan Perizinan | |||||
No |
Keterangan |
Satuan |
Unit |
Harga satuan |
Jumlah |
|
1 |
Sewa Blok/ Tempat Usaha |
1 |
tahun | Rp 5.000.000 | Rp 5.000.000 | |
2 |
Izin Usaha |
1 |
kali | Rp 150.000 | Rp 150.000 | |
Jumlah | Rp 5.150.000 | |||||
B. |
Peralatan | |||||
No |
Keterangan |
Satuan |
Unit |
Harga satuan |
Jumlah |
|
1 |
Hanger Baju |
50 |
buah |
Rp 5.000 |
Rp 250.000 |
|
2 |
Tempat Gantungan Hanger |
2 |
buah |
Rp 150.000 |
Rp 300.000 |
|
3 |
Kunci Pengaman Gudang Persediaan |
2 |
buah |
Rp 25.000 |
Rp 50.000 |
|
4 |
Tempat Gantungan Aksesoris |
2 |
buah |
Rp 150.000 |
Rp 300.000 |
|
|
Jumlah |
Rp 900.000 |
||||
C. |
Pakaian | |||||
No |
Keterangan |
Satuan |
Unit |
Harga satuan |
Jumlah |
|
1 |
Celana Panjang Standar (Bahan Jeans) |
60 |
helai |
Rp 70.000 |
Rp 4.200.000 |
|
2 |
Celana Panjang Pensil (Bahan Jeans) |
60 |
helai |
Rp 75.000 |
Rp 4.500.000 |
|
3 |
Celana Panjang standar (Bahan Kain) |
40 |
helai |
Rp 60.000 |
Rp 2.400.000 |
|
4 |
Celana Pendek |
40 |
helai |
Rp 50.000 |
Rp 2.000.000 |
|
5 |
Polo Shirt |
40 |
helai |
Rp 40.000 |
Rp 1.600.000 |
|
6 |
Baju Kemeja |
60 |
helai |
Rp 40.000 |
Rp 2.400.000 |
|
7 |
t-Shirt |
100 |
helai |
Rp 35.000 |
Rp 3.500.000 |
|
8 |
Biaya Kirim |
1 |
ball |
Rp 500.000 |
Rp 500.000 |
|
Jumlah |
Rp 21.100.000 |
|||||
D. |
Aksesoris | |||||
No |
Keterangan | Satuan | Unit | Harga satuan | Jumlah | |
1 |
Topi |
40 |
buah |
Rp 8.500 |
Rp 340.000 |
|
2 |
Tali Pinggang |
30 |
buah |
Rp 15.000 |
Rp 450.000 |
|
3 |
Dompet |
30 |
buah |
Rp 15.000 |
Rp 450.000 |
|
4 |
Gelang Rakitan |
40 |
buah |
Rp 2.500 |
Rp 100.000 |
|
5 |
Cincin |
40 |
buah |
Rp 5.000 |
Rp 200.000 |
|
6 |
Kalung |
40 |
buah |
Rp 7.500 |
Rp 300.000 |
|
7 |
Gantungan Kunci |
40 |
buah |
Rp 5.000 |
Rp 200.000 |
|
8 |
Sarung HP Bergambar |
100 |
buah |
Rp 10.000 |
Rp 1.000.000 |
|
|
Jumlah |
Rp 3.040.000 |
||||
E. |
Pembuatan Katalog | |||||
No |
Keterangan | Satuan | Unit | Harga satuan | Jumlah | |
1 |
Biaya Cetak |
50 |
buah |
Rp 20.000 |
Rp 1.000.000 |
|
|
Jumlah |
Rp 1.000.000 |
||||
F. |
Website e-commerce | |||||
No |
Keterangan | Satuan | Unit | Harga satuan | Jumlah | |
1 |
Jasa Pembuatan Website e-commerce |
1 |
tahun |
Rp 660.000 |
Rp 660.000 |
|
2 |
Jasa Hosting dan Domain setahun |
1 |
tahun |
Rp 150.000 |
Rp 150.000 |
|
|
Jumlah |
Rp 810.000 |
||||
Jumlah modal awal | ||||||
A. |
Tempat dan Perizinan | Rp 5.150.000 | ||||
B. |
Peralatan | Rp 900.000 | ||||
C. |
Pakaian | Rp 21.100.000 | ||||
D. |
Aksesoris | Rp 3.040.000 | ||||
E. |
Pembuatan Katalog | Rp 1.000.000 | ||||
F. |
Website e-commerce | Rp 810.000 | ||||
TOTAL | Rp 32.000.000 | |||||
Dana real yang dibutuhkan | Rp 32.000.000 | |||||
5.3. Laba Rugi
