Sudahkah Kita Membantu Webometrics Universitas di Indonesia ?

Apa yang harus kita pahami dari Webometrics ?

Webometric adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas tersebut. Sejak pertama kali diluncurkan yaitu tahun 2004 Webometric semakin diakui sebagai salah satu tolak ukur untuk menilai kemajuan sebuah universitas.

Webometric secara periodik mengeluarkan menerbitkan peringkat setiap 6 bulan sekali yaitu pada bulan Januari dan Juli. Setiap universitas tentu saja akan dinilai dan diberi peringkat bukan hanya rangking berdasarkan negara dimana universitas itu berada tetapi juga diberi rangking secara keseluruhan / dunia. Jadi setiap universitas tentu bisa mendapatkan rangking yang tinggi tergantung bagaimana mereka menerapkan kebijakan pada penanganan websitenya.

Apa yang dinilai dalam Webometrics ?

Webometric selama ini menerapkan 4 standar dalam penilaiannya, yang kalau diperhatikan ke – 4 faktor penilaian tersebut menitik beratkan pada publikasi melalui media internet, disini tentu saja publikasi itu harus melalui website universitas tersebut, kualitas dan kuantitas publikasi tersebut juga sangat berpengaruh besar terhadap penilaain webometrics.

Sebelum Januari 2011 webometric menetapkan penilain berdasarkan 4 kategori, yaitu :

  • Size ( S )  : Jumlah halaman dari sebuah website / subdomain universitas yang terindeks oleh mesin pencari, GoogleBingYahoo dan Exalead
  • Visibility  ( V ) : Jumlah total keseluruhan tautan eksternal / unik dan terdeteksi / terindeks oleh mesin pencari Google, Bing Yahoo dan Exalead
  • Rich File ( R ) : Banyaknya file yang terdeteksi, khususnya file yang memiliki tingkat relevansi terhadap aktivitas akademik dan publikasi ilmiah, dalam bentuk: Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc) dan Microsoft Powerpoint (.ppt).
  • Scholar (Sc) : paper atau karya ilmiah dan kutipan-kutipan yang ditemukan dalam Google  Scholar

Sedangkan untuk bulan Januari 2012 penilaian sedikit berubah walaupun pada intinya sama yaitu :

  • G – factor
  • Site Explorer
  • SCIMAGO
  • Scholar
  • Rich Files
  • Webpages

Untuk lebih lengkapnya tentang faktor-faktor penilaian bisa dilihat di http://www.webometrics.info/

Strategi Meningkatkan Webometrics UMY

Siapa dan harus berbuat apa ?

Webometrics menurut saya pribadi adalah bagaikan kacamata lain untuk melihat sebuah universitas itu termasuk baik atau tidak ? Mengapa demikian ? karena seluruh faktor – faktor yang dinilai oleh webometric itu sebagian besar merupakan hasil dari kegiatan ilmiah di universitas tersebut, seperti : Jumlah karya ilmiah, jurnal yang terpublikasi dan diakui secara global, jumlah penemuan – penemuan dari mahasiswanya yang terpublikasi dan telah diakui, dsb.

Karena sebuah universitas bisa dikatakan baik jika memiliki rata-rata yang tinggi dalam menghasilkan karya ilmiah, jurnal, penemuan, dsb, dan tentu saja hasil – hasil tersebut tentu harus bisa diketahui dan bermanfaat bagi orang banyak sebab percuma jika memiliki banyak hasil penemuan yang baik namun tidak bisa diketahui oleh publik sehingga tidak mendapatkan manfaat apa-apa. Salah satu cara publikasinya adalah tentu saja melalui media elektronik seperti website universitas.

Untuk dapat peringkat yang baik di Webometrics tentu harus dilakukan oleh seluruh Civitas Universitas, dan setiap unsur dalam universitas tentu memiliki beberapa hal – hal yang paling tidak harus dilakukan.

Pimpinan Universitas

Pimpinan adalah orang pertama yang harus mendukung peningkatan webometrics ini dengan caraMengharuskan setiap Unit Kerja memiliki website dan menggunakan subdomain universitas seperti Fakultas, Jurusan, lembaga-lembaga, Prodi, Bagian, Subbagian, TU, Perpustakaan, UKM, BEM, Laboratorium, Kelompok – kelompok studi, serta Dosen dan Mahasiswa.

Memberikan dukungan serta memfasilitasi infrasturktur jaringan internet di wilayah kampus.

