Zimbabwe Bangkrut Simpanan Pemerintah di Bank Tinggal Rp 2 Juta

Zimbabwe Bangkrut Simpanan Pemerintah di Bank Tinggal Rp 2 Juta –┬áSetelah membayar upah pegawai negeri setempat, pemerintah Zimbabwe hanya punya sisa uang sebanyak US$ 217 atau sekitar Rp 2,06 juta (Rp 9.500/US$) yang tersimpan di bank. Dana tersebut merupakan anggaran pemerintah untuk kepentingan publik tahun ini.

“Minggu lalu, setelah kami membayar gaji pegawai negeri, simpanan pemerintah tersisa US$ 217,” kata Menteri Keuangan Zimbabwe Tendai Biti kepada wartawan di Ibukota Zimbabwe, Harare, dikutip AFP, Rabu (30/1/2013).

“Anggaran pemerintah sedang lumpuh saat ini. Kami (pemerintah) telah gagal memenuhi target-target kami,” tambahnya.

Kondisi ekonomi Zimbabwe memang sedang terpuruk sejak pergantian millenium baru. Sejak dimulainya penyitaan ladang, kebun dan sawah yang dimiliki orang kulit putih oleh Presiden Robert Mugabe.

Langkah tersebut merusak kepercayaan investor akan negara yang berada di Afrika tersebut. Produksi pun lumpuh, negara internasional melakukan pemblokiran dan tidak ada wisatawan yang mau masuk ke negara tersebut.

Setelah lebih dari satu dekade, Zimbabwe beberapa mengalami situasi ekonomi yang buruk, seperti inflasi hebat yang menembus 231% dan berhentinya pembangunan gara-gara harga barang yang melambung tinggi pasca inflasi. Situasi di negara itu kini lebih secara perlahan mulai stabil.

Sayangnya, anggaran publik pemerintah masih kacau dan bisnis warga lokal dihadapi dengan berbagai ketidakpastian, seperti masalah suplai listrik, keringanya likuiditas dan tingginya upah buruh.

Bahkan, pemerintah Zimbabwe sendiri sudah blak-blakan memperingatkan rakyatnya bahwa mereka tidak punya uang yang cukup untuk menggelar pemilu yang tadinya diharapkan bisa berjalan tahun ini.

Biti mengatakan, satu-satunya yang bisa dilakukan pemerintah adalah meminta bantuan dana dari negara-negara lain. “Kami akan mulai mendekati komunitas internasional,” katanya.

Sedikitnya, dibutuhkan dana US$ 104 juta (Rp 988 miliar) untuk bisa menyelenggarakan pemilu sederhana demi memilih pemimpin yang baru.

Anggaran pemerintah untuk tahun ini ditargetkan US$ 3,8 miliar (Rp 36,1 triliun), sedangkan ekonomi diprediksi tumbuh 5%. Negara kaya aneka bahan tambang ini sekarang memakai mata uang US$ dan rand Afrika Selatan.

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Jasa Backlink Backlink / External Link adalah sebuah tautan yang berada di situs lain dan tautan / link tersebut mengarah ke situs kita. Backlink berpengaruh besar ...
Video dan Foto Ledakan Bom di Boston Amerika 2013 Video dan Foto Ledakan Bom di Boston Amerika 2013 - Dunia kembali digegerkan dengan sebuah ledakan bom yang terjadi di Amerika tepatnya di Boston. Bom...
Seorang Ibu Di Penjara Setelah Menyewa Penari Stri... Seorang Ibu Di Penjara Setelah Menyewa Penari Striptis di Pesta Ulang Tahun Anaknya - Ini mungkin adalah salah satu perbuatan konyol seorang Ibu yang ...
Demo Besar 27 Maret 2012 demo reformasi 1998 Besok tanggal 27 Maret 2012 Jakarta akan dikepung dengan Demo Besar menolak kenaikan BBM, total estimasi masa demo yang akan turu...
Cara Meningkatkan Alexa Rank Cara Meningkatkan Alexa Rank - Sebagai blogger tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Alexa Rank, ya walaupun sebenarnya alexa rank ini tidak mem...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*