BIAYA OPERASIONAL PER BULAN |
|||||||||
A. Operasioanl Umum | |||||||||
No | Keterangan | Unit | Harga satuan | Jumlah | |||||
1 |
Listrik |
1 |
bulan |
25.000 |
25.000 |
||||
2 |
Gaji |
4 |
orang |
750.000 |
3.000.000 |
||||
3 |
Iuran Keamanan |
1 |
bulan |
25.000 |
25.000 |
||||
4 |
Iuran kebersihan |
1 |
bulan |
25.000 |
25.000 |
||||
Jumlah |
3.075.000 |
||||||||
B. Operasional Promosi | |||||||||
No | Keterangan | Unit | Harga satuan | Jumlah | |||||
1 |
Biaya Kirim Katalog |
50 |
katalog |
7.500 |
375.000 |
||||
2 |
Biaya Iklan Website |
1 |
30.000 |
30.000 |
|||||
Jumlah |
405.000 |
||||||||
C. Operasional Defisit | |||||||||
No | Keterangan | Unit | Harga satuan | Jumlah | |||||
1 |
Defisit Peralatan |
2,00% |
perbulan |
900.000 |
18.000 |
||||
2 |
Website e-commerce |
2,00% |
perbulan |
660.000 |
13.200 |
||||
3 |
Jasa Hosting dan Domain setahun |
10,00% |
perbulan |
150.000 |
15.000 |
||||
Jumlah |
46.200 |
||||||||
D. Total Operasional perbulan | |||||||||
A. Operasioanl Umum | Rp 3.075.000 | ||||||||
B. Operasional Promosi | Rp 405.000 | ||||||||
Rp 3.480.000 | |||||||||
E. Angsuran Kios/ Lapak Perbulan | |||||||||
1 |
Angsuran sewa Kios/lapak |
per |
bulan | Rp 416.667 | |||||
Jumlah yang harus dikeluarkan per bulan | |||||||||
C. Operasional Defisit | Rp 46.200 | ||||||||
D. Total Operasional perbulan | Rp 3.480.000 | ||||||||
E. Angsuran Kios/ Lapak Perbulan | Rp 416.667 | ||||||||
TOTAL | Rp 3.942.867 | ||||||||
|
Perkiraan Semua Omzet per bulan Tahun 2010
Diperkirakan kenaikan laba yang diinginkan adalah 20% setiap tahunnya |
|||||||||
No |
Keterangan |
Jumlah Persediaan satu bulan |
Penjualan/ Bulan |
Harga Beli |
Harga Jual Minimum |
Laba/ Bulan |
Laba/ Tahun 2010 |
Laba/ Tahun 2011 |
Laba/ Tahun 2012 |
|
PAKAIAN |
|
|
|
|
|
|
||
1 |
Celana Panjang Standar (Bahan Jeans) |
60 |
50 |
70.000 |
85.000 |
750.000 |
9.000.000 |
10.800.000 |
12.960.000 |
2 |
Celana Panjang Pensil (Bahan Jeans) |
60 |
50 |
75.000 |
90.000 |
750.000 |
9.000.000 |
10.800.000 |
12.960.000 |
3 |
Celana Panjang standar (Bahan Kain) |
40 |
35 |
60.000 |
70.000 |
350.000 |
4.200.000 |
5.040.000 |
6.048.000 |
4 |
Celana Pendek |
40 |
35 |
50.000 |
60.000 |
350.000 |
4.200.000 |
5.040.000 |
6.048.000 |
5 |
Polo Shirt |
40 |
35 |
40.000 |
45.000 |
175.000 |
2.100.000 |
2.520.000 |
3.024.000 |
6 |
Baju Kemeja |
60 |
50 |
40.000 |
50.000 |
500.000 |
6.000.000 |
7.200.000 |
8.640.000 |
7 |
t-Shirt |
100 |
80 |
35.000 |
40.000 |
400.000 |
4.800.000 |
5.760.000 |
6.912.000 |
TOTAL |
|
|
|
|
3.275.000 |
39.300.000 |
47.160.000 |
56.592.000 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
AKSESORIS |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Topi |
