Pengumuman Penerimaan CPNS 2012

Penerimaan CPNS 2012 akan segera dibuka, untuk dibeberapa daerah ada sedikit perbedaan pembukaan pendaftaran. Kuota CPNS baru dari pelamar umum yang sudah ditetapkan untuk instansi daerah adalah 1.904 kursi. Sedangkan untuk instansi pusat adalah 11.733 kursi. Selain itu juga ada kuota CPNS baru untuk seleksi ulangan di Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, sebanyak 236 kursi. Jadi, total ada 13.873 kuota.

Kuota penerimaan CPNS 2012 didistribusikan untuk fomasi tenaga pendidik atau guru, tenaga kesehatan, dan tenaga mendesak lainnya seperti sipir penjaga tahanan. Selain itu, di instansi pusat juga dialokasikan untuk mengisi pos CPNS ikatan dinas dan tenaga CPNS lainnya yang sekiranya dianggap kebutuhannya mendesak dan memang diperlukan. Posisi atau pos pekerjaan ini terbebas dari kebijakan moratorium CPNS baru.

Kemen PAN-RB bersama konsorsium 10 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mulai membuka pendaftaran CPNS baru formasi pelamar umum. “Rincian teknis akan kami rapatkan besok (hari ini, red),” papar Eko. Di antara yang akan dirembuk dengan konsorsium ini adalah teknis pembuatan soal ujian, pengadaan soal, pengawasan, pelaksanaan, pemantauan, pemeriksaan naskah jawaban, hingga pengumuman.

Hasil pengumuman CPNS tahun ini diambil alih oleh panitia pusat. Yakni, Kemen PAN-RB dan konsorsium 10 PTN. Cara ini merubah sistem lawas di mana pengumuman di pasrahkan ke setiap instansi pusat maupun daerah. Sistem lama ini cenderung rawan manipulasi karena instansi berpeluang merubah ketetapan hasil ujian.

Eko mengingatkan masyarakat untuk tidak tergiur iming-iming calo. Meski sudah membayar ratusan juta rupiah kepada calo atau pejabat, jika nilai ujiannya rendah, tetap dinyatakan gugur. Pemerintah juga akan menggandeng sejumlah LSM (lembaga swadaya masyarakat).

Keterlibatan LSM diharapkan mampu menekan kerawanan kolusi. Selama ini banyak dugaan CPNS yang lulus adalah titipan dari kerabat pejabat atau pejabat itu sendiri.

Eko juga berharap media masa ikut mengontrol pelaksanaan seleksi CPNS. Dia mengatakan, seleksi CPNS ini harus berjalan transparan. Pelamar dengan nilai bagus itu yang akan lolos ujian.

Bagi anda yang berniat mendaftar ada baiknya anda mempersiapkan diri dari sekarang, karena diprediksi untuk soal CPNS tahun ini akan berbeda jauh dengan soal – soal CPNS tahun – tahun sebelumnya.

Baca Juga :
Pendaftaran CPNS Kemenkumham RI 2012
Facebook Comments

Artikel Lainnya

Daftar Harga Paket Internet Smartfren Maret 2013 Daftar Harga Paket Internet Smartfren Maret 2013 - Bulan maret 2013 ini Smartfren kembali mengeluarkan tarif baru untuk paket internet baik itu kuota ...
Waktu Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2014-201... Anda ingin melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi atau universitas ? Sebelum anda memutuskan mendaftar ke universitas ada baiknya anda mencoba mendaf...
Video Aksi Polantas Bali Tilang Bule Buat Beli Bir Video Aksi Polantas Bali Tilang Bule Buat Beli Bir - Inilah aksi Polisi yang semakin memperburuk citra Kepolisian Republik Indonesia. Seorang oknum Po...
Universitas Terbaik di Jakarta Mei 2016 Memberikan predikat universitas terbaik tentu tidak semudah seperti yang kita kira. Banyak faktor penilaian yang menjadi penentu dan tentunya faktor-f...
Foto dan Biodata Personil Coboy Junior Terbaru Foto Coboy Junior Terbaru - Inilah foto - foto coboy junior terbaru yang saya ambil dari berbagai sumber, sebenarnya saya sendiri tidak seberapa minat...

5 Comments on Pengumuman Penerimaan CPNS 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*