Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri UGM 2013 SBMPTN

 UGM

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri UGM 2013 (SBMPTN) – Seleksi ini bersifat Nasional artinya diselenggarakan oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia tanpa ada terkecuali.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri UGM 2013 SBMPTN

UGM sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri tentunya juga mengadakan dan menerima Mahasiswa Baru dari Jalur SBMPTN ini. Berikut ini adalah Info Lengkap Tentang SBMPTN UGM 2013, namun informasi dibawah ini tidak hanya berlaku untuk UGM saja tetapi berlaku untuk Seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia. Harap dibaca dengan teliti agar tidak ada kesalahan :

Persyaratan Pendaftaran 

  1. Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2011, 2012, dan 2013. Lulusan tahun 2011 dan 2012 memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara. Untuk lulusan tahun 2013 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
  2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi.

Persyaratan Penerimaan

Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus SBMPTN 2013, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Pendaftaran

  1. Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://ujian.sbmptn.or.id.
  2. Tatacara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.or.id mulai tanggal 30 April 2013.
  3. Pendaftaran online dimulai dari tanggal 13 Mei 2013 pukul 08.00 WIB s.d 7 Juni 2013 pukul 22.00 WIB.
  4. Bagi pendaftar yang ingin mendapatkan koneksi Internet untuk pendaftaran online dapat memanfaatkan akses Internet via hotspot (Indonesia wifi / @wifi.id) di Plasa Telkom.

Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan

  1. Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Program Studi Kelompok Saintek dan Program Studi Kelompok Soshum.
  2. Peserta dapat memilih program studi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti, yaitu :
    1. Kelompok ujian Saintek dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dari kelompok program studi Saintek,
    2. Kelompok ujian Soshum dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) progarm studi dari kelompok program studi Soshum
    3. Kelompok ujian Campuran dapat memilih sebanyak-banyak 3 (tiga) program studi yang merupakan campuran dari program studi kelompok sainstek dan kelompok program studi kelompok soshum.
  3. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  4. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi, dapat memilih program studi di PTN manapun.
  5. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus dari PTN yang berada dalam satu wilayah tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat dari PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian.
  6. Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung tahun 2013, dan jumlah peminat program studi tahun 2012 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.or.id mulai tanggal 15 Maret 2013.

Biaya Seleksi Ujian Tertulis dan Keterampilan

  1. Biaya seleksi peserta SBMPTN ujian tertulis untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum sebesar Rp. 175.000,00, sedangkan untuk kelompok ujian Campuran sebesar Rp 200.000,00.
  2. Biaya seleksi untuk ujian keterampilan sebesar Rp 150.000,00 per jenis ujian keterampilan.
  3. Biaya seleksi dibayarkan ke Bank Mandiri. Jika dalam suatu daerah tidak ada kantor pelayanan Bank Mandiri, maka biaya seleksi dapat dibayarkan melalui Kantor Pos setempat atau ATM Bersama.
  4. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

Ketentuan Pembayaran :

Untuk melakukan pembayaran biaya seleksi, calon peserta dikelompokkan menjadi lima kategori, seperti ditunjukkan dalam tabel berikut :

KATEGORI

MENDAFTAR SNMPTN 2013

DITERIMA SEBAGAI CALON PESERTA BIDIKMISI

LULUS SNMPTN 2013

BIAYA SELEKSI

1

Tidak

Tidak

-

Bayar

2

Tidak

Ya

-

Tidak Bayar

3

Ya

Ya

Tidak

Tidak Bayar

4

Ya

Tidak

Ya/Tidak

Bayar

5

Ya

Ya

Ya

Bayar

  • Bagi calon peserta kategori 1, pembayaran biaya SBMPTN harus menggunakan menu 10000 untuk pembayaran yang dilakukan melalui Internet Banking atau ATM, atau menggunakan pilihan Bayar Awal untuk pembayaran yang dilakukan melalui Kantor Cabang Bank Mandiri atau SMS Banking.
  • Bagi calon peserta kategori 2 atau 3, tidak perlu membayar biaya SBMPTN.
  • Bagi calon peserta kategori 4 atau 5, pembayaran biaya SBMPTN harus menggunakan menu 10001 untuk pembayaran yang dilakukan melalui Internet Banking atau ATM, atau menggunakan pilihan Tambah Bayar untuk pembayaran yang dilakukan melalui Kantor Cabang Bank Mandiri atau SMS Banking.

Prosedur Pembayaran

Pembayaran SBMPTN 2013 menggunakan menu Pembayaran Pendidikan, jadi siswa ataupun pembayar tidak perlu mencantumkan nomor rekening SBMPTN, karena sudah otomatis muncul pilihan pembayaran di channel Bank Mandiri. Pembayaran dapat dilakukan melalui channel berikut:

  1. Mandiri Internet
  2. Mandiri ATM
  3. Mandiri SMS
  4. Cabang Bank Mandiri
  5. Kantor Pos, atau Kliring/RTGS, atau ATM Bank lain berlogo ATM Bersama, Link & Prima (hanya untuk daerah yang tidak terdapat cabang maupun ATM Bank Mandiri)

Pengumuman Hasil

Hasil ujian akan diumumkan pada hari Jum’at, 12 Juli 2013 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.sbmptn.or.id.

Itulah sedikit info tentang Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri UGM 2013 SBMPTN atau jika anda ingin mendaftar melalui Jalur Seleksi Mandiri UGM Tahun 2013 anda bisa melihat informasinya disini.

Author: 

Anhar Wahyu is The Founder of  Lintas Berita He is also Founder of Pusat Materi and WikiCaraPedia He started blogging in 2009 at Blog UMY. He stay at Yogyakarta, You can connect him via His Google+ account or Facebook.

No Responses

Leave a Reply