Tips Aman Berbelanja Online

Tips Aman Berbelanja Online – Saat ini semakin banyak website yang menjual berbagai macam produk baik itu barang maupun jasa secara online. Tentu dengan semakin banyaknya website yang menjual barang secara online maka tingkat penipuan dalam transaksi online pun semakin tinggi. Oleh karena itu pada tulisan kali ini Lintas Berita akan memberikan beberapa tips aman berbelanja online.

Sebenarnya tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan saya sebelumnya yaitu Tips Berbelanja Online anda bisa membaca terlebih dahulu tulisan tersebut agar lebih paham tentang seluk beluk dalam berbelanja online.

Berikut ini beberapa Tips Aman Berbelanja Online versi Lintas Berita :

  • Lihat Alamat Website Terlebih Dahulu

Bagi anda yang akan melakukan transaksi pembelian barang atau jasa melalui media online sebenarnya ada cara mudah untuk memastikan apakah website tersebut berpotensi melakukan penipuan atau tidak. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah lihat alamat website si penjual barang tersebut.

Sebuah website yang menjual barang secara online pasti menggunakan nama domain pribadi seperti Lintas Berita. Intinya website tersebut bukan merupakan website atau blog yang gratisan. Bagaimana cara mengetahui apakah website tersebut gratisan atau tidak ? caranya mudah sekali, perhatikan akhiran dari website / blog tersebut jika berakhiran seperti .blogspot, .wordpress, mywapblog.com contoh domain diatas seperti resep-menu-masakan.blogspot.com atau seperti blog berikut ini juga indonesiacuisine.wordpress.com

Kenapa dengan blog gratisan ? Sederhana saja sebab saat ini membuat blog dengan domain sendiri sangatlah murah sekali. Biayanya tidak lebih dari 400rb pertahun. Bayangkan website yang menjual barang elektronik, gadget yang harga produknya dijual hingga jutaan rupiah apakah mungkin tidak sanggup membeli domain sendiri dengan harga yang tidak lebih dari 400rb pertahun ?

  • Lihat Display Barang yang dijual

Melihat gambar yang dijual juga merupakan hal yang sangat penting. Perhatikan gambar tersebut apakah benar-benar hasil foto dari si penjual atau hanya copy paste milik orang lain. Sebagai ilustrasi anda bisa memperhatikan 2 gambar berikut ini :

Stock Buku Tes Seleksi Polri 2013

buku palsu

2 gambar diatas diambil dari 2 website / blog yang berbeda namun menjual Buku yang sama. Perhatikan kedua gambar diatas, seharusnya anda sudah bisa memutuskan untuk membeli buku tersebut di website yang mana bukan. Ya seharusnya anda membeli buku tersebut pada website / blog yang memajang gambar pertama. Apa alasannya ? walaupun bukunya sama tetapi pada gambar ke dua bisa saja anda ambil dari google. Anda browsing aja di google dengan judul Buku Tes Seleksi TNI Polri pasti anda akan banyak menemukan gambar seperti pada gambar yang kedua. Tetapi untuk gambar yang diatas terlihat jelas buku aslinya dan ditambah dengan tulisan alamat website si penjual yang ditulis pada kertas langsung yaitu www.lintasberita.web.id dan bukan merupakan foto hasil rekayasa atau editan.

  • Tanyakan alamat lengkap si Penjual 

Hal berikutnya adalah anda bisa melakukan sedikit tes / ujian kepada penjual. Coba anda hubungi nomer kontak si penjual dengan 2 nomer hp yang berbeda. Coba anda tanyakan alamat dia ada dimana, nama asli, apakah bisa membeli secara langsung. Jika ditanya nama tentu pasti masih dijawab oleh si penjual, terus anda tanya alamat dia ada dimana ? misal si penjual ada di Bandung coba anda berpura-pura tinggal di Bandung juga dan ingin bertemu langsung dengan si penjual jika si penjual menunjukkan gelagat atau jawaban yang berbelit-belit lebih baik langsung anda tinggalkan saja karena kemungkinan dia melakukan penipuan semakin besar. Coba anda tanya ke penjual tersebut dengan 2 nomer HP yang berbeda dengan pertanyaan yang sama, apakah jawabannya sama atau tidak ! jika tidak sama anda patut curiga terhadap penjual tersebut.

  • Coba cek no resi pengiriman yang pernah dia lakukan

Melakukan cek no resi transaksi pengiriman yang pernah penjual lakukan adalah salah satu hal yang bisa anda lakukan. Penjual yang jujur pasti akan selalu share tentang no resi / bukti pengiriman yang pernah dilakukannya. No resi tersebut coba anda cek pada website resmi jasa pengirimannya apakah benar-benar ada atau tidak.

  • Penjual harus mudah di hubungi

Tips berikut ini juga harus anda lakukan untuk memastikan apakah si penjual tidak akan menipu anda. Carilah nomer kontak si penjual yang bisa anda hubungi. Setiap penjual barang secara online pasti akan mencantumkan nomer HP yang bisa dihubungi. Kalau saya pribadi jika saya mengirimkan pertanyaan kepada penjual melalui nomer kontak dan dijawab si penjual lebih dari 1 jam saya akan berpikir ulang dan sedikit ragu untuk bertransaksi dengan dia. Kenapa ? karena toko online bisa diibaratkan sebuah toko, tidak mungkin kan jika anda datang kesebuah toko dan didalam toko tersebut anda tidak dilayani dan hanya di biarkan saja oleh penjaga toko tersebut tentu anda akan jengkel dan akhirnya pergi meninggalkan toko tersebut. Begitu juga dengan toko online.

Cari juga info lain tentang si penjual, anda bisa meminta alamat facebook asli si penjual dan anda perhatikan facebook tersebut apakah benar-benar facebook asli atau hanya sekedar facebook asal-asalan.

Untuk saat ini hanya sampai disini saja dulu Tips Aman Berbelanja Online dari Lintas Berita semoga tulisan yang sedikit dan acak-acakan ini bisa memberikan manfaat bagi anda semua.

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Presiden Indonesia Ternyata 8 Orang MUNGKIN masih banyak dari kalian yang beranggapan bahwa Indonesia hingga saat ini baru dipimpin oleh enam presiden, yaitu Soekarno, Soeharto, B.J. Hab...
Sekolah Ikatan Dinas Sekolah Ikatan Dinas - Selain Universitas Negeri yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia, Sekolah Tinggi dengan Ikatan Dinas merupakan favorit ...
Pendaftaran STAN 2013 Pendaftaran STAN 2013 - Tulisan ini saya buat agar memudahkan bagi anda yang sedang mencari informasi tentang Pendaftaran STAN Tahun 2013 ini. Sebelum...
Cara Melacak Lalu Lintas Blog Anda Cara Melacak Lalu Lintas Blog Anda - Setelah anda memiliki blog dan mempublish tulisan anda tentu anda juga ingin mengetahui apakah tulisan anda terse...
How To Install Nginx in Webuzo Free License Halo rekan-rekan blogger, sudah lama saya tidak mengupdate blog ini karena banyaknya kegiatan offline beberapa bulan terakhir ini. Pada kesempatan kal...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*