Tips Menghindari Akun dari Hacker

Saya menulis artikel Tips Menghindari Akun dari Hacker ini bukan berarti saya ahli dalam melindungi sebuah akun dari ancaman para hacker. Artikel ini hanya berdasarkan pengalaman pribadi dan teman lain yang sudah pernah menjadi korban dari para hacker. Jenis akun yang dicuri pun beragam, mulai dari email serta akun jejaring sosial. Tetapi yang paling banyak terjadi adalah pembajakan akun facebook yang dilakukan oleh para hacker.

Sebelum kita membahas cara mem-proteksi akun dari incaran hacker, ada baiknya kita mengetahui jalan/cara mana aja yang digunakan Hacker untuk masuk ke akun kita.

  1. Keylogger
  2. Social Engineering
  3. Spam
  4. Virus
  5. Sniffing

Dari 5 cara diatas, mgkin anda sudah mengenal semuanya. Bagi yang belum, mari kita bahas satu persatu.

Keylogger, adalah tool perekam aktifitas keyboard pada komputer kita. Ada 2 jenis keylogger, Keylogger berupa software, dan keylogger berupa hardware.
Keylogger berupa sofware, adalah sebuah perangkat lunak yang di-install pada PC. Software tersebut dapat merekam aktifitas tombol yang kita tekan, dan menyimpannya dalam file yang sudah ditentukan hacker tersebut. Software ini biasanya terdeteksi sebagai virus. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, Software keylogger saat ini semakin bagus sehingga ada jenis software yang tidak dideteksi sebagai virus.
Keylogger yang berbentuk berupa hardware adalah perangkat keras yang di colokkan memotong jalan kabel keyboard seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Keylogger Hardware

Keylogger jenis ini jarang digunakan, karena akan membutuhkan sedikit dana untuk membelinya. Gampang sekali menghindarinya, tinggal melihat sisi belakang komputer yang kita gunakan.

Social Engineering, adalah teknik pendekatan sosial yang menggunakan cara-cara suggest yang pada umumnya diiming-imingi hal yang menarik seperti bonus, jackpot, harga murah, dll. Tujuannya adalah mengarahkan anda ke sebuah link tertentu yang jika anda klik, anda akan diarahkan pada sebuah halaman buatan si hacker. Bisa jadi halaman itu berisi “fakelogin” atau bahkan halaman yang berisi virus. Apa itu fakelogin? Fakelogin adalah halaman login palsu yang sengaja dibuat sangat mirip dengan halaman asli login sebuah website. Dengan mengisi email dan password pada fakelogin, maka kita mengirim data akun pada si hacker. Social Engineering bisa melalui pesan, notification dan bahkan chat.

SPAM (Stupid, Pointless Anoying Message), sesuai artinya Pesan Tanpa nama yang tak berguna. Namun bagi si Hacker ini berguna. Dengan mengirim pesan-pesan ke sejumlah orang, berharap mendapat korban. Isi dan Tujuan pesan SPAM sebenarnya hampir sama dengan Social Engineering, namun SPAM hanya melalui pesan, sedangkan Social Enginering bisa melalui lebih banyak cara.

Virus, dalam hal ini untuk melakukan pencurian data biasanya virus mengandung keylogger. Jadi cara kerjanya sama dengan Software Keylogger.

Sniffing, adalah metode pencurian data melalui lalu lintas jaringan dalam satu jaringan. Metode ini membutuhkan skill yang lebih dibandingkan metode lainnya. Karena harus minimal sedikit memahami jaringan dan menggunakan tools yang mendukung.

Nah dengan memahami tentang metode metode diatas, kita dapat melakukan beberapa hal untuk menghindari pencurian data dari para hacker yaitu dengan cara :

Untuk Keylogger

  • Perhatikan pada sisi belakang, ada tidaknya hardware keylogger
  • Biasanya untuk masuk ke pengaturan software keylogger menggunakan shortcut Ctrl+Alt+Shift+salah satu abjad. cobalah untuk semua abjad, jika ada muncul windows untuk meminta password, kemungkinan itu keylogger
  • Jangan mengetikkan password berurut, misalnya untuk password “CHIP” anda bisa mengetikkan “PICH” dengan bantuan kursor panah.
  • Software keyscrambler yang terinstall di browser sebagai plug in. Keyscrambler tidak support dengan chrome.
  • Software anti Keylogger.

Untuk Social Engineering

  • Abaikan pesan-pesan yang tidak penting dalam email anda.
  • Jika penasaran dengan email yg tidak penting tersebut, boleh dibaca atau dibuka, tapi jangan klik link yang ada dalam email tersebut.
  • Abaikan juga notification yang beriming-iming bonus, atau yang mengancam Suspended atau Banned Account.
  • Jangan mengisi email dan password sembarangan, perhatikan URL pada broser, jika bukan milik situs asli, abaikan saja.

Untuk Spam

  • Ini hampir sama dengan Social Engineering, jangan sesekali mengisi email dan password pada halaman website yang tidak pasti. Jadi kita harus selalu memperhatikan dengan benar alamat url yang sedang kita buka, untuk login facebook pastikan alamat urlnya http://www.facebook.com

Untuk Virus

  • Anda bisa menginstall Anti Virus kebanggan anda, tentunya yang bisa protect dari fakelogin. Ada baiknya menginstall antivirus versi Internet Security.
  • Jika memungkinkan, artinya komputer anda tidak sering digunakan untuk kegiatan belajar atau kantor, ada baiknya anda menginstall DeepFreez atau Shadow Defender. Yaitu sebuah program recover yang dapat mengembalikan bentuk file komputer seperti semula setelah direstart. Jadi jika anda curiga ada virus yang terinstall di komputer anda setelah anda asik browsing-browsing sana sini, anda tinggal restart komputer, dan komputer kembali seperti semula tanpa ada virus.

Untuk Sniffing

  • Yang ini saya kurang paham cara kerjanya secara pasti, dan cara menghindarinya. Tetapi ada mengatakan jika anda sedang berselancar di dunia maya maupun bermain game berbasis browser, dan anda menghapus history browser, maka Aplikasi yang anda buka tetap akan berjalan namun Sniffer tidak bisa mengambil data browser anda.

Sekian Tips Menghindari Akun dari Hacker dari saya dan semoga bermanfaat bagi teman – teman semua, jangan lupa baca juga artikel tentang Tips Menghindari Phishing

Terima Kasih


Facebook Comments

Artikel Lainnya

The Raid The Raid The Raid, inilah film Indonesia yang berhasil mendapatkan banyak penghargaan di festival bergengsi di dunia. The Raid sejak awal 2011 telah ...
Nomer Urut Parpol Peserta Pemilu 2014 Nomer Urut Parpol Peserta Pemilu 2014 - Pemilu 2014 sudah didepan mata, berbagai persiapan telah dilakukan oleh KPU yang notabene adalah penyelenggara...
Komik The Raid Bagi yang telah menyaksikan film The Raid dimana sejak awal hingga akhir di penuhi adegan kekerasan dan juga cipratan darah berwarna merah, tentunya...
Cara Singkat Terbaru Mencari Ribuan Backlink Cara Singkat Terbaru Mencari Ribuan Backlink  - Jika sudah ada yang menulisnya silahkan langsung pergi saja. Inilah cara termudah dan terbaru dalam me...
Peserta Masterchef Indonesia Season 3 Peserta Masterchef Indonesia Season 3 - Ajang kompetisi memasak terbesar di Indonesia, MasterChef Indonesia kini memasuki tahapan baru setelah sebelum...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*