Tips Membeli Domain

Untuk membuat blog dengan menggunakan software WordPress, hal pertama yang harus anda miliki adalah nama domain. Untuk memiliki nama domain, anda bisa membelinya pada website penjual domain. Namun, pada dasarnya membeli nama domain adalah bersifat sementara dan cenderung sebagai sewa domain. Hitungan harga domain biasanya berdasarkan kurun waktu tahunan, bisa satu tahun, dua, tiga atau empat tahun.

Harga sebuah nama domain ( untuk selanjutnya, nama domain akan di tulis hanya domain ) berkisar antara Rp 80.000 sampai Rp 120.000 untuk satu tahun, dan tahun berikutnya anda bisa memperpanjang kembali. Domain yang digunakan boleh berakhiran .com, .us, .org, .net, .info dan lain sebagainya.

Beberapa tips membeli domain

Pastikan membeli domain pada website terpercaya

Domain adalah aset yang sangat penting bagi sebuah website atau blog, oleh karenanya berhati-hatilah dalam membeli sebuah domain. Belilah domain pada website yang benar-benar terpecaya. Beberapa indikator yang dapat dijadikan referensi bahwa website penjual domain terpercaya adalah :

  • Cari informasi sebanyak mungkin mengenai website tersebut dengan bertanya kepada teman anda yang dipercaya, informasi dari forum-forum di internet, mesin pencari seperti google dan lain-lain.
  • Cek umur domain website penjual domain tersebut. Untuk mengecek umur domain, anda bisa menggunakan tool whois yang banyak beredar di internet, beberapa contoh whois tool : http://www.whois.net, http://whois.domaintools.com, http://who.is dan lain-lain. Lamanya umur sebuah domain menandakan seberapa eksis domain tersebut di internet, semakin tua berarti semakin bagus.
  • Cek google page rank. Untuk mengecek google page rank, anda bisa menggunakan tool page rank checker seperti : http://www.prchecker.info, http://www.mypagerank.net dan lain-lain. Google page rank mempunyai peringkat 1 – 10, semakin besar semakin baik, peringkat 10 adalah peringkat paling baik. Jika website penjual domain mempunyai page rank yang bagus, maka ini sedikit mengindikasikan bahwa website tersebut terpercaya karena mendapatkan page rank itu tidak mudah dan perlu waktu yang lama.
  • Cek alexa rank. Untuk mengecek alexa rank anda bisa menggunakan tool dari http://www.alexa.com. Peringkat alexa atau alexa rank terbalik dengan page rank, untuk peringkat alexa peringkat semakin kecil adalah semakin baik, peringkat 1 adalah peringkat terbaik untuk alexa rank. Kisaran alexa rank yang bagus yaitu sekitar 500.000 kebawah. Jika website penjual domain mempunyai peringkat di bawah 500.000 ini menandakan bahwa website tersebut memang ramai dikunjungi.

Pastikan penjual domain mudah untuk di hubungi

Belilah domain pada website yang penjualnya mudah untuk di hubungi, misal ada fasilitas menghubungi melalui telephone, live support, yahoo messenger, email dan lain sebagainya. Pastikan juga bahwa penjual tersebut mempunyai alamat kantor atau rumah yang jelas sehingga apabila suatu saat terjadi hal yang tidak di inginkan, anda bisa mendatangi langsung instansi atau orang yang menjual domain tersebut.

Pastikan anda mendapat domain kontrol

Ini merupakan hal yang cukup penting, pastikan bahwa apabila membeli sebuah domain anda nantinya mendapat akses penuh ke panel kontrol domain. Hal yang paling penting adalah anda dapat dengan mudah untuk mengubah Name Server (ns) domain anda karena dari situ anda nantinya dapat menentukan mau menggunakan hosting dari mana saja.

Untuk memastikan bahwa anda nantinya akan mendapatkan kontrol domain, anda dapat membaca keterangan yang mereka buat pada websitenya, atau anda tanyakan langsung melalui live support, yahoo messenger, form kontak atau melalui email.

