Blog anda lemot ketika dibuka di browser ? mungkin sudah saatnya anda beralih ke VPS (Virtual Private Server). Namun untuk pindah ke VPS bukanlah sebuah hal yang mudah apalagi anda sangat buta sekali tentang VPS, bagaimana cara settingnya, bagaimana cara pindah blog anda dari share hosting ke VPS pokoknya intinya anda tidak mengerti sama sekali.

Mungkin anda berpikir lebih baik mencari VPS yang manage artinya didalam VPS tersebut sudah satu paket sama CPanel, atau mungkin anda berpikir juga untuk membeli saja sebuah CPanel seperti yang biasa anda gunakan di share hosting. Tetapi saya yakin setelah anda browsing mencari info VPS yang manage tentunya harganya jauh lebih mahal bukan ? Lalu bagaimana solusinya ? padahal anda sama sekali buta tentang bagaimana cari install wordpress di VPS !!

Jangan bingung dan jangan ragu lagi, ikuti saja tutorial berikut ini, pokoknya anda ikuti saja dan saya jamin anda nanti akan berhasil install wordpress di VPS anda tentunya juga dilengkapi CPanel gratis dari Webuzo.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

harga vps di digital ocean

cara buat droplet

buat droplet

server dan CentOS VPS

login putty

login vps

intall wget yum

install webuzo

Screensshot_1
username saya ganti menjadi “kerenbgt” karena maksimal hanya 8 huruf/angka

Webuzo-vps

Sampai disini anda sudah berhasil memiliki sebuah VPS yang sudah terinstall CPanel Webuzo. Selanjutnya pasti anda bertanya bagaimana cara mengarahkan domain atau blog anda ke VPS baru anda ? Untuk itu anda tentunya harus menyetting private nameserver blog anda dan mengarahkan ke nameserver baru anda yang ada di VPS.

Disini saya akan mendaftarkan sebuah domain saya www.buyplusvotes.com ke VPS yang baru saya buat diatas tadi. Domain ini saya daftarkan di Namecheap.com. Untuk mengganti nameserver silahkan anda ikuti langkah-langkahnya :

ganti nameserver

ganti nameserver

Screenshot_2

Sampai disini berarti anda sudah memiliki VPS yang sudah terinstall CPanel Webuzo dan Domain Blog anda juga sudah mengarah ke IP VPS milik anda. Langkah selanjutnya adalah tinggal mendownload dan install wordpress ke VPS anda.

Mungkin karena anda terbiasa menggunakan CPanel pasti anda akan langsung mencari di menu CPanel Webuzo Installer untuk download otomatis wordpress seperti yang tersedia di Share Hosting. Jangan harap anda akan menemukannya. Webuzo tidak menyediakan gratis script untuk install otomatis. Script untuk install wordpress dijual secara terpisah, anda bisa membelinya di website resmi Webuzo.

Kalau beli berarti harus keluar biaya lagi donk ? Tenang saja disini kita akan install wordpress secara manual, Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk Install WordPress di VPS anda.

buat database di webuzo

buat user database wordpress

add user ke database

setting privilage

cara edit file config

Screenshot_4

SELAMAT !!!! Sampai disini anda telah berhasil menginstall wordpress ke VPS dan domain anda juga telah mengarah ke VPS. Sekarang tinggal anda buka domain anda http://x.x.x.x.com/wp-admin/ dan anda ikuti petunjuknya.

Screenshot_5

Gimana gak susah kan ternyata ? Jika anda mengalami error ada baiknya anda perhatikan baik-baik lagi cara diatas, saya juga dulu pertama kali tidak langsung sukses pasti ada errornya. Kalau anda gak mau pusing dan ribet ya silahkan saja beli Licensi CPanel resmi dengan biaya $20 / bulan atau bisa langsung anda lihat di http://cpanel.net/plans-pricing/

Pasti anda juga akan bertanya bagaimana cara mindahin Database WordPress lama anda yang di share hosting ke VPS ? Untuk itu akan saya bahas pada tulisan berikutnya dan tentunya juga gak ribet dan kita akan memindahkan database blog anda dengan menggunakan sebuah plugins.

Leave a Reply

Your email address will not be published.