Apa yang harus kita pahami dari Webometrics ?

Webometric adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas tersebut. Sejak pertama kali diluncurkan yaitu tahun 2004 Webometric semakin diakui sebagai salah satu tolak ukur untuk menilai kemajuan sebuah universitas.

Webometric secara periodik mengeluarkan menerbitkan peringkat setiap 6 bulan sekali yaitu pada bulan Januari dan Juli. Setiap universitas tentu saja akan dinilai dan diberi peringkat bukan hanya rangking berdasarkan negara dimana universitas itu berada tetapi juga diberi rangking secara keseluruhan / dunia. Jadi setiap universitas tentu bisa mendapatkan rangking yang tinggi tergantung bagaimana mereka menerapkan kebijakan pada penanganan websitenya.

Apa yang dinilai dalam Webometrics ?

Webometric selama ini menerapkan 4 standar dalam penilaiannya, yang kalau diperhatikan ke – 4 faktor penilaian tersebut menitik beratkan pada publikasi melalui media internet, disini tentu saja publikasi itu harus melalui website universitas tersebut, kualitas dan kuantitas publikasi tersebut juga sangat berpengaruh besar terhadap penilaain webometrics.

Sebelum Januari 2011 webometric menetapkan penilain berdasarkan 4 kategori, yaitu :

Sedangkan untuk bulan Januari 2012 penilaian sedikit berubah walaupun pada intinya sama yaitu :

Untuk lebih lengkapnya tentang faktor-faktor penilaian bisa dilihat di http://www.webometrics.info/

Strategi Meningkatkan Webometrics UMY

Siapa dan harus berbuat apa ?

Webometrics menurut saya pribadi adalah bagaikan kacamata lain untuk melihat sebuah universitas itu termasuk baik atau tidak ? Mengapa demikian ? karena seluruh faktor – faktor yang dinilai oleh webometric itu sebagian besar merupakan hasil dari kegiatan ilmiah di universitas tersebut, seperti : Jumlah karya ilmiah, jurnal yang terpublikasi dan diakui secara global, jumlah penemuan – penemuan dari mahasiswanya yang terpublikasi dan telah diakui, dsb.

Karena sebuah universitas bisa dikatakan baik jika memiliki rata-rata yang tinggi dalam menghasilkan karya ilmiah, jurnal, penemuan, dsb, dan tentu saja hasil – hasil tersebut tentu harus bisa diketahui dan bermanfaat bagi orang banyak sebab percuma jika memiliki banyak hasil penemuan yang baik namun tidak bisa diketahui oleh publik sehingga tidak mendapatkan manfaat apa-apa. Salah satu cara publikasinya adalah tentu saja melalui media elektronik seperti website universitas.

Untuk dapat peringkat yang baik di Webometrics tentu harus dilakukan oleh seluruh Civitas Universitas, dan setiap unsur dalam universitas tentu memiliki beberapa hal – hal yang paling tidak harus dilakukan.

Pimpinan Universitas

Pimpinan adalah orang pertama yang harus mendukung peningkatan webometrics ini dengan caraMengharuskan setiap Unit Kerja memiliki website dan menggunakan subdomain universitas seperti Fakultas, Jurusan, lembaga-lembaga, Prodi, Bagian, Subbagian, TU, Perpustakaan, UKM, BEM, Laboratorium, Kelompok – kelompok studi, serta Dosen dan Mahasiswa.

Memberikan dukungan serta memfasilitasi infrasturktur jaringan internet di wilayah kampus.

Unit IT Universitas

Tugas unit IT pada universitas yang berkaitan dengan meningkatkan peringkat webometrics diantaranya :

Unit Kerja ( Fakultas, Biro, Tu, Perpustakaan dll )

Dosen

Dosen memiliki peran yang amat penting dalam membantu meningkatkan webometrics, diantaranya :

Mahasiswa

Dengan dukungan dari seluruh Civitas Akademik yang ada di UMY maka bukan tidak mungkin kita bisa mendapatkan peringkat yang lebih baik, karena kenaikan peringkat Webometrics butuh kerjasama dari seluruh elemen yang ada di UMY sebab jika dilihat dari faktor penilaian memang butuh kerjasama dari seluruh elemen.

Faktor penilaian yang berkaitan dengan Size dan Visibility memang merupakan tanggung jawab Unit Kerja yang terkait dengan website universitas, namun Rich Files dan Scholar merupakan tanggung jawab dari seluruh Unit yang ada serta Dosen dan Mahasiswa.

Upaya untuk mencapai rangking tidak dapat dilakukan secara parsial, namun membutuhkan kerja kolaborasi yang kuat, massif dan sistemik.

Semoga pada rilis peringkat universitas kelas dunia akhir Januari 2012 ini, UMY dapat mendapatkan peringkat yang lebih baik lagi.  Yang patut kita lakukan sekarang adalah berdoa, karena semua usaha telah dan sedang dilakukan, demi menembus ranking World Class University.

 Tulisan ini juga ada di Media Kompasiana dan Blog Lintas Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published.