Tes Buta Warna Sederhana

Tes Buta Warna Sederhana – Beberapa jenis pekerjaan dan pendidikan tertentu mensyaratkan para peserta untuk tidak buta warna, banyak dari kita yakin atau bahkan tidak tahu bagaimana sebenarnya tes buta warna itu sendiri. Mungkin anda mengira tes buta warna hanya akan disuruh menebak warna – warna yang disediakan, jika anda berpikiran begitu maka anda salah besar.

Tes buta warna bukanlah sebuah tes kecerdasan, jadi anda tidak perlu harus berpikir untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Tes buta warna ini diperuntukan untuk menguji kondisi mata kita apakah peka akan warna dan apakah bisa mata kita membedakan warna dengan baik atau tidak.

Idealnya tes buta warna hanya dilakukan sekali saja dan hasilnya berlaku seumur hidup, artinya jika anda pernah melakukan tes buta warna dan anda dinyatakan tidak buta warna maka seumur hidup anda tidak buta warna. Jadi kalau anda mengikuti tes buta warna sekarang dan anda melakukan tes buta warna 20 tahun kemudian maka hasilnya akan sama saja karena memang anda tidak buta warna.

Sebelum melakukan tes buta warna berikut ini ada baiknya anda juga mengetahui bahwa buta warna itu bisa dikelompokkan menjadi beberapa bagian yaitu buta warna total dan buta warna sebagian. Hasil tersebut bisa terjadi karena memang gradiasi warna ada milyaran jumlahnya dan belum tentu semua orang bisa membedakan gradiasi warna tersebut.

Ayo Mulai Tes Buta Warna

Silahkan anda ikuti tes ini secara bertahap dan jangan melewati pertanyaan yang ada. Tidak perlu pulpen maupun kertas anda hanya harus memperhatikan layar monitor anda selama tes buta warna ini. Sudah siap ? mari kita mulai tes warna ini.

Coba anda lihat gambar dibawah (klik tombol show) ini ! Apakah anda bisa melihat gambar lingkaran, bintang dan kotak ?

tes buta warna

Saya yakin pasti bisa melihat semua gambar lingkaran, bintang dan kotak bukan ? kalau anda tidak bisa melihat sebaiknya anda langsung berhenti saja karena bisa dipastikan anda buta warna.

Nah sekarang ini merupakan tes buta warna yang sebenarnya. Siap – siap ya !

Dalam 3 detik (tidak usah pake mikir), coba lihat objek apa yang kamu lihat di gambar di bawah ini ?

Tes Buta Warna Lanjutan

Kalau anda bisa melihat gambar kotak tetapi tidak bisa melihat gambar lingkaran berarti anda termasuk buta warna.

Tes Selanjutnya, coba lihat objek apa yang anda lihat pada gambar dibawah ini ?

Tes Buta Warna Dasar

Kalau anda hanya melihat gambar lingkaran tetapi tidak melihat gambar kota berarti anda termasuk buta warna.

Soal Tes Buta Warna berikutnya :

Perhatikan baik – baik gambar dibawah ini, pada gambar dibawah ada 4 gambar yaitu anjing, perahu, mobil dan balon !

soal tes buta warna

Coba cocokkan gambar di atas sama gambar yang akan anda lihat di bawah ini :

soal tes buta warna perahu

Seharusnya anda melihat gambar perahu, jika anda tidak melihat perahu berarti bisa dipastikan anda buta warna.

Sekarang coba anda perhatikan perbedaan dari 2 gambar berikut ini :

latihan tes buta warna

Kalau anda tidak bisa melihat perbedaan warna antara foto yang dikiri dengan foto yang dikanan maka anda termasuk buta warna sebagian. Dalam hal ini mata anda tidak bisa menangkap spektrum warna merah.

Tidak perlu malu kalau anda ternyata buta warna. Buta warna tidak selalu ekstrim, buta warna juga ada beberapa jenisnya ada yang matanya kurang peka terhadap perbedaan warna ungu dengan merah ke ungu an. Yang paling parah adalah jika mata anda hanya bisa melihat gradiasi abu-abu saja seperti 256 shades of grey.

Soal Tes Buta Warna Terakhir

Dibawah ini ada gambar 9 angka yang tersusun dalam 3 kolom dan 3 baris. Tugas anda hanya melihat angka apa saja yang anda lihat, misalnya :

14, 15, 16

17, 18, 19

20, 21, 22

Silahkan anda lihat gambarnya dibawah ini :

soal tes buta warna angka

Apakah anda bisa melihat ke 9 angka tersebut ? jika anda tidak bisa melihat 1 angka saja dari 9 angka diatas berarti bisa dipastikan anda buta warna sebagian. Tetapi jika anda tidak bisa melihat ke 9 angka diatas berarti anda buta warna total.

Jawaban 9 angka yang benar adalah dibawah ini :

12, 68, 74
37, 16, 15
5 , 45 , 8

Kalau anda sama sekali tidak bisa lihat angka 74 sama sekali, berarti anda buta warna sebagian, khususnya kurang peka sama perbedaan tipis warna coklat muda sama merah muda. Buta warna total itu kalau matanya cuma bisa melihat gradasi abu-abu aja. Buta warna sebagian banyak sekali jenis dan tingkat keparahannya.

Bagaimana hasil tes anda ? Kalau anda termasuk Buta Warna jangan berkecil hati, karena anda yang termasuk buta warna sudah bisa dipastikan akan gagal jika anda mendaftar sebagai anggota TNI / Polri namun anda masih bisa saja sukses dalam hal pekerjaan lainnya.

Itulah Tes Buta Warna Sederhana semoga bisa bermanfaat bagi anda. Jika anda kurang puas dengan hasil tes dengan soal diatas anda bisa datang ke Puskesmas maupun Rumah Sakit untuk lebih memastikan anda buta warna atau tidak.

Jika anda rasa tulisan ini bermanfaat silahkan anda bagikan tulisan ini melalui akun jejaring sosial seperti facebook dan twitter yang anda miliki dengan menekan tombol share dibawah tulisan ini. Dan mohon anda beri komentar tentang hasil tes anda termasuk buta warna atau tidak anda.

Bagi anda teman – teman blogger silahkan jika ingin menulis ulang atau mengcopy tulisan ini silahkan saja tetapi tentu jangan lupa cantumkan sumbernya ya.

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Soft Copy Soal Tes Masuk IPDN Soft Copy Soal Tes Masuk IPDN - IPDN adalah salah satu sekolah kedinasan yang menjadi salah satu favorit di Indonesia. Untuk dapat diterima di sekolah...
Novel Dan Buku Best Seller Gramedia Juni 2013 Novel Dan Buku Best Seller Gramedia Juni 2013 - Gramedia sebagai jaringan toko buku terbesar di Indonesia kembali merilis beberapa novel dan buku yang...
Fakultas Ekonomi Swasta Terbaik di Indonesia Fakultas Ekonomi Swasta Terbaik di Indonesia - Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Fakultas Ekonomi adalah salah satu fakultas yang paling banyak diminat...
Biaya Pendidikan di Fakultas Kedokteran UMY 2013 Biaya Pendidikan di Fakultas Kedokteran - Fakultas Kedokteran saat ini menjadi pilihan favorit bagi para lulusan SMA yang ingin melanjutkan sekolah ke...
Benarkah Pendaftaran Tamtama Brimob 2014 Tidak Ada Pendaftaran Tamtama Brimob Polri tahun 2014 ini memang sangat ditunggu-tunggu oleh para Casis Polri tahun 2014 ini. Apalagi bagi mereka yang kemarin g...

1 Comment on Tes Buta Warna Sederhana

  1. saya sangat-sangat puas atas informasi .
    kalo begitu saya sanggup menjalanin tes buta warna .
    soalnya saya dapat menjawab semua itu .
    mudah-mudahan saja saya di terima.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*