Jangan terlalu tergiur dengan harga murah

Membeli domain dengan harga murah tentunya dambaan setiap pembeli, namun sedikit kehati-hatian diperlukan. Harga yang sekiranya sangat tidak mungkin harus di jadikan sebuah tanda tanya besar, misalkan harga dipasaran sebuah domain adalah berkisar antara Rp 80.000 sampai Rp 120.000, jika anda menemukan website atau orang yang dapat menjual dengan harga katakanlah Rp 10.000 atau Rp 20.000 maka itu wajib di curigai. Penipu tidak hanya berkeliaran didunia nyata, didunia maya sekalipun banyak berkeliaran penipu-penipu, maka berhati-hatilah.

Terkadang seperti ini, ada website penjual domain menerapkan strategi untuk penjualan tahun pertama mereka mematok harga yang sangat murah, misal Rp 50.000 namun untuk perpanjangan tahun-tahun selanjutnya dipatok harga yang sangat mahal misal Rp 150.ooo, oleh karenanya baca benar-benar keterangan yang mereka berikan saat anda mau membeli domain. Jika perlu, tanyakan terlebih dahulu, berapa harga perpanjangan untuk tahun berikutnya.

Pastikan bahwa anda nantinya dapat transfer domain ke tempat lain

Keadaan terkadang tidak selalu menyenangkan, ada kalanya kita menemukan hal yang tidak diinginkan. Jika anda membeli sebuah nama domain, tanyakan juga bahwa apakah nantinya jika suatu saat anda ingin mentransfer atau memindahkan domain tersebut ke tempat (registrar) yang lain itu bisa atau tidak?

Tambahan

Perlu anda ingat, domain merupakan suatu yang terpisah dengan hosting. Jadi, anda tidak harus selalu membeli domain serta hosting dalam satu website yang sama, anda bisa membeli domain pada satu website tertentu dan membeli hosting pada website yang lain. Misal, anda dapat membeli domain di http://godaddy.com atau http://www.name.com dan membeli hosting pada website yang lain, misal http://www.hostgator.com, http://www.bluehost.com, http://www.rumahweb.com,  http://idwebhost.com dan lain sebagainya.

Sebuah domain dengan hosting akan ada keterikatan melalui proses mengarahkan domain (pointing) dariName Server (NS) nya. Setiap paket hosting yang anda beli, nantinya akan memberikan Name Server tersendiri, tugas anda hanya mengubah atau mengganti name server pada domain kontrol anda . Makanya, telah disebutkan sejak awal bahwa pastikan anda mempunyai akses penuh terhadap kontrol domain yang anda miliki, karena untuk mengganti name server adalah melalui kontrol panel domain, bukan melalui CPanel hosting. Jelas?

Berikut beberapa contoh website penjual nama domain :

Penjual domain lokal :

  • http://www.rumahweb.com
  • http://idwebhost.com

Penjual domain luar negeri :

  • http://godaddy.com
  • http://www.name.com
  • http://www.namecheap.com
Facebook Comments

Artikel Lainnya

Server Jogjahost Sering Putus Server Jogjahost Sering Putus - Setiap domain pasti membutuhkan hosting, begitu juga dengan Lintas Berita. Jogjahost menjadi pilihan saya fasilitas ya...
Stop Illegal Downloading Tekad Tifatul Sembiring  sebagai Menkominfo untuk membudayakan Internet yang sehat dan aman nampaknya semakin serius, belum lama ini dia menyatakan du...
Pengertian Rasio Pentalan / Bounce Rate dalam Goog... Pengertian Rasio Pentalan Bounce Rate dalam Google Analytics - Bagi para blogger atau webmaster tentu sudah mendaftarkan websitenya maupun blognya ke ...
10 cara membuat Blog kita menjadi Populer Ini ada beberapa cara yang cukup kreatif untuk membuat blog Anda lebih terkenal dan ramai dikunjungi. ya semoga bisa menjadi populer, silahkan dicoba:...
Manfaat dan Kegunaan Sitemap Manfaat dan Kegunaan Sitemap - Bagi para blogger mungkin sudah tidak asing dengan kata sitemap, tetapi sebenarnya apa sih manfaat dan kegunaan sitemap...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*