Susu Inovasi Yang Sehat dan Halal Untuk Pertumbuhan Anak

Lintas Berita kembali hadir dengan sebuah tulisan yang bertemakan ” Susu Inovasi Yang Sehat dan Halal Untuk Pertumbuhan Anak “ dalam artikel kali ini Blog Lintas  Berita akan sedikit mengulas tentang pentingnya susu bagi pertumbuhan anak.

Sebelum kita melangkah lebih jauh pertama – tama kita harus mengetahui dulu tentang susu. Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia betina. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega,yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia. Dari pengertiannya dapat ditarik kesimpulan bahwa susu bukan hanya berbentuk cairan tetapi susu juga bisa berbentuk dalam mentega, es krim dll. Jadi secara tidak sadar sebenarnya kita tiap hari selalu mengkonsumsi susu yang banyak terdapat dalam berbagai bentuk makanan.

Susu bisa dikatakan baik dapat dilihat dari berbagai macam faktor seperti warna, rasa, bau, berat jenis, kekentalan, titik beku, titik didih, dan tingkat keasaman. Warna susu yang normal adalah putih kebiruan hingga kuning keemasan, warna putih tersebut merupakan hasil dari dispersi cahaya dari butiran-butiran lemak, protein, dan mineral yang ada di dalam susu. Lemak dan beta karoten yang larut menciptakan warna kuning, sedangkan apabila kandungan lemak dalam susu diambil, warna biru akan muncul.

Susu terasa sedikit manis dan asin (gurih) yang disebabkan adanya kandungan gula laktosa dan garam mineral di dalam susu. Rasa susu sendiri mudah sekali berubah bila terkena benda-benda tertentu, misalnya makanan ternak penghasil susu, kerja enzim dalam tubuh ternak, bahkan wadah tempat menampung susu yang dihasilkan nantinya. Bau susu umumnya sedap, namun juga sangat mudah berubah bila terkena faktor di atas.

Berat jenis air susu adalah 1,028 kg/L. Penetapan berat jenis susu harus dilakukan 3 jam setelah susu diperah, sebab berat jenis ini dapat berubah, dipengaruhi oleh perubahan kondisi lemak susu ataupun karena gas di dalam susu. Viskositas susu biasanya berkisar antara 1,5 sampai 2 cP, yang dipengaruhi oleh bahan padat susu, lemak, serta temperatur susu.

Titik beku susu di Indonesia adalah -0,520 °C, sedangkan titik didihnya adalah 100,16 °C. Titik didih dan titik beku ini akan mengalami perubahan apabila dilakukan pemalsuan susu dengan penambahan air yang terlalu banyak karena titik didih dan titik beku air yang berbeda.

Susu segar mempunyai sifat amfoter, artinya dapat berada di antara sifat asam dan sifat basa. Secara alami pH susu segar berkisar 6,5–6,7. Bila pH susu lebih rendah dari 6,5, berarti terdapat ataupun aktivitas bakteri.

warna susu yang baik
warna susu yang baik

Manfaat Susu 

Meminum susu secara rutin setiap hari sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, selain merupakan sumber protein, kalsium, kalium dan vitamin D yang sangat kaya susu juga dapat mencegah osteoporosis dan menjaga tulang tetap kuat. Bagi anak-anak, susu berfungsi untuk pertumbuhan tulang yang membuat anak menjadi bertambah tinggi, selain itu susu juga dapat mengurangi tekanan darah, menetralisir racun, mencegah terjadinya kanker kolon atau kanker usus, membantu agar lebih cepat tidur. Hal ini karena kandungan susu akan merangsang hormon melatonin yang akan membuat tubuh mengantuk.

Bagi anak yang sedang dalam masa perkembangan susu sangat dibutuhkan karena dalam masa itu anak sangat membutuhkan nutrisi yang baik bagi pertumbuhannya dan kandungan nutrisi yang ada didalam susu sangat lengkap untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut. Bagi anak yang berusia 1 tahun cukup dengan 2 x 200ml susu setiap hari. Setelah umur tersebut sebaiknya anak dibiasakan minum susu 2 gelas sehari pada pagi dan malam hari.

Jenis Susu

Jenis-jenis susu yang tersedia di pasaran juga bermacam-macam. Ada istilah-istilah yang dikatakan sebagai zat yang terkandung dalam susu yang mungkin belum Anda ketahui. Beberapa istilah tersebut yaitu:

  • Full cream

    Mengandung 4% lemak dan umumnya banyak mengandung vitamin A dan vitamin D.

  • Low fat

    Susu rendah lemak, karena kandungan lemaknya hanya setengah dari susu full cream.

  • Skim

    Susu yang kandungan lemaknya lebih sedikit lagi, kurang dari 1%.

  • Susu evaporasi

    Yaitu susu yang telah diupkan sebagian airnya sehingga menjadi kental. Mirip dengan susu kental manis, tetepi susu jenis ini rasanya tawar.

  • Susu pasteur

    Susu yang melalui proses pasteurisais (dipanaskan) 65° sampai 80° C selama 15 detik untuk membunuh bakteri patogen yang dapat menyebabkan penyakit.

