UU ITE Tentang Cybercrime

UU ITE Tentang Cybercrime – Saat ini kita semua tentu sudah sangat familiar dengan internet, dengan kemajuan yang semakin cepat dan pesat saat ini memungkinkan timbulnya sebuah kejahatan di dunia maya. Belakangan ini sering kita dengar tentang bagaimana maraknya penculikan yang mula awalnya berasal dari perkenalan di situs jejaring sosial.

UU ITE ( Informasi dan Transaksi Elektronik) sebenarnya sudah sejak tahun 2008 disahkan tetapi mungkin karena jarangnya publikasi maka sebagian pengguna internet di Indonesia belum mengetahuinya. Dalam undang – undang tersebut segala kegiatan yang didalam dunia internet bisa dijadikan alat bukti dalam pengadilan jika terjadi suatu tindakan yang merugikan orang lain.

Secara garis besar UU ITE terbagi menjadi 2 bagian yaitu pengaturan mengenai informasi dan transaksi elektronik dan pengaturan mengenai perbuatan yang dilarang. Disini Lintas Berita akan sedikit menerangkan tentang berbagai kejahatan dunia maya yang bisa disebut melanggar atau biasa disebut Cybercrime. Didalam dunia internet terdapat beberapa jenis Cybercrime yaitu diantaranya :

  • Unauthorized Access : merupakan kegiatan menyusup jaringan komputer tanpa seijin dan sepengetahuan pemilik,  contohnya seperti Probing dan Port.
  • Illegal Contentsadalah penyebaran informasi data yang tidak sopan dan menyalahi aturan (norma agama dan masyarakat), contohnya pornografi.
  • Penyebaran Virus Secara Sengaja, contohnya melalui email atau message.
  • Data Forgery,  merupakan kejahatan dengan memalsukan data penting yang terdapat di internet,  contohnya memalsukan data pada dokumen-dokumen penting.
  • Cyber Espionege, merupakan kejahatan internet dengan memata-matai pihak lain dan bersifat merugikan.
  • Sabotage and Extortion merupakan kejahatan dengan merusak data-data pada sistem komputer pihak lain.
  • Cyberstalking, seperti mengganggu atau melecehkan pihak lain.
  • Carding, misalnya pencurian nomor kartu kredit melalui internet
  • Hacking, misalnya merusak situs instansi tertentu
  • Cybersqutting dan Typosquatting, yaitu menggunakan domain mirip orang lain untuk kepentingan persaingan bisnis.
  • Cyber Terorism, misalnya mengancam keamanan suaru negara melalui dunia maya.

Selain hal – hal diatas ada juga jenis Cybercrime yang dikelompokkan kedalam jenis MalwareMalware adalah suatu program yang berbahaya dan tidak diinginkan karena dapat merusak sistem komputer, menghambat akses internet, dan mencuri informasi penting dari komputer. Malware merupakan alat yang digunakan dalam Cybercrime. Berikut ada beberapa jenis Malware :

  • Browser Helper Object
  • Worm
  • Dialer
  • Wabbit
  • Spyware adware
  • Trojan
  • Virus Komputer
  • Keylogger
  • Rootkit

Untuk dapat menghindari komputer kita dari tindakan Malware kita bisa melengkapi komputer kita dengan sebuah antivirus, adware. spyware atau anda bisa juga membaca tulisan lintas berita tentang Tips Menghindari Fishing atau Tips Menghindari Akun dari Hacker.

Jika anda seorang webmaster anda bisa menambahkan informasi tentang UU ITE ini pada website anda masing – masing dan anda bisa juga mengajukan tuntutan jika website anda mengalami deface oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab.

Ancaman untuk pelanggaran UU ITE Tentang Cybercrime ini adalah penjara enam hingga delapan tahun penjara dan denda Rp. 600 – 800 juta. Jadi jika anda memiliki keahlian lebih dalam hal komputer ada baiknya salurkanlah ke hal – hal yang positif karena bisa jadi tanpa anda sadari anda bisa saja telah melanggar UU ITE  ini. Salah satu contoh pelanggaran Cybercrime yang paling sederhana adalah seperti menyebarkan foto seseorang tanpa izin dari pemiliknya bisa dikelompokkan dalam kegiatan cybercrime.

Demikianlah tulisan UU ITE Tentang Cybercrime jika anda merasa tulisan ini bermanfaat silahkan share tulisan ini baik melalui email, google + maupun akun jejaring sosial anda, atau anda ingin menanyakan sesuatu bisa melalui kolom komentar dibawah.

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Kecelakaan Pesawat Fokker 27 TNI AU Musibah dalam dunia penerbangan kembali terjadi, kali ini Pesawat Fokker 27 milik TNI AU jatuh di pemukiman warga di dekat Bandara Halim Perdana Kusum...
Waktu Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2014-201... Anda ingin melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi atau universitas ? Sebelum anda memutuskan mendaftar ke universitas ada baiknya anda mencoba mendaf...
Lagi Konser, Bra Jihyun Copot Lagi Konser, Bra Jihyun Copot - Baru-baru ini satu komunitas online memposting di bulletin board dua foto yang memperlihatkan kostum Jihyun nyaris men...
Plesetan Kata-Kata Iklan THREE (3) Indie+ Plesetan Kata-Kata Iklan THREE (3) Indie+ - Pasti anda semua pernah denger Iklan Three (3) versi Indie+, kalau diperhatikan iklan tersebut memang sang...
Syarat Pendaftaran dan Penerimaan Polri 2014 Syarat Pendaftaran dan Penerimaan Polri 2014 - Tahun 2014 ini Kepolisian Republik Indonesia akan menerima banyak sekali calon anggota baru. Tahun 2014...

2 Comments on UU ITE Tentang Cybercrime

  1. Salam…
    Saya mau tanya, apakah bila seseorang menggunakan foto orang lain untuk gambar profil di whatsApp tanpa izin yang punya foto termasuk pelanggaran cybercrime? Bisakah itu diperkarakan? Terima kasih atas infonya.
    Salam.

    • ya tentu saja menyalahi UU ITE, orang yg anda gunakan bisa saja menuntut anda apalagi jika akun tersebut anda salahgunakan untuk melakukan tindakan yang melanggar UU atau tindakan pidana lainnya seperti penipuan dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*