Profile Lee Chong Wei

 Profile Pemain

Profile Lee Chong Wei – Pemain yang satu ini berasal dari Malaysia. Dia berada di peringkat 1 dunia. Dia bermain di tunggal putra. Dia adalah Lee Chong Wei. Pemain dari Malaysia ini hingga saat ini belum memiliki lawan yang berati di nomer tunggal putra.

Lee Chong Wei

Lee Chong Wei

Lee Chong Wei ini mempunyai nama lengkap yaitu Datuk Lee Chong Wei. Lee Chong Wei ini mempunyai nama panggilan yaituLee. Lee lahir di Malaysia, 21-10-1982.Lee mempunyai tinggi sekitar 1,78 m dan mempunyai berat sekitar 64 kg.

Dia bermain ditunggal putra. Dan ia bermain menggunakan tangan kanan. Lee mempunyai pelatih bernama Misbun Sidek.Ia dirumorkan berpacaran dengan pemain tunggal wanita Malaysia, Wong Mew Choo.

Karir Lee ini bermain badminton pada Olimpiade Musim Panas 2004 dan menaklukan Ng Wei dari Hong Kong pada ronde pertama. Lee Chong Wei memegang rekor tak tertaklukan di semua turnamen selama tiga tahun, dari 2004 sampai 2006 dan kemenangan lain pada tahun 2008. Ia pernah menaklukan juara dunia, Lin Dan dan Taufik Hidayat.

Masalah tampaknya belum mau meninggalkan pebulu tangkis nomor satu dunia Lee Chong Wei saat ia mempersiapkan diri menghadapi Olimpiade London yang akan berlangsung bulan depan.

Saat masih dalam pemulihan dari cedera pergelangan kaki yang membuatnya tidak mampu melanjutkan memperkuat Malaysia pada Piala Thomas di Wuhan, China, yang baru lalu, persoalan lain menghampiri pebulu tangkis tersebut.

Menurut thestar.com, kemarin ayah pebulu tangkis peringkat satu dunia tersebut, Lee Ah Chai, diduga melakukan usaha bunuh diri namun berhasil digagalkan oleh polisi di Penang.

Hanya beberapa pekan sebelumnya, pada putaran final Piala Thomas di Wuhan, Chong Wei mengalami cedera pada ligamen pergelangan kakinya. Itu menjadi pukulan bagi harapannya untuk meraih medali emas Olimpiade di London.

Pada awal Maret, ia juga terpaksa tidak melanjutkan pertandingan pada final All England karena cedera bahu, sehingga memberi kemenangan bagi saingan beratnya asal China Lin Dan.

Pelatih nasional Malaysia Tey Seu Bock berharap Chong Wei diberi ruang untuk fokus pada misinya mengalahkan bintang-bintang China agar dapat memperoleh medali emas di pada kompetisi di Wembley Arena pada 28 Juli hingga 5 Agustus yang akan datang.

“Ia berhak mendapat privasi karena ia sudah banyak berkorban bagi olahraga ini dan membawa kejayaan bagi negara. Ia seharusnya dibiarkan sendiri untuk mengatasi masalah-masalah pribadinya,” kata Seu Bock.

“Chong Wei adalah seorang yang kuat dan ia akan tetap fokus pada persiapannya menuju Olimpiade London,” tambahnya.

Seu Bock mengatakan, Chong Wei baru mengambil langkah kecil dalam program rehabilitasinya sejak menderita cedera dalam pertandingan melawan Peter-Gade Christensen pada perempatfinal Piala Thomas melawan Denmark di Wuhan.

“Ia saat ini menjalani pelatihan ringan dan fokusnya sekarang adalah pada gerakan badan bagian atas. Dia dengan rajin menjalani program rehabilitasi dan bekerja sangat keras,” kata Seu Bock.

“Kami tidak tahu kapan ia akan mampu memulai latihan penuh waktu, tetapi senang melihat ada sedikit kemajuan. Yang ia perlukan saat ini adalah dukungan positif agar bisa fokus pada Olimpiade,” demikian Seu Bock.

Karena belum pulih dari cedera, Chong Wei juga tidak akan mempertahankan gelarnya di Indonesia Terbuka Super Series Premier yang akan berlangsung 12-17 Juni.

Author: 

Anhar Wahyu is The Founder of  Lintas Berita He is also Founder of Pusat Materi and WikiCaraPedia He started blogging in 2009 at Blog UMY. He stay at Yogyakarta, You can connect him via His Google+ account or Facebook.