Surat Terbuka untuk Ibu Menteri Linda Gumelar

SURAT TERBUKA untuk IBU MENTERI LINDA GUMELAR ini saya dapatkan dari seorang facebooker yang dishare secara terbuka. Oleh karena itu, saya merasa perlu men-share juga di ruang website ini dengan tujuan berbagi rasa sekaligus membuka mata kita semua akan keadaan riil di Bumi Indonesia ini. Berikut kutipan surat terbuka tersebut :

SURAT TERBUKA untuk IBU MENTERI LINDA GUMELAR

Yth.
Ibu Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Ibunda Linda Amalia Sari Gumelar.

Saya Yudha Satrio Oktavandi dari Provinsi Lampung, Pengurus Forum Anak Nasional Bidang Data dan Informasi, masa jabatan 2011-2013. Alhamdulillah tahun ini saya lulus dari Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Terbanggi Besar, dan diterima di Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG), salah satu Sekolah Tinggi Kedinasan. Meskipun pendidikan tanpa biaya, namun untuk daftar ulang masih membutuhkan dana sebesar Rp. 6,3 juta, dan selambat-lambatnya dilakukan tanggal 20 bulan ini (Bulan Juli), yang artinya hanya tinggal beberapa hari lagi, dan pendaftaran ulang dilakukan di Jakarta Selatan.
Namun ibunda, yang menjadi masalah buat saya dan orang tua saya, sampai saat ini (Jumat, 13/07) kami masih belum mempunyai cukup biaya untuk melakukan daftar ulang. Usaha sudah dilakukan semaksimal mungkin. Saya pun sudah berusaha sebisa saya. Saya sudah menghubungi Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Lampung Tengah, Lembaga Perlindungan Anak Provinsi Lampung, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas PP dan PA) kabupaten Lampung Tengah, melalui LPA Kabupaten Lampung Tengah juga sudah menghubungi Biro PP-PA Provinsi Lampung, sampai Sekretariat FAN maupun Deputi Tumbuh Kembah Anak pun telah saya hubungi, semua itu saya lakukan untuk meminta bantuan.

Alhamdulillah, Dinas PP-PA Kabupaten Lampung Tengah bersedia memberikan bantuan sebesar Rp. 1juta. Sedangkan Biro PP-PA Provinsi Lampung sampai saat ini masih belum ada tanggapan. Deputi tumbuh kembang anak sudah menyatakan tidak bisa membantu secara finansial, karena bulan ini telah membantu 5 anak FAN yang terancam DO dari sekolah.


Selain itu, saya juga telah menghubungi teman-teman pengurus FAN lainnya dari berbagai Provinsi. Dan sebagai wujud kepedulian, saya mendapat sumbangan Rp. 200ribu. Rabu yang lalu, saya sudah meminta bantuan ke sekolah, dengan menghadap langsung ibu kepala sekolah. Hanya saja masih belum mendapat bantuan, karena alasan dana sekolah yang terbatas disebabkan masih banyak siswa yang belum melunasi komite.


Tidak hanya itu ibunda, sedikit bercerita, sampai usia 12 tahun saya tinggal di Kota Bandar Lampung (Sekarang di Kabupaten Lampung Tengah). Dan hari Senin yang lalu, dengan tanpa rasa malu, saya menyempatkan diri singgah ke Bandar Lampung, berkunjung ke rumah tetangga-tetangga saya dulu ketika masih tinggal di sana, sambil membawa kertas pengumuman penerimaan AMG, dari satu rumah ke rumah yang lain, untuk memohon bantuan. Alhamdulillah saya kembali ke rumah membawa sekitar Rp.260 ribu. Dan papa saya sendiri saat ini baru mendapat pinjaman Rp. 400ribu.
Hanya saja jumlah tersebut di atas masih belum mencukupi untuk saya daftar ulang ditambah ongkos ke Jakarta Selatan. Mohon maaf apabila saya harus membuat surat terbuka ini untuk ibunda, karena jika melalui jalur birokrasi, saya kira prosesnya akan terlalu panjang. Mohon maaf juga jika saya harus menyebutkan nominal dalam tulisan ini, dan harus mengaitkan beberapa instansi. Hal ini saya lakukan sebagai bentuk trasparansi. Karena memang saya membuat tulisan ini secara objektif, apa adanya.
Terimakasih ibunda, surat ini saya tulis dengan tujuan tidak lebih sebagai salah satu bentuk perjuangan saya untuk dapat melanjutkan pendidikan. Oleh karena itu, kiranya ibunda dapat memberikan bimbingan dan atau solusi buat saya sebagai anak.

Ttd,
Yudha Satrio Oktavandi – Provinsi Lampung
Pengurus Forum Anak Nasional, Bidang Data dan Informasi

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Masih Pentingkah Skripsi ? Masih Pentingkah Skripsi ? - Sebuah pertanyaan yang relevan untuk dikaji dan dijawab dengan kacamata kedepan, kenapa saya mempertanyakan perlunya SKRI...
Akhirnya Masuk Head Line Kompasiana Akhirnya Masuk Head Line Kompasiana, ya itulah ada perasaan sedikit senang, bangga dan macam - macam setelah tulisan yang saya buat sekitar jam 10.00 ...
Surat dari Nabi Muhammad SAW kepada Biarawan St. C... Pada tahun 628 Nabi Muhammad SAW mengeluarkan Piagam Anugerah kepada biarawan St. Catherine Monastery di Mt. Sinai. Berisi beberapa klausul yang melin...
Inilah alasan saya tidak akan memilih ARB di Pemil... Inilah alasan saya tidak akan memilih ARB di Pemilu 2014 - Aburizal Bakrie dengan kendaraan politiknya yaitu Golkar sudah dipastikan sebagai salah sat...
Fakta Tentang Israel Fakta Tentang Israel - Berikut ini adalah beberapa fakta yang terkait dengan Israel dan kenapa mereka selalu bersikap sangat arogan dan semena - mena ...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*