TNI Sergap Pesawat Asing di Sumut

TNI Sergap Pesawat Asing di Sumut – Pesawat tempur TNI Angkatan Udara mencegat satu pesawat sipil yang melintas tanpa izin di wilayah Sumatera Utara (Sumut). Pesawat itu lantas dipaksa turun di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Soewondo, Medan.

TNI Sergap Pesawat Asing

Pesawat jenis Cessna berpenumpang tunggal dengan register nomor N543 JX itu mendarat di Lanud Soewondo sekitar pukul 12.44 WIB, Kamis (10/4/2014). Begitu mendarat, pesawat warna merah itu langsung dijaga personel TNI bersenjata lengkap.

Sebuah pesawat jenis Cessna milik asing, siang tadi, dikepung dua pesawat jet tempur F-16 milik TNI Angkatan Udara (AU) saat melintas di Sumatera Utara (Sumut).

F16 TNI AU Sergap Pesawat Asing
F16 TNI AU Sergap Pesawat Asing

Pesawat bernomor lambung N543 JX itu nampak dipepet hingga kemudian dipaksa turun di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Soewondo, sekira pukul 12.44 WIB.

Berdasarkan pengamatan, pilot yang berada di dalam pesawat tersebut kemudian dikepung anggota pasukan TNI AU bersenjata lengkap, hingga akhirnya sang pilot keluar dari dalam pesawatnya.

Menurut Keterangan Pangkosek Hanudnas III Medan Marsekal Pertama TNI Sungkono, pesawat tersebut diawaki seorang pilot berkewarganegaraan Swedia.

“Pesawat itu tertangkap radar kami saat berada di sebelah barat Meulaboh, Aceh. Kami pun menyiapkan penjemputan paksa di sini (Lanud Soewondo),” tutur Sungkono, Kamis (10/4/2014).

Sungkono menjelaskan, pesawat jenis Swearingen SX 300 itu diawaki Hang Pier (65), warga Swedia. Kendati demikian pihaknya mengaku belum bisa berbicara banyak karena sang pilot masih dalam pemeriksaan.

“Pesawat itu tidak punya izin terbang saat kita minta surat-surat kelengkapan terbang,” tutur Sungkono.

Pesawat sipil yang dipiloti seorang pria warga negara asing itu disergap dua pesawat tempur F-16 TNI AU saat terbang di perairan Sibolga, kawasan Pantai Barat Sumut. Pihak berwenang masih belum memberi keterangan lengkap terkait kejadian ini. Hanya saja dugaan sementara pesawat ini masuk ke wilayah Indonesia karena cuaca buruk dalam perjalanan dari Selandia Baru ke Malaysia.

“Nanti Pangkosek akan memberikan keterangan resmi,” kata seorang perwira yang berjaga di sekitar pesawat. Hingga berita ini diturunkan, petugas dari TNI AU masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap Hang Pier.

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Penyebab Meninggalnya GBPH Joyokusumo GBPH Joyokusumo atau biasa dipanggil dengan Gusti Joyo yang merupakan adik kandung Sri Sultan Hamengkubuwono X menghembuskan nafas terakhir pada hari ...
Review Film Inspiratif Negeri 5 Menara negeri 5 menara Judul Film  : Negeri 5 Menara Sutradara : Affandi Abdullah Rahman Skenario  : Salman Aristo Produser  : Widya Wardani Pemain  : G...
Sepasang Mahasiswa Tertangkap Berbuat Mesum di Lin... Sepasang mahasiswa Fakultas Ekonomi dari 2 perguruan tinggi berbeda kepergok melakukan tindakan mesum di lahan parkir kampus Fakultas Kedokteran (FK) ...
Video Aksi Polantas Bali Tilang Bule Buat Beli Bir Video Aksi Polantas Bali Tilang Bule Buat Beli Bir - Inilah aksi Polisi yang semakin memperburuk citra Kepolisian Republik Indonesia. Seorang oknum Po...
Awan Berbentuk Lafadz Allah Muncul di Surabaya Awan Berbentuk Lafadz Allah Muncul di Surabaya - Fenomena alam yang berkaitan dengan awan kembali muncul di Indonesia, tepatnya di kota Surabaya pada ...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*