40 |
35 |
8.500 |
15.000 |
227.500 |
2.730.000 |
3.276.000 |
3.931.200 |
2 |
Tali Pinggang |
30 |
35 |
15.000 |
25.000 |
350.000 |
4.200.000 |
5.040.000 |
6.048.000 |
3 |
Dompet |
30 |
35 |
15.000 |
25.000 |
350.000 |
4.200.000 |
5.040.000 |
6.048.000 |
4 |
Gelang |
40 |
35 |
2.500 |
7.500 |
175.000 |
2.100.000 |
2.520.000 |
3.024.000 |
5 |
Cincin |
40 |
35 |
5.000 |
25.000 |
700.000 |
8.400.000 |
10.080.000 |
12.096.000 |
6 |
Kalung |
40 |
35 |
7.500 |
30.000 |
787.500 |
9.450.000 |
11.340.000 |
13.608.000 |
7 |
Sarung HP bergambar |
100 |
100 |
5.000 |
20.000 |
1.500.000 |
18.000.000 |
21.600.000 |
25.920.000 |
TOTAL |
|
|
|
|
2.590.000 |
31.080.000 |
37.296.000 |
44.755.200 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
PENJUALAN KATALOG |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penjualan Katalog |
50 |
40 |
30.000 |
40.000 |
400.000 |
4.800.000 |
5.760.000 |
6.912.000 |
|
TOTAL |
|
|
|
|
400.000 |
4.800.000 |
5.760.000 |
6.912.000 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
JUMLAH |
|
|
|
|
6.265.000 |
75.180.000 |
90.216.000 |
108.259.200 |
5.4. Arus Kas
RENCANA ARUS KAS
TOKO/ KIOS SMART-3
TAHUN 2010 – 2012
2010 |
2011 |
2012 |
||
|
||||
Penerimaan Penjualan |
397.200.000 |
476.640.000 |
537.408.000 |
|
Penerimaan Pinjaman |
32.000.000 |
0 |
0 |
|
Sub Total Penerimaan |
429.200.000 |
476.640.000 |
537.408.000 |
|
|
||||
Pembelian Pakaian |
247.200.000 |
296.640.000 |
355.968.000 |
|
Pembelian Aksesoris |
28.080.000 |
33.696.000 |
40.435.200 |
|
Peralatan |
900.000 |
900.000 |
900.000 |
|
Biaya cetak Katalog |
12.000.000 |
12.000.000 |
12.000.000 |
|
Biaya Kirim Katalog |
4.500.000 |
4.500.000 |
4.500.000 |
|
Biaya Tempat dan perizinan |
5.150.000 |
5.000.000 |
5.000.000 |
|
Biaya Listrik |
300.000 |
300.000 |
300.000 |
|
Iuran Keamanan |
300.000 |
300.000 |
300.000 |
|
Iuran Kebersihan |
300.000 |
300.000 |
300.000 |
|
Biaya iklan website |
360.000 |
360.000 |
360.000 |
|
Gaji |
36.000.000 |
48.000.000 |
72.000.000 |
|
Biaya Jasa Hosting + Domain |
150.000 |
150.000 |
150.000 |
|
Pembelian Website e-commerce |
660.000 |
0 |
0 |
|
Angsuran Pokok |
18.875.920 |
13.124.080 |
0 |
|
|
|
|
||
|
|
|
||
Sub Total Pengeluaran |
354.775.920
|
415.270.080
|
492.213.200
|
|
|
74.424.080 |
61.369.920
|
45.194.800 |
|
|
0 |
74.424.080 |
135.794.000
|
|
|
74.424.080 |
135.794.000
|
180.988.800 |
- RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
6.1. STRATEGI PEMASARAN
Ada dua sistem marketing yang kami terapkan yaitu :
6.1.1. Direct Selling
Kami akan melakukan penjualan langsung di Pasar Klithikan dengan sistem pembagian waktu jaga Kios yang dimulai dari pukul 10.00 WIB s.d 22.00 WIB.
