Optimasi Jejaring Sosial VS SEO

Facebook
Facebook

Sebuah situs yang bagus adalah situs yang bermanfaat bagi para pembacanya, menarik serta mampu memberikan informasi yang dicari oleh para pengunjungnya. Didalam dunia internet para pemakai internet sekarang tentu mengandalkan hasil pencarian dari sebuah mesin pencari contohnya google dan yahoo, dan seiring dengan ketatnya persaingan di internet sebuah web yang bagus, menarik akan percuma jika tidak dapat ditemukan oleh para pengunjungnya. Maka dari itu diperlukan lah beberapa teknik Optimasi SEO agar sebuah situs dapat tampil di halaman awal sebuah mesin pencari.

Pada awalnya hasil pencarian di mesin pencari hanya berdasarkan ” meta tag ” atau ” keyword ” yang ditentukan oleh para webmaster sebuah situs, dari situ mesin pencari kemudian mengelompokan atau mengurutkan posisinya dihasil pencarian mereka, dahulu dengan memanipulasi ” meta tag ” atau memperbanyak keyword walaupun tidak sesuai dengan isi konten bisa mendongkrak posisi sebuah web di situs pencari tetapi teknik tersebut sudah tidak bisa lagi digunakan. Setelah itu lalu muncul namanya ” Page Rank “, semakin tinggi page rank semakin mudah juga sebuah situs mendapatkan posisi yang baik. Dan untuk saat ini faktor yang menjadi penentuan posisi di sebuah mesin pencari dengan kata kunci tertentu semakin rumit dan susah, contohnya Google dan Yahoo dua mesin pencari yang paling terkenal, mereka dalam menentukan posisi SERP sangat bertolak belakang sekali. Untuk saat ini Google lebih mengutamakan kualitas konten serta penerapan SEO on Page dalam menentukan posisi sedangkan Yahoo masih mengutamakan jumlah link / tautan yang dihasilkan dari sebuah konten serta penerapan SEO Off Page.

Tiap search engine tentu memiliki cara dan teknik yang berbeda-beda tergantung kebijakan mereka masing-masing. Untuk mempelajari SEO bisa dibilang sangat susah, butuh waktu serta pembuktian yang agak lama, ibarat sebuah ilmu, seo adalah ilmu yang tidak pasti, tidak bisa dihitung dengan pasti dan hasilnya pun tidak bisa ditebak, walaupun kita menerapkan teknik seo yang sama tetapi hasilnya bisa berbeda.

Untuk sebuah situs pribadi mungkin tidak menjadi masalah jika situs mereka muncul di halaman bawah tetapi untuk situs yang bertujuan untuk bisnis dan promosi tidak mendapat posisi SERP yang baik di mesin pencari adalah sebuah kerugian yang sangat besar. Mesin pencari bisa di ibaratkan sebuah pasar yang potensial untuk mendatangkan pengunjung dengan datangnya pengunjung diharapkan tingkat penjualan juga bisa meningkat, sebab jarang sekali kita akan membuka halaman dari hasil pencarian sebuah keyword sampai halaman diatas 3.

Lalu bagaimana jika posisi SERP situs kita tidak begitu baik ? jangan langsung berputus asa sebab masih banyak cara lain yang bisa kita lakukan. Karena internet ibaratnya sebuah dunia yang sangat luas jadi pengunjung tidak hanya berasal dari search engine saja. Saat ini Jejaring Sosial adalah salah satu alternatif yang terbaik kenapa tidak ? karena didalam Jejaring Sosial kita bisa menentukan sendiri segmen pasar dari situs kita, contohnya kita memiliki situs yang menjual busana wanita tentu saja didalam jejaring sosial kita lebih mengutamakan menambah teman wanita dibanding pria. Jejaring sosial yang paling umum dan sudah sangat familiar dengan kita adalah Facebook dan Twitter. Dari dua jejaring sosial ini saja kita bisa mendapatkan banyak pengunjung.

Keuntungan kita melakukan optimasi situs kita pada sebuah jejaring sosial adalah :

  • Kita bisa menentukan sendiri target pasar yang kita inginkan, tentu saja ini sesuai dengan isi dari situs kita.
  • Kita bisa menentukan lokasi pasar yang kita inginkan karena setiap orang dalam jejaring sosial pasti menampilkan domisili dimana mereka tinggal.
  • Promosi bisa kita lakukan berkali – kali, dimana saja dan kapan saja.
  • Penggunaan Jejaring Sosial yang mudah menjadi nilai lebih bila dibandingkan dengan SEO.

Bayangkan saja jika misalnya kita memiliki teman maksimum di Facebook yaitu 5.000 dan Follower di Twitter 1.000 bisa kita bayangkan jika 10 % dari mereka itu membuka halaman yang kita bagikan berarti kita sudah mendapatkan traffic sekitar 600 dan dari 600 orang tersebut 10 % nya tertarik dengan produk yang kita tawarkan melalui tautan kita berarti kita sudah mempunyai  calon pembeli 60 orang.

Ada lagi keuntungan yang kita peroleh yaitu secara tidak langsung posisi SERP kita di mesin pencari juga akan ikut terdongkrak seiring dengan banyaknya traffic yang mengalir ke situs kita. Jadi tidak perlu pusing dengan teknik optimasi SEO yang terlalu melelahkan dan membutuhkan waktu tersebut.

Tetapi lebih baik lagi jika kita bisa meng Optimasi Jejaring Sosial dan SEO kita bagus dan di jejaring sosial kita aktif juga.

Tulisan ini ada juga di Media Kompasiana
Facebook Comments

Artikel Lainnya

Rangking FIFA Juli 2012 Perhelatan akbar Piala EURO 2012 baru saja selesai digelar, banyak sejarah terjadi dalam event tersebut dan seperti yang kita ketahui semua Spanyol ke...
Tania Head Menipu Korban WTC 9/11 Amerika Selama 4... Tania Head alias Alicia Esteve Head Tania Head Perempuan kelahiran 1973 asal Spanyol ini bikin heboh New York selama 2003 - 2007. Tania Head jago bet...
Pembantaian Etnis Tionghoa Tahun 1740 Batavian, pada tahun 1740 terjadi suatu peristiwa berdarah yang berhubungan dengan Kali Besar