Pengertian dan Fungsi Email

 Komputer

Pengertian dan Fungsi Email – Email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer bisa menggunakan internet atau sebatas intranet. Alamat email memiliki lokasi tertentu di Internet yang dapat ditemukan oleh server lain dan jaringan cukup mudah. Ada beberapa komponen utama alamat email dan di jadikan standar di seluruh jaringan internet.

Bagian pertama dari sebuah alamat email adalah username. Bagian kedua dari semua alamat email adalah simbol “@”, umumnya dikenal sebagai “at” simbol. Simbol ini adalah apa yang memisahkan bagian pertama dari alamat email yang disebut username dari bagian ketiga dari email yang disebut nama host atau domain. Nama host mengidentifikasi komputer server tertentu. Selain nama host, ada juga tiga huruf akhiran yang mengidentifikasi organisasi yang mengoperasikan server. Misalnya. Edu untuk institusi pendidikan seperti perguruan tinggi atau universitas. Sebuah ekstensi com. Singkatan komersial, yang berarti entitas komersial. ekstensi org singkatan organisasi, dll Menggunakan paradigma di atas, alamat email standar akan terlihat seperti berikut : lintasberita@unitedstates.edu

SMTP

SMTP singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol dan merupakan standar saat ini untuk mentransfer email seluruh internet. SMTP adalah teknologi yang efisien dan nyaman yang mulai banyak digunakan dalam tahun 1980-an dan masih relevan dengan teknologi saat ini.

SMTP menggunakan teknologi yang disebut TCP port 25. TCP port 25 membuatnya mudah untuk SMTP untuk menentukan server untuk alamat email tertentu. SMPT mampu mencari nama domain yang spesifik dan email pada pertukaran DNS (Domain Name System). Jika alamat email tidak dapat ditemukan, SMTP biasanya akan mengirimkan pengirim email tanggapan yang menyatakan bahwa alamat dapat ditemukan atau tidak ditemukan.



Keterbatasan Alamat Email

Sebuah alamat email terdiri dari empat bagian di atas yaitu , username, di simbol, nama host dan yang ketiga ekstensi email. Semua bagian ini memiliki keterbatasan tertentu sebagai berikut.

Nama (username)

Alamat email hanya boleh menyertakan karakter ASCII. Panjang username tidak boleh lebih dari 64 karakter. Username tidak sensitif huruf, tetapi biasanya ditulis dalam huruf kecil. Username dapat mencakup semua huruf besar dan huruf kecil. Hal ini juga dapat mencakup angka dari 0-9. Username bagian dari alamat email juga dapat menggunakan karakter ASCII berikut! # $% & ‘* + – / =? ^ _ `{|} ~ Namun, karakter ini biasanya jarang digunakan karena mereka tidak mudah diidentifikasi atau digunakan dalam komunikasi umum. Symbol titik “.” Dapat digunakan dalam alamat email asalkan bukanlah karakter pertama atau terakhir.

Simbol @ atau “at”

“at” simbol (@) adalah satu-satunya simbol yang dapat digunakan untuk memisahkan nama pengguna dan nama host.

Host Name (kadang-kadang disebut sebagai Domain Name)

Nama host sedikit lebih ketat dalam simbol-simbol yang dapat digunakan. Misalnya, nama host hnaya dapat mencakup semua huruf, angka dan karakter tanda hubung. Huruf yang digunakan dalam nama host atau kadang-kadang disebut sebagai nama domain tidak case sensitif.

Perpanjangan Domain

Semua alamat email harus menyertakan ekstensi didefinisikan seperti. Com,. Org,. Edu, dll

Email biasanya diakses dari email client yang disimpan pada komputer pribadi. Misalnya, Microsoft membuat email client yang disebut MS Outlook. Email yang ditujukan dan dikirim kepada Anda disalurkan dan disimpan langsung ke komputer Anda. Untuk mengakses email Anda, Anda harus menggunakan komputer yang terdapat email client.

Web mail adalah email standar, namun bukan itu yang hanya dapat diakses dari email client terletak di salah satu comuter, email tersebut disimpan di lokasi sentral di internet, di mana aplikasi web yang digunakan untuk mengaksesnya. Web mail dapat diakses dari komputer manapun dengan koneksi internet dan browser yang berbeda. Beberapa layanan web mail yang populer adalah Yahoo Mail, Google Gmail dan Hotmail Microsoft.

Bagi anda yang belum memiliki alamat email bisa membaca tulisan saya berikut ini yaitu : Cara Daftar Email semoga tulisan saya tentang Pengertian dan Fungsi Email ini bisa menambah referensi bagi anda semua

Author: 

Anhar Wahyu is The Founder of  Lintas Berita He is also Founder of Pusat Materi and WikiCaraPedia He started blogging in 2009 at Blog UMY. He stay at Yogyakarta, You can connect him via His Google+ account or Facebook.

No Responses

Leave a Reply