6.1.2. Internet Marketing
Kami akan menjual produk kami lewat internet dengan situs pribadi yang telah kami miliki yaitu www.smart-3.net dengan konsep e-commerce webdesign, sehingga konsumen di situs kami bisa cek harga, cek model (melihat gambar + Keterangan produk), cek persediaan, cek ukuran, dan dapat melakukan pembelian langsung di situs kami. Pembayaran dilakukan dengan cara transfer bank.
6.1.3. Media Katalog yaitu sebagai sarana untuk merekrut agen/ reseller baru yang tidak membatasi ruang dan waktu pembelian, sehingga Toko/ lapak kami bisa melakukan transaksi 24 x 7 hari non-stop, karena konsumen dapat melakukan pembelian lewat situs e-commerce yang kami rancang.
6.2. STRATEGI ORGANISASI DAN SDM
6.2.1. Kami akan berbagi tugas dengan menggunakan sistem roling atau pergantian dalam melakukan penjualan di Pasar Klithikan Pakuncen.
6.2.2. Kami akan melakukan sharing keilmuan dalam mengembangkan sistem internet marketing
6.3. STRATEGI KEUANGAN
6.3.1. Kami akan membayar tempat/ kios/ lapak di pasar Klithikan sesuai dengan harga sewa kios/ lapak pada umumnya.
6.3.2. Kami akan membeli pakaian dan aksesoris pada vendor yang bisa memberikan harga yang bersaing atau lebih murah dengan jaminan kualitas barang yang bagus
6.3.3. Kami akan membeli peralatan/ furniture yang dibutuhkan sebagai tempat untuk memajangkan produk-produk yang kami jual
6.3.4. Untuk pembelian pertama sampai dengan ketiga dalam pembayaraan harus cash kepada vendor, selanjutnya boleh kredit dengan sistem Barang diterima terlebih dahulu dan pembayaran setelah barang habis terjual. Sehingga intinya kita harus saling percaya dan memupuk kejujuran dalam bisnis.
6.4. RENCANA KEBERLANJUTAN
6.4.1 RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN
|
TOTAL NILAI KEBUTUHAN
PINJAMAN / MODAL
|
TOTAL NILAI KEBUTUHAN
MODAL INVESTASI
|
TOTAL NILAI KEBUTUHAN
MODAL KERJA
6.5. RENCANA PENGEMBALIAN DANA PINJAMAN
|
JANGKA WAKTU
PENGEMBALIAN
|
MASA TENGGANG
PEMBAYARAN
6.6. AGUNAN YANG DIMILIKI
|
Jenis Agunan
|
Spesifikasi dan
Keterangan Lain-lain
|
Aspek Legalitas
|
Nilai Agunan
Lampiran : DENAH LOKASI PASAR KLITHIKAN PAKUNCEN WIROBRAJAN
JALAN JALAN
LANTAI DASAR
JALAN MASJID KUNCEN