Visitor Blog Anda Banyak Tapi Tidak Berguna

Visitor Blog Anda Banyak Tapi Tidak Berguna – Memiliki visitor / pengunjung yang banyak adalah idaman bagi setiap blogger. Bagi sebagian blogger memiliki visitor yang banyak merupakan kebanggaan tersendiri dan mereka tentu sangat membanggakan visitor mereka tersebut.

Sebagian blogger tidak pernah memikirkan apakah visitor mereka tersebut berkualitas atau tidak yang penting bagi mereka adalah pengunjung blog mereka banyak dan beberapa blogger beranggapan pengunjung banyak karena mereka telah menerapkan teknik – teknik seo dengan tepat baik itu teknik seo on page maupun off page pada blog mereka.

Mereka lupa bahwa sebenarnya tidak semua visitor itu memiliki kualitas yang sama beberapa atau bahkan sebagian besar dari visitor tersebut sebenarnya tidak berguna sehingga akhirnya anda tidak akan mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang. Lalu sebenarnya bagaimana visitor yang berkualitas ? sebelum mengetahui visitor yang berkualitas anda harus tahu terlebih dahulu kriteria visitor yang menurut saya tidak berguna.

  • Visitor dari Traffic Exchange

Hal yang pertama dilakukan oleh blogger pemula atau pemilik blog baru tentu akan mencari visitor dengan cara mengunjungi beberapa forum atau bergabung dengan komunitas – komunitas blogger dan meninggalkan komentar (cenderung spamming) pada blog milik orang lain. Akibatnya ratusan pengunjung mungkin akan datang di hari pertama. Namun cara tersebut bisa dibilang membosankan dan akan membuat akun Anda diblokir di ratusan forum. Stategi berikutnya setelah Spaming semacam tadi dapat dengan mengunjungi website orang lain sehingga mereka mengunjungi balik website Anda.

Bayangkan jika Anda memiliki page penjualan yang ingin dikunjungi dan terjadi transaksi, atau blog yang ingin banyak di-subscribe oleh orang, Traffic exchange tidaklah memberikan keuntungan pada Anda. Karena sebagian besar pengunjung melalui pertukaran traffic ini juga mengunjungi ratusan situs lainnya dalam sehari dan hanya menghabiskan sedikit waktu di web Anda dan terekam sangat redah dalam traffic.

Pada level ini Traffic Exchange menjadi Traffic yang tidak berkualitas dan tidak menguntungkan serta membuang waktu Anda.

  • Negative Visitor

Beberapa blogger yakin cara yang paling tepat untuk mendatangkan pengunjung yang banyak adalah menciptakan tulisan atau berita yang menimbulkan kontroversial contohnya anda membuat tulisan dengan judul “Inilah pengakuan Istri Ke – 2 Presiden SBY” dengan judul artikel / tulisan tersebut anda bisa mendapatkan ratusan bahkan ribuan pengunjung, tetapi setelah dibaca ternyata tulisan anda tersebut hanyalan lelucon khayalan anda. Saya bisa menjamin anda akan mendapat cacian dari para pengunjung anda yang akhirnya hanya akan merusak reputasi anda dan blog anda bahkan beberapa pengunjung akan memasukkan blog anda dalam daftar hitam artinya jika suatu saat mereka menemukan blog anda di search engine mereka tidak akan mau mengunjungi blog anda tersebut karena mereka sudah tidak percaya dengan tulisan anda lagi.

  • Irrelevant Traffic

Salah satu keyword yang paling banyak dicari orang misalnya adalah tentang iPhone, banyak Blogger yang tidak menguasai teknologi/gadgets akan membuat tulisan tentang iPhone di blog mereka. Jenis Traffic tidak relevan ini tidak akan membantu blog Anda dengan cara Apapun, karena orang-orang yang akan mengunjungi posting ini tidak relevan dari Anda hanya akan ingin membaca lebih lanjut tentang hal itu dan jika mereka menemukan kalau Anda tidak banyak menulis tentang jenis posting yang mereka inginkan, akhirnya akan pergi dengan kekecewaan tentunya hal ini juga mempengaruhi bounche rate dari blog anda.

Bagaimana Mendapatkan Traffic yang berguna

Setelah mengetahui jenis Traffic yang tidak berguna, fokus berikutnya adalah bagai mana mendapatkan Traffic yang berguna. Sebelum mencoba untuk mendapatkan lalu lintas yang berguna untuk blog Anda, banyak yang harus Anda lakukan dan berikut hal hal penting diantaranya :

  • Tentukan Audiens Anda.

