WordPress atau Blogspot ?

Dalam dunia blog kita tentu sudah tidak asing lagi dengan wordpress dan blogspot. Bagi orang awam atau yang baru pertama kali akan membuat blog ini tentu menjadi masalah tersendiri, tentunya pertanyaan pertama yang timbul adalah lebih baik mana wordpress atau blogspot ? pertanyaan itu tentu saja sangat sulit untuk dijawab karena semua tentu memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri.

Wordpress VS Blogspot
WordPress VS Blogspot

Bagi yang bingung mau Pilih WordPress atau Blogspot mungkin tulisan saya ini bisa sedikit membantu menjawab kebingungan tersebut. Tetapi hal ini tidak bisa menjadi patokan tetap karena faktor kebiasaan juga menjadi penentu, bagi yang sudah terbiasa dengan wordpress tentu akan bingung jika dihadapkan dengan tampilan blogspot dan begitu juga sebaliknya.

  • Index di Mesin pencari Google : Mesin pencari yang paling populer adalah Google, sehingga banyak blogger maupun webmaster berlomba – lomba agar blog mereka bisa tampil di halaman depan google. Untuk masalah Index di Google, postingan yang berasal dari Blogspot lebih cepat terindex di Google dibanding dengan postingan menggunakan WordPress, mungkin ini karena Blogspot / Blogger adalah milik Google jadi bisa dikatakan Google lebih mengutamakan blogspot terlebih dahulu.
  • Tampilan Blog : Blogger hanya menyediakan beberapa themes untuk tampilan. Demikian juga wordpress. Selebihnya kita cari sendiri di internet. Masalahnya themes untuk blogger kebanyakan berformat XML. Sehingga akan “ribet” bagi orang awam yang tidak paham mengenai XML. WordPress ? Lebih banyak themes. Tinggal pilih mau 1, 2 atau 3 terus install, tidak perlu tahu soal XML.
  • Plugins Pendukung : Plugin merupakan program komputer yang digunakan untuk melakukan fungsi atau tugas tertentu dari tool blog. Secara luas plugin memiliki berbagai macam alias seperti addin, add-in, addon, add-on, snap-in atau snapin.Instalasi Plugin wordpress jauh lebih cepat daripada yang disediakan oleh blogger terlebih lagi bila tool diinstalasi pada domain milik kita sendiri, misal .com, .net dan lainnya,. Bila ada kesalahan/error pada plugin wordpress, otomatis plugin tersebut akan menjadi demisioner alias di non aktifkan.
  • Iklan : Seperti kita ketahui, iklan merupakan salah satu sumber untuk menghasilkan uang atau pendapatan dari nge-blog. Untuk urusan iklan Google Adsense memang jagonya dan untuk masalah ini Blogger selangkah lebih maju dari wordpress. Seperti halnya dengan Index pada Google Search Engine yang sarat dengan nuansa KKN, pemasangan iklan dari google adsense di Blogger selangkah lebih mudah daripada di wordpress.
  • Pengunjung : Dari segi jumlah pengunjung secara keseluruhan antara wordpress dan blogspot kita bisa berpatokan pada rangking di Alexa, data terakhir Blogger / Blogspot berada pada urutan 11 dan WordPress berada pada urutan 19, tetapi ini tidak bisa menjadi patokan karena jumlah pengunjung blog kita tentu terkait dengan kualitas konten dan optimasi yang kita lakukan.

Menurut pengalaman saya pribadi dalam hal loading page lebih ringan wordpress ( dalam kondisi standar ) itu mungkin terjadi karena tampilan / theme wordpress banyak yang simple dan gak nek0 -neko. Berbeda dengan blogspot yang lebih warna – warni dan aneh – aneh.

Untuk optimasi SEO dalam konteks Kontes SEO blogspot lebih unggul dibanding wordpress mungkin ini karena blogspot merupakan made in google tetapi banyak juga top keyword yang ditempati oleh blog berbasis wordpress.

Jadi pilih mana wordpress atau blogspot ? semua kembali kepada selera dan kebiasaan kita masing – masing.

Facebook Comments

Artikel Lainnya

10 cara membuat Blog kita menjadi Populer Ini ada beberapa cara yang cukup kreatif untuk membuat blog Anda lebih terkenal dan ramai dikunjungi. ya semoga bisa menjadi populer, silahkan dicoba:...
HawkHost Promo BlackFriday 2015 Diskon 75% Anda dalam waktu dekat ini berencana membeli sebuah share host, vps maupun dedicated server ? Mungkin saat ini adalah waktu yang sangat tepat bagi and...
Visitor Blog Anda Banyak Tapi Tidak Berguna Visitor Blog Anda Banyak Tapi Tidak Berguna - Memiliki visitor / pengunjung yang banyak adalah idaman bagi setiap blogger. Bagi sebagian blogger memil...
Menghilang dari Search Engine Pernahkan anda mengalami artikel / tulisan anda menghilang dari seacrh engine  google ? jika anda pernah mengalaminya mungkin anda sudah mengetahui te...
Cara Mudah Menjual Domain Sebenarnya ada beberapa cara untuk menjual sebuah domain namun pada tulisan ini saya akan menjelaskan salah satu cara menjual domain melalui perantara...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*