Unit IT Universitas

Tugas unit IT pada universitas yang berkaitan dengan meningkatkan peringkat webometrics diantaranya :

  • Service website dan jaringan
  • Sosialisasi Webometrics
  • Memberikan konsultasi tentang Webometrics kepada unit – unit kerja.
  • Maintenance : melakukan analisa website, jumlah pengunjung, statistik dll
  • Menerapkan SEO ( search engine optimization ) pada seluruh website serta subdomain
  • Membuat Standar Pengembangan Situs / subdomain

Unit Kerja ( Fakultas, Biro, Tu, Perpustakaan dll )

  • Setiap unit kerja wajib memiliki subdomain sendiri.
  • Mengisi content website secara periodik
  • Memahami tentang SEO
  • Mempromosikan alamat website mereka.
  • Menggunakan website mereka sebagai media bagi seluruh kegiatan Unit Kerja, contoh pengumuman hasil UAS setiap mata kuliah hanya di update di subdomain Fakultas dan Jurusan masing – masing.

Dosen

Dosen memiliki peran yang amat penting dalam membantu meningkatkan webometrics, diantaranya :

  • Setiap dosen wajib memiliki blog dengan subdomain UMY
  • Dosen harus menggunakan Blog mereka sebagai salah satu media pengajaran yang utama.
  • Upload seluruh bahan ajar, diktat, handout, tugas, nilai dll kedalam Blog mereka.
  • Upload materi – materi pelatihan / kuliah
  • Upload artikel – artikel yang bersifat ilmiah kedalam Blog maupun Repository Universitas
  • Upload laporan hasil kegiatan – kegiatan.
  • Menulis di Jurnal Nasional maupun Internasional —– >> scholar.google.com
  • Menampilkan signature yang berisi alamat link / website universitas dalam setiap email maupun kegiatan di forum – forum tertentu.
  • Mempublikasikan URL/website blognya pada situs – situs jejaring sosial : Facebook, Twitter, myspace, plurk dll
  • Memahami tentang SEO
  • Melakukan Update secara rutin terhadap blognya.

Mahasiswa

  • Memiliki Blog dengan subdomain UMY.
  • Mengisi blog secara aktif dan rutin.
  • Membuat laporan / tugas dalam blog.
  • Menampilkan URL Blog pada situs – situs jejaring sosial.
  • Memahami tentang SEO.
  • Melakukan update Blog secara rutin.

Dengan dukungan dari seluruh Civitas Akademik yang ada di UMY maka bukan tidak mungkin kita bisa mendapatkan peringkat yang lebih baik, karena kenaikan peringkat Webometrics butuh kerjasama dari seluruh elemen yang ada di UMY sebab jika dilihat dari faktor penilaian memang butuh kerjasama dari seluruh elemen.

Faktor penilaian yang berkaitan dengan Size dan Visibility memang merupakan tanggung jawab Unit Kerja yang terkait dengan website universitas, namun Rich Files dan Scholar merupakan tanggung jawab dari seluruh Unit yang ada serta Dosen dan Mahasiswa.

Upaya untuk mencapai rangking tidak dapat dilakukan secara parsial, namun membutuhkan kerja kolaborasi yang kuat, massif dan sistemik.

Semoga pada rilis peringkat universitas kelas dunia akhir Januari 2012 ini, UMY dapat mendapatkan peringkat yang lebih baik lagi.  Yang patut kita lakukan sekarang adalah berdoa, karena semua usaha telah dan sedang dilakukan, demi menembus ranking World Class University.

 Tulisan ini juga ada di Media Kompasiana dan Blog Lintas Berita

Facebook Comments

Artikel Lainnya

5 Dosen UMY Masuk Dalam Rangking Scientists Terbai... Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan semboyan Muda Mendunia terus berbenah diri demi meningkatkan kualitas pendidikannya. Untuk menghasilkan kua...
Ujian Masuk UGM 2013 Ujian Masuk UGM 2013 - Pada update kali ini Lintas Berita akan menginformasikan tentang Ujian Masuk UGM tahun 2013. Ujian masuk ini dibedakan menjadi ...
Prosedur Pendaftaran STP Bandung Tahun 2017 Penerimaan Mahasiswa Baru untuk Seleksi Mandiri (SMM) D3, D4, S1 & S2 STP Bandung telah dibuka sejak tanggal 13 Februari 2017. Sistem pendaftaran ...
Inilah Sosok Aditya Agam Nugraha, Peraih Nilai UN ... Peraih nilai UN terbaik kedua nasional asal SMAN 1 Solo, Aditya Agam Nugraha mengaku masih kaget dengan hasil UN yang telah diumumkan Mendikbud M Nuh ...
Prediksi Soal UN SMA Bahasa Indonesia 2013 Prediksi Soal UN SMA Bahasa Indonesia 2013 - Selamat datang para pembaca semua, disini anda bisa mendownload Prediksi Soal UN SMA Bahasa Inggris 2013....

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*