Tobat, 9 Nyawa Ala Afriani Susanti

Sebelumnya tulisan ini saya buat bukan untuk memojokkan salah satu pihak tertentu, jika sekiranya dalam tulisan ini ada kata – kata yang kurang berkenan saya mohon maaf karena menurut saya walau bagaimana pun kejadian itu adalah suatu musibah yang telah ditetapkan oleh Yang Maha Kuasa.

Kecelakaan maut tugu tani memang sangat mengerikan, korban jiwa yang meninggal mencapai 9 orang dan ada juga yang luka – luka. Pada saat kejadian kecepatan mobil Xenia yang dikemudikan oleh Afriani Susanti diperkirakan mencapa 100 km/jam. Bisa kita bayangkan, tentu kejadian tabrakan tersebut sangat cepat sehingga bisa menimbulkan korban begitu banyak.

Saya sendiri sejak awal melihat berita tersebut di televisi sempat terheran – heran melihat Afriani yang sebagai sopir masih bisa terlihat tenang sambil memegang Telepon genggam dan seperti berusaha menghubungi seseorang entah itu keluarganya atau temannya, terus terang saya sendiri juga pernah mengalami kecelakaan, nabrak orang naik sepeda itu aja udah rasanya gak karuan sama sekali.

Dalam berita yang saya lihat dia terlihat gugup tetapi hanya sedikit tidak wajar jika melihat dengan banyaknya korban yang tergeletak dijalan setelah dia tabrak. Saya berpikir Afriani ini sungguh berani juga, supir bus / truk aja setelah terlibat kecelakaan maut walaupun terkadang itu bukan kesalahan mereka pasti mereka melarikan diri dulu jika bisa karena mereka tentu takut akan dihajar oleh massa yang marah.

Untuk sedikit mereview inilah sedikit video tentang Afriani Susanti

Yang membuat orang semakin jengkel kepada Afriani adalah kejadian sebelum kecelakaan itu. Pada malam sebelum kejadian dia mengadakan pesta memperingati ulang tahun temannya, setelah itu Afriani bersama teman – temannya mampir ke sebuah cafe untuk minum – minuman keras dan diakhiri di sebuah diskotik untuk dugem hingga siang sebelum kejadian tersebut. Mungkin memang begitu ya pergaulan anak muda di kota besar zaman sekarang, pesta ulang tahun dengan hura – hura dan mengkonsumsi narkoba bukannya syukuran atau diisi dengan pesta tetapi yang bermanfaat.

Tidak lama setelah kejadian tersebut beredar melalui twitter foto Apriani bersama teman – temannya di sebuah cafe sedang menikmati minuman keras. Hal inilah yang semakin membuat masyarakat geram melihatnya.

Apriani Susanti
Apriani Susanti
pesta apriani susanti
pesta apriani susanti

Segala macam hujatan dan cacian ditujukan kepada Apriani setelah kejadian itu, apalagi seluruh media elektronik, cetak maupun online memberitakan tentang kejadian tersebut. Mereka semua sepakat Apriani harus dihukum seberat – beratnya karena telah menghilangkan 9 nyawa apalagi melihat kelakuan yang dilakukan Apriani sebelum kejadian.

Saya sendiri juga sangat geram melihatnya tetapi saat melihat keadaan keluarga Apriani yang juga harus ikut menanggung beban moral akibat perbuatan anaknya yang telah menewaskan 9 nyawa sekaligus dalam waktu bersamaan rasanya tidak tega juga. Apalagi melihat ibunya Apriani yang terlihat begitu syok, tanpa henti keluarga mereka selalu mengucapkan maaf kepada masyarakat luas terutama kepada keluarga korban.

Memang penyesalan selalu datang terakhir, tetapi kita sebagai manusia tentu harus bertanggung jawab atas segala perbuatan yang telah kita perbuat. Begitu juga dengan Apriani yang kemarin menjalani sidang perdananya dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. Bisa dibayangkan masa depan Apriani bisa dibilang sudah habis, dia harus menghabiskan banyak tahun kedepannya di penjara.

Mungkin dengan menghadapi ancaman hukuman selama itu membuat Apriani mengalami perubahan. Pada sidang kemarin nampak perubahan terhadap penampilan Apriani, pada sidang tersebut dia terlihat mengenakan jilbab.

sidang apriani
sidang apriani

Banyak orang membincangkan tentang penampilan Apriani ini. Banyak yang mencemoohkan dia tetapi banyak juga yang mendukung. Tetapi bukankah sudah biasa jika para terdakwa dalam menghadiri sidangnya selalu menggunakan busana yang baik, yang biasanya tidak pernah memakai kopiah pas sidang menggunakan kopiah, yang biasanya tidak pernah menggunakan jilbab pas sidang mengenakan jilbab, mengenai apa maksudnya kita hanya bisa menebak – nebak, kalau saya sich berusaha berpikir positif saja mungkin para terdakwa tersebut memang sudah sadar akan kesalahan mereka dan bertobat atau bisa juga dengan penampilan tersebut mereka ingin menarik simpati para keluarga korban maupun para hakim.

Apakah benar Apriani telah sadar akan kesalahannya ? menurut saya sih sekarang tentu dia sangat menyesal sekali tetapi itulah salah satu Rahasia Tuhan dalam memberi Hidayah kepada umatnya, bisa dengan jalan apa saja mungkin memang telah ditetapkan jalannya Apriani seperti ini, bertobat setelah menghilangkan nyawa 9 orang, kalau saja dia tidak mengalami kecelakaan tersebut tentu dia saat ini masih mabuk – mabukan.

Saya yakin dari setiap cobaan pasti ada hikmah yang bisa diperoleh begitu juga bagi para keluarga korban, miris rasanya melihat anak kecil digendong ayahnya dalam keadaan tidak sadarkan diri. Kita sebagai umat beragama tentu harus kuat menerimanya, memang berat awalnya tetapi tentu Tuhan memiliki rencana lain dibalik ini semua.

Keluarga korban tentu mengharapkan agar Apriani dihukum seberat – beratnya atau paling tidak setimpal dengan kesalahan yang dia perbuat begitu juga sebaliknya Apriani tentu mengharapkan hukuman yang ringan. Tetapi perlu di ingat juga nanti setelah hari akhir akan ada hukum yang akan menunggu Apriani lagi, tentu saja dia akan diminta mempertanggung jawabkan perbuatannya di hari akhir.

Setelah mengalami kejadian ini jika Apriani tidak menyesal dan bertobat mungkin perlu dites kejiwaannya tuh, mana ada sich orang yang gak nyesel setelah ngalamin kejadian seperti itu, saya sendiri kalau membayangkan dalam posisi Afriani tentu sangat berat sekali, atau dalam posisi keluarga korban tentu pada awalnya akan sangat marah tetapi kembali lagi, karena ini sudah kehendak Tuhan mau bagaimana lagi, kita hanya bisa menerima dan harus kuat menghadapinya.

Baca juga tulisan ini di media kompasiana
Facebook Comments

Artikel Lainnya

Jadwal Debat Calon Presiden RI 2014 di TV Jadwal Debat Calon Presiden RI 2014 di TV - Daripada bingung dengan maraknya "Kampanye Hitam" di beberapa social media yang tentunya pasti menyudutkan...
Awan Berbentuk Lafadz Allah Muncul di Surabaya Awan Berbentuk Lafadz Allah Muncul di Surabaya - Fenomena alam yang berkaitan dengan awan kembali muncul di Indonesia, tepatnya di kota Surabaya pada ...
Universitas Terbaik Versi 4ICU Update Juli 2012 Dibawah ini adalah Universitas Terbaik Versi 4ICU Update Juli 2012 - 4ICU ( 4 International Colleges & Universities ) adalah lembaga yang mengelua...
Siapa yang Masih Percaya Partai Demokrat ? Semua tentu sudah pada tahu bahwa Partai Demokrat adalah partai pemenang pemilu pada tahun 2009 yang lalu. Awal sejarah berdirinya Partai Demokrat ada...
Inilah Uang Kertas Redenominasi Mulai Tahun 2014 Inilah Uang Kertas Redenominasi Mulai Tahun 2014 - Anda tentu sudah pernah mendengar rencana pemerintah memangkas 3 digit nominal nilai mata uang Rupi...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*