TNI Sergap Pesawat Asing di Sumut

TNI Sergap Pesawat Asing di Sumut – Pesawat tempur TNI Angkatan Udara mencegat satu pesawat sipil yang melintas tanpa izin di wilayah Sumatera Utara (Sumut). Pesawat itu lantas dipaksa turun di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Soewondo, Medan.

TNI Sergap Pesawat Asing

Pesawat jenis Cessna berpenumpang tunggal dengan register nomor N543 JX itu mendarat di Lanud Soewondo sekitar pukul 12.44 WIB, Kamis (10/4/2014). Begitu mendarat, pesawat warna merah itu langsung dijaga personel TNI bersenjata lengkap.

Sebuah pesawat jenis Cessna milik asing, siang tadi, dikepung dua pesawat jet tempur F-16 milik TNI Angkatan Udara (AU) saat melintas di Sumatera Utara (Sumut).

F16 TNI AU Sergap Pesawat Asing
F16 TNI AU Sergap Pesawat Asing

Pesawat bernomor lambung N543 JX itu nampak dipepet hingga kemudian dipaksa turun di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Soewondo, sekira pukul 12.44 WIB.

Berdasarkan pengamatan, pilot yang berada di dalam pesawat tersebut kemudian dikepung anggota pasukan TNI AU bersenjata lengkap, hingga akhirnya sang pilot keluar dari dalam pesawatnya.

Menurut Keterangan Pangkosek Hanudnas III Medan Marsekal Pertama TNI Sungkono, pesawat tersebut diawaki seorang pilot berkewarganegaraan Swedia.

“Pesawat itu tertangkap radar kami saat berada di sebelah barat Meulaboh, Aceh. Kami pun menyiapkan penjemputan paksa di sini (Lanud Soewondo),” tutur Sungkono, Kamis (10/4/2014).

Sungkono menjelaskan, pesawat jenis Swearingen SX 300 itu diawaki Hang Pier (65), warga Swedia. Kendati demikian pihaknya mengaku belum bisa berbicara banyak karena sang pilot masih dalam pemeriksaan.

“Pesawat itu tidak punya izin terbang saat kita minta surat-surat kelengkapan terbang,” tutur Sungkono.

Pesawat sipil yang dipiloti seorang pria warga negara asing itu disergap dua pesawat tempur F-16 TNI AU saat terbang di perairan Sibolga, kawasan Pantai Barat Sumut. Pihak berwenang masih belum memberi keterangan lengkap terkait kejadian ini. Hanya saja dugaan sementara pesawat ini masuk ke wilayah Indonesia karena cuaca buruk dalam perjalanan dari Selandia Baru ke Malaysia.

“Nanti Pangkosek akan memberikan keterangan resmi,” kata seorang perwira yang berjaga di sekitar pesawat. Hingga berita ini diturunkan, petugas dari TNI AU masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap Hang Pier.

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Surat Tilang warna Merah dan Biru Tindak kecurangan saat ini sudah menjalar ke segala lini, bukan tidak mungkin kecurangan tersebut berawal dari tindakan para petugas Negara ini sendir...
Aceh Kembali di Guncang Gempa 8,5 SR Aceh kembali diguncang gempa besar pada sore hari ini, gempa terjadi sekitar pukul 15.38 WIB, di kedalaman 10 KM. Hingga saat ini belum diketahui sebe...
Inilah Pulau Baru Akibat Gempa Pakistan 2013 Inilah Pulau Baru Akibat Gempa Pakistan 2013 - Seperti kita ketahui bersama pada 24 september 2013 kemarin Pakistan di landa sebuah gempa dahsyat deng...
Foto Misterius Kecelakaan Paul Walker Foto Misterius Kecelakaan Paul Walker - Para pecinta film Fast and Furious tentu sangat tahu akan sosok aktor satu ini. Ya dia adalah Paul Walker alia...
Peringkat Webometrics Indonesia Update Juli 2012 Peringkat Webometrics Indonesia Update Juli 2012 - Webometrics sebagai salah satu standar dalam penilaian Universitas Terbaik di seluruh dunia bulan J...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*