Tarif Kos di Jogja

 Lifestyle

Yogyakarta atau biasa disebut Jogja adalah merupakan  kota pelajar terbesar di Indonesia, berbagai perguruan tinggi dan sekolah tinggi ada di kota ini. Sudah sejak lama jogja dikenal sebagai slah satu favorit bagi para calon mahasiswa untuk melanjutkan studi baik itu diploma maupun sarjana.

Pelajar/ mahasiswa di kota ini berasal dari seluruh pelosok Indonesia, hal itu bisa dilihat dengan lengkapnya asrama dari tiap – tiap provinsi di seluruh indonesia. Dengan banyaknya pelajar dan mahasiswa di kota ini tentu menimbulkan permintaan yang tinggi akan pondokan atau rumah kos.

Seberapa sich sebenarnya tarif kos di jogja ? walaupun memang tidak semahal di kota besar lainnya seperti jakarta dan bandung tetapi tarif kos di jogja selalu meningkat terus.Bagi mahasiswa yang sudah lama tinggal dijogja tentu mereka tidak kebingungan tentang menentukan rumah kos yang cocok dengan mereka dan tentunya cocok juga dengan keuangan masing – masing.

Maka dari itu bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan sekolah di jogja ada baiknya membaca info dibawah ini. Hal pertama harus dilakukan adalah menentukan lokasi dimana kita akan mencari rumah kost, maksudnya adalah apakah dekat dengan kampus / sekolah tempat kita belajar maupun sekolah atau mencari rumah kost agak jauh dari kampus kita. Mungkin bagi yang tidak memiliki kendaraan pribadi lebih baik memilih dekat dengan kampus atau paling tidak bisa dijangkau dengan berjalan kaki, sedangkan bagi yang memiliki kendaraan pribadi bisa memilih tempat kos yang agak jauh dari kampus.

Hal kedua adalah menentukan jenis pembayaran yang kita inginkan, sebagian besar kos di jogja terutama yang didekat kampus menerapkan sistem pembayaran minimal 6 bulan hingga 1 tahun. Jadi sebelum memilih rumah kos lebih baik kita benar – benar harus sudah merasa nyaman dulu dengan kos tersebut dan lingkungan sekitar kos tersebut karena jangka waktu kita akan tinggal disitu agak lama, paling tidak adalah 6 bulan. Ada juga kos yang menerapkan sistem pembayaran perbulan maupun per tiga bulan atau empat bulan. Untuk kos yang pembayarannya pendek memang biasanya agak sedikit mahal dibanding dengan pembayaran yang sekaligus 6 bulan / 1 tahun, tetapi kelebihannya adalah jika kita merasa tidak betah kita bisa pindah sewaktu – waktu tanpa harus menunggu sisa kontrak yang masih lama.

Hal ketiga adalah perhatikan lingkungan disekitar rumah kos tersebut apakah dekat dengan rumah makan, jalan raya utama, akses jalan menuju kos dll. Karena dibeberapa daerah kampus biasanya rumah – rumah kos sudah sangat padat sekali sehingga terkadang menggangu kenyamanan untuk belajar.

Hal keempat adalah tanyakan apakah si pemilik kos juga berada di rumah kos tersebut atau tidak, karena jika si pemilik kos berada di tempat tersebut tentu saja pengawasannya terhadap anak kost nya lebih ketat. Bagi para orangtua saya sarankan agar anaknya menempati rumah kos yang pemilik kosnya juga tinggal disitu, karena akan memudahkan kita mengontrol si anak, terutama jika anak tersebut adalah wanita, karena ada beberapa rumah kos yang ” bebas ” artinya siapa saja bisa masuk kekamar kos entah itu perempuan maupun laki – laki.

Mengenai standar tarif sewa kos dijogja tergantung daerahnya rumah kosnya dimana, tetapi disini saya ambilkan contoh rumah kos yang berada disekitar kampus UGM dan UNY.

Didaerah sekitar 2 kampus negeri tersebut adalah sebagai berikut.

Biaya kos pertahun : Rp 2.500.000,- hingga Rp 4.000.000,- ( tergantung fasilitas dari kos tersebut seperti kamar mandi didalam, bebas biaya listrik, keamanan, akses jalan, dll )

Biaya per bulan antara :Rp 200.000,- hingga Rp 400.000,-

Sedangkan untuk lokasi yang agak sedikit jauh dari sekitar kampus tersebut lebih kurang 5 km adalah sebagai berikut :

Biaya kos per tahun :Rp  2.000.000,- hingga Rp 3.500.000,-

Biaya kos per bulan : Rp 100.000,- hingga Rp 350.000,-

 Demikianlah kira – kira perkiraan biaya hidup di Jogja, semoga bermanfaat.

Baca juga : Benarkah Biaya Hidup di Jogja Murah

Author: 

Anhar Wahyu is The Founder of  Lintas Berita He is also Founder of Pusat Materi and WikiCaraPedia He started blogging in 2009 at Blog UMY. He stay at Yogyakarta, You can connect him via His Google+ account or Facebook.

One Response

  1. Haryo (Bandung)July 12, 2012 at 8:23 amReply

    Dulu saya (2005-2009) hidup di Jakarta, untuk kostnya sendiri sudah habis 400. Makan 600-800. Transportasi, kesehatan, dll… Jogja emang lebih affordable! :)

Leave a Reply