Pendaftaran Penerimaan Taruna Sekolah Tinggi Perikanan 2014

Sekolah Tinggi Perikanan atau biasa disingkat dengan STP adalah salah satu sekolah kedinasan yang ada di Indonesia. Seluruh biaya pendidikan di STP ditanggung oleh negara jadi anda tidak akan dipungut biaya sepeserpun untuk biaya pendidikan selama belajar di STP.

Kampus STP
Kampus STP

Banyak lulusan SMA/SMK/MA yang tidak mengetahui keberadaan Sekolah Tinggi Pertanian ini, mungkin minimnya sosialisai menjadi faktor penyebabnya padahal STP adalah salah satu Sekolah Kedinasan yang ada di Indonesia yang Ikatan Dinas, artinya setelah lulus akan langsung diangkat menjadi PNS.

Untuk informasi lebih lengkap tentang STP anda bisa lihat tulisan saya sebelumnya yang berjudul Sekolah Tinggi Perikanan STP 2013

Berikut ini saya akan informasikan tentang Pendaftaran Penerimaan Taruna Sekolah Tinggi Perikanan Tahun 2014, silahkan anda baca baik-baik dan segera persiapkan diri anda sebaik mungkin.

Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta memanggil putra-putri terbaik Indonesia untuk dididik sebagai Taruna Diploma IV dan menjadi tenaga profesional bidang Kelautan dan Perikanan. Penerimaan Taruna Baru Sekolah Tinggi Perikanan dibagi menjadi 2 (dua) Jalur, yaitu Jalur Umum dan Jalur Khusus, dengan ketentuan sebagai berikut :

A. Persyaratan Calon Peserta

  1. Berijazah SMA/MA (IPA/IPS), SUPM dan SMK (Bidang/Program Studi Perikanan, Kelautan, Pelayaran, Teknik Perkapalan, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Kimia dan Agribisnis Perikanan.
  2. Batas usia pada tanggal 31 Agustus 2014
    • Jalur Umum 22 Tahun
    • Jalur Umum PNS 30 Tahun
    • Jalur Khusus Pumakan 25 Tahun
    • Jalur Khusus Anak Pumakan 22 Tahun
  3. Belum pernah menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  4. Tinggi badan minimum Pria: 160 cm dan Wanita: 150 cm, dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
  5. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, tidak buta warna serta tidak hamil selama mengikuti pendidikan. (baca juga: Tes Buta Warna Sederhana)
  6. Masa kerja sebagai PNS minimum 2 (dua) tahun.
  7. Mendapat izin dari pimpinan instansi/unit kerja bagi yang sudah PNS.
  8. Nilai Daftar Penilaian Prestasi Pegawai (DP3) 2 tahun terakhir rata-rata dalam kriteria baik.
  9. Berkelakuan baik.

PERSYARATAN KHUSUS

  1. Program Studi TPI dan MP peserta khusus putra dan tidak berkaca mata/lensa kontak.
  2. Program studi pilihan bagi calon dari SUPM dan SMK disesuaikan dengan program keahliannya.

B. TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Peserta wajib mempelajari semua ketentuan dan persyaratan pendaftaran melalui wabsite STP www.stp.kkp.go.id
  2. Penjelasan Jalur Umum dan Jalur Khusus dapat dilihat pada Lampiran I
  3. Peserta memilih Program studi Pilihan I dan Pilihan II, sesuai dengan KualifikasiPendidikan. Pilihan program studi dapat dilihat dalam Lampiran II
  4. Peserta harus melakukan pendaftaran secara online melalui wabsite STP www.stp.kkp.go.id (disarankan menggunakan browser Mozila Firefox, Internet Explorer atau Opera) dan print out/cetakan bukti pendaftaran online
  5. Peserta hanya dapat melakukan pendaftaran satu kali secara online dan tidak dapat diubah.
  6. Peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 75.000,- melalui rekening 0147374582 a.n Bendahara Penerimaan STP, Bank BNI 46 Cabang Fatmawati Jakarta.
  7. Petunjuk pendaftaran dapat dilihat dalam Lampiran III

C. WAKTU PENDAFTARAN

  1. Pendaftaran peserta jalur umum (Umum dan PNS) Rayon Pusat/Jakarta dimulai tanggal 01 April s/d 26 Mei 2014 secara online melalui Website STP www.stp.kkp.go.id dan melakukan daftar ulang dengan melampirkan print out hasil registerasi online dan bukti setoran uang pendaftaran yang dilaksanakan pada tanggal 30 Mei 2014 di Sekolah Tinggi Perikanan.
  2. Pendaftaran peserta jalur khusus (Pumakan dan Anak Pumakan) dimulai tanggal 03 Maret s/d 25 April 2014 secara online melalui Website STP www.stp.kkp.go.id dan mengirimkan berkas pendaftaran via pos paling lambat diterima Panitia tanggal 25 April 2014 pukul 16.00 WIB. 
  3. Pendaftaran peserta jalur umum (Umum dan PNS) Rayon Daerah dimulai tanggal 01 April s/d 12 Mei 2014 secara online melalui Website STP www.stp.kkp.go.id dan melakukan daftar ulang dengan melampirkan berkas pendaftaran yang dilaksanakan di masing-masing Rayon.

animasi-2
D. TAHAPAN SELEKSI

  1. Pengumuman
    • Pengumuman Penerimaan Taruna Baru Sekolah Tinggi Perikanan Tahun 2014 dimulai dari tanggal 03 Maret 2014 dan Pendaftaran dilakukan secara online melalui website STP www.stp.kkp.go.id.
    • Pendaftaran online dapat dilakukan mulai tanggal 05 Maret 2014 bagi peserta Jalur Khusus dan tanggal 01 April 2014 bagi peserta Jalur Umum.
  2. Registerasi Ulang dan Penukaran Nomor Ujian 
    • Rayon Pusat/Jakarta direncanakan pada tanggal 30 Mei 2014 pukul 08.00-16.00 WIB di Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta.
    • Registerasi Ulang peserta Rayon Daerah dilaksanakan pada saat pendaftaran di Lokasi Pendaftaran Ujian sesuai pilihan peserta.

E. Ujian seleksi

  • Jalur Umum
    • Rayon Daerah dilaksanakan tanggal 19 s/d 23 Mei 2014 di masing-masing tempat pendaftaran dan Uji Akademik dilaksanakan menggunakan Sistem Paper Based Test (PBT).
    • Rayon Pusat/Jakarta Tahapan seleksi Rayon Pusat/Jakarta menggunakan SISTEM GUGUR, meliputi:
      • Tahap I dilaksanakan pada tanggal 02 s/d 06 Juni 2014 dan Uji Akademikdilaksanakan menggunakan Sistem Computer Based Test (CBT);
      • Tahap II, dilaksanakan tanggal 16 s/d 20 Juni 2014
  • Jalur Khusus 
    • Tahap I (Seleksi Administrasi), dilaksanakan mulai tanggal 03 Maret s/d 25 April 2014
    • Tahap II, dilaksanakan tanggal 19 s/d 23 Mei 2014 bagi peserta yang dinyatakan Lulus Tahap I (Seleksi Administrasi). 

4. Pengumuman seleksi

  • Jalur Umum
    • Pengumuman Rayon daerah direncanakan tanggal 04 Juli 2014 melalui website STP www.stp.kkp.go.id 
    • Pengumuman Tahap I Rayon Pusat direncanakan tanggal 11 Juni 2014 di Kampus Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta; 
    • Pengumuman Tahap II Rayon Pusat direncanakan tanggal 04 Juli 2014 di Kampus Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta melalui website STP www.stp.kkp.go.id 
  • Jalur Khusus 
    • Pengumuman Tahap I direncanakan tanggal 09 Mei 2014 melalui website STP www.stp.kkp.go.id 
    • Pengumuman Tahap II direncanakan tanggal 04 Juli 2014 melalui website STP www.stp.kkp.go.id 

F. MATERI UJIAN

  1. Uji Akademik
    • Meliputi : Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.
  2. Uji Fisik 
    • Meliputi : Lari, Push-Up, Sit-Up, Pull-Up/Cinning dan Performance.
  3. Uji Kesehatan 
    • Meliputi : Riwayat dan terapi penyakit, diagnosis fisik (Keadaan umum, Thorax, Abdomen, Genitalis, Externistas), nadi dan tekanan darah, THT, Mata (Pemeriksaan Visus, Kelainan pada Mata dan Buta warna), Gigi, Rontgen Thorax, Laboratorium (urine lengkap, darah lengkap, LED, SGOT, SGPT, Ureum, Kreatinin, Hbs.Ag, dan Test Kehamilan). 
  4. Uji Psikotest 
    • Meliputi : Tes Kecerdasan, Kepribadian, dan Sikap.
  5. Uji Wawancara 
    • Meliputi : Penampilan, Kepribadian, Motivasi, Wawasan dan Penalaran.

Itulah sedikit informasi tentang Pendaftaran Penerimaan Taruna Sekolah Tinggi Perikanan 2014, untuk info lebih lengkapnya silahkan langsung anda kunjungi website resmi STP.

Artikel Terkait :

 

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Prosedur Pendaftaran STP Bandung Tahun 2017 Penerimaan Mahasiswa Baru untuk Seleksi Mandiri (SMM) D3, D4, S1 & S2 STP Bandung telah dibuka sejak tanggal 13 Februari 2017. Sistem pendaftaran ...
Soft Copy Soal 12 Tahun Terakhir USM STAN Soft Copy Soal 4 Tahun Terakhir USM STAN - STAN tahun 2014 ini kembali membuka pendaftaran Mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2014 / 2015. Perlu diketa...
Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Sandi Neg... Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Sandi Negara 2013 - Sudah pernah dengar belum tentang Sekolah Tinggi Sandi Negara ? Sekolah Tinggi ini adalah...
Syarat dan Prosedur Pendaftaran Calon Taruna STPI ... Syarat dan Prosedur Pendaftaran Calon Taruna STPI 2013 - Inilah info tentang persyaratan dan prosedur pendaftaran calon taruna Sekolah Tinggi Penerban...
Penerimaan Pendaftaran Taruna DI STPN 2014 Penerimaan Pendaftaran Taruna DI STPN 2014 - Akhirnya setelah adanya isu bahwa DI STPN (Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional) akan ditutup alias tidak m...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*