  • Flavoured

    Sebenarnya susu full cream atau low fat yang ditambahkan rasa tertentu untuk variasi. Misalnya susu coklat, strawberry, pisang, dan rasa lainnya. Umumnya memiliki kandungan gula yang lebih banyak karena penambahan rasa ini.

  • Calcium enriched

    Susu yang ditambah dengan kandungan kalsium dan kandungan lemaknya telah dikurangi.

  • UHT

    Merupakan singkatan dari Ultra-High Temperature-Treated. Susu jenis ini adalah susu yang dipanaskan dalam suhu tinggi (140° C) selama 2 detik yang kemudian langsung dimasukkan dalam karton kedap udara. Susu ini dapat disimpan untuk waktu yang lama.

  • CLA

    Susu ini bermanfaat bagi orang yang ingin merampingkan tubuh. Kepanjangan dari CLA adalah Conjugated Linoleic Acid yang akan membantu dalam pembentukan otot dan mempercepat pembakaran lemak.

Minum Susu

Walaupun manfaat dari susu sangatlah banyak tetapi banyak orang yang enggan untuk meminum susu, untuk di Indonesia sendiri konsumsi susu sangatlah rendah sekali yaitu hanya 5 tetes sehari, hal ini sangat rendah jika dibandingkan dengan negara – negara Asean lainnya. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya konsumsi susu di Indonesia seperti masih mahalnya harga susu dimasyarakat dan tingkat produksi yang masih rendah yaitu hanya mampu memasok 30 % kebutuhan dalam negeri selain faktor diatas ada juga penyebab yang berasal dari individu masing – masing, banyak orang yang enggan meminum susu karena membuat mual atau sakit perut sehabis minum susu, bahkan ada juga yang tidak meminum susu karena meragukan tentang apakah susu hasil olahan tersebut halal atau tidak, padahal seluruh produsen susu di Indonesia tentu telah lolos uji Halal yang diawasi oleh MUI.

Untuk harga susu yang mahal sebenarnya saat ini sudah banyak produk – produk susu yang harganya sangat terjangkau, tinggal bagaimana sekarang kita merubah mainset kita bahwa susu bukanlah sesuatu yang mahal karena jika melihat kandungan nutrisi dan manfaat yang diperoleh dari susu adalah sangat tidak sebanding dengan harganya tersebut. Susu sangat dibutuhkan oleh tubuh kita apalagi bagi anak – anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Sedangkan untuk rasa mual atau sakit perut setelah mengkonsumsi susu berarti tubuh kita menderita intoleransi laktosa, hal itu disebabkan karena kurangnya produksi laktase dalam tubuh. Laktase adalah enzim yang dihasilkan usus kecil yang berfungsi memecah laktosa yang terkandung dalam susu agar dapat diserap oleh tubuh. Tetapi bagi penderita intoleransi laktosa, proses pemecahan laktosa tidak berlangsung sempurna sehingga laktosa yang tidak tercena akan masuk dalam usus besar dan dicerna oleh bakteri yang ada di dalamnya sehingga menyebabkan perut kembung, berisi banyak gas, dan diare.

Banyak produsen susu di Indonesia sekarang yang sudah membuat Inovasi produk olahan susu seperti keju dan yoghurt, beberapa produsen susu di Indonesia juga sudah ada yang membuat susu tanpa laktosa yang dapat dikonsumsi oleh penderita “intoleransi laktosa”.

Bila Anda hendak mengkonsumsi susu, sebaiknya Anda tidak menggunakan susu kental manis karena susu jenis ini kandungan nutrisinya lebih rendah akibat proses pembuatannya juga banyak mengandung lemak dan gula yang kurang baik untuk tubuh.  Jadi, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak minum susu bukan ?

Referensi
http://pphp.deptan.go.id/mobile/?content=berita_mobile&fuse=191
http://id.wikipedia.org/
Gambar From Google
Facebook Comments

Artikel Lainnya

Cyberbola.com Say No To Racism Piala Eropa 2012 Cyberbola.com Say No To Racism Piala Eropa 2012 - Isu tentang rasisme memang sering dibicarakan di sepakbola, terutama di benua eropa. Eropa sebagai s...
Menang Kontes Indehost Setelah kemarin website ini berhasil menjadi pemenang kontes dengan keyword " Dukung Piala Euro 2012 bersama Agenbola338.com " kini Lintas Berita kemb...
Software Toko Program Kasir Terbaik Software Toko Program Kasir Terbaik - Perkembangan di dunia bisnis saat ini tidak bisa terlepas dari yang namanya teknologi. Apalagi saat ini sistem b...
Promo Indonesia : Promo Member Alfamart Minimarket... Masih dengan Kontes SEO Alfamart yang bertajuk " Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia " Alfamart mengajak kepada seluruh pelanggan...
Penggalangan Dana Online dengan Marimembantu.org Indahnya Berbagi Bersama - Negeri kita Indonesia adalah sebuah negara besar dengan jumlah penduduk yang sangat besar pula. Sumber daya alam yang dimil...

1 Comment on Susu Inovasi Yang Sehat dan Halal Untuk Pertumbuhan Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*