Langkah pertama yang perlu Anda ambil ketika mencoba mendapatkan Traffic yang berguna dan berkualitas ke Blog Anda adalah dengan mendefinisikan visitor / pengunjung anda. Dengan mendefinisikan pengunjung ini berarti anda harus menulis sesuatu yang selalu diinginkan oleh pengunjung anda. Contohnya pengunjung blog anda kebanyakan adalah dari usia muda antara umur 15 hingga 30 tahun dari itu anda bisa membuat tulisan apa yang kira – kira disenangi oleh mereka ambil contohnya usia segitu pasti senang dengan berita tentang fashion, olahraga dll.

  • Berikan yang Terbaik.

Traffic pasti akan datang, cepat atau lambat. Tetapi apa yang paling penting adalah bagaimana pengunjung Anda menanggapi blog Anda. Jika Anda pernah berencana untuk mendapatkan traffic berkualitas ke blog Anda, Anda harus memastikan bahwa Anda melakukan yang terbaik untuk memuaskan para pengunjung. Hal tersebut bisa anda lakukan dengan melakukan interaksi dengan para pengunjung anda atau menanggapi pertanyaan dari pengunjung anda dengan cepat.

Ada beberapa cara untuk memberikan yang terbaik dan memuaskan pengunjung Anda, tapi anda juga harus mengetahui apa yang diinginkan oleh pengunjung anda. Jika mereka lebih memilih untuk mendapatkan konten Anda melalui akun jejaring sosial seperti facebook atau twitter maka cara yang lebih efektif yang bisa anda lakukan adalah membagikan tulisan anda tersebut melalui akun jejaring sosial.

  • Banyak Membaca

Banyak membaca media – media informasi bisa menjadi inspirasi bagi anda untuk menulis sesuatu yang bisa mendatangkan traffic berkualitas. Fokuslah pada suatu hal dan selalu gunakan insting anda sebagai seorang penulis karena pada dasarnya pemilik blog adalah seorang penulis. Dengan banyaknya referensi yang anda baca tentu hasil tulisan anda akan semakin berkualitas.

  • Jadikan Visitor anda menjadi Loyal Visitor kemudian menjadi Revenue Visitor

Jika kepercayaan dan komunikasi telah terjalin dengan baik dengan para visitor anda itu artinya visitor anda telah berubah menjadi loyal visitor. Mereka akan secara rutin mengunjungi blog anda untuk membaca tulisan – tulisan terbaru dari anda dan jika mereka merasa tulisan anda bermanfaat tentu tanpa segan – segan mereka akan membagikan tulisan anda tersebut kepada orang lain bisa melalui email, jejaring sosial dll.

Setelah menjadi loyal visitor saatnya anda merubah mereka menjadi revenue visitor, karena mereka telah percaya kepada anda mereka bisa menjadi revenue visitor bagi anda contohnya jika anda memiliki blog yang membahas tentang fashion dan anda mencoba untuk menjual beberapa barang fashion seperti tas dan anda tawarkan melalui blog anda, loyal visitor tadi bisa menjadi revenue visitor bagi anda karena mereka percaya anda tidak akan menipu mereka.

Kesimpulan

Sadarilah bahwa tidak semua Traffic adalah sama dan sebanding. Fokuslah hanya pada mendapatkan quality traffic yang dapat dikonversikan. Terapkan juga SEO Strategy yang sesuai dengan web Anda. Pastikan Anda terbebas dari Traffic yang tidak bermanfaat (tercantum diatas) serta mulai menyusun strategi untuk mendapatkan traffic yang berkualitas dan bermafaat.

Itulah sedikit tulisan saya tentang Visitor Blog Anda Banyak Tapi Tidak Berguna semoga pada tulisan ini ada manfaat yang bisa anda ambil.

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Tips Membeli Domain Untuk membuat blog dengan menggunakan software WordPress, hal pertama yang harus anda miliki adalah nama domain. Untuk memiliki nama domain, anda bisa...
Cara Meningkatkan Alexa Rank Cara Meningkatkan Alexa Rank - Sebagai blogger tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Alexa Rank, ya walaupun sebenarnya alexa rank ini tidak mem...
Cara Membuat Sitemap WordPress Cara Membuat Sitemap WordPress - Mungkin diantara pembaca sekalian masih ada yang belum mengerti tentang sitemap ada baiknya membaca artikel Lintas Be...
Melihat Dari Dekat Rumah Kelahiran Ketua MK Melihat Dari Dekat Rumah Kelahiran Ketua MK - Tulisan pada artikel ini saya kutip langsung dari website Mas Harja Saputra yaitu www.harjasaputra.com B...
Cara Mempercepat Kinerja Mozilla Firefox Cara Mempercepat Kinerja Mozilla Firefox - Ini adalah salah satu cara mempercepat mozilla firefox, jika anda sebelumnya sudah membaca tulisan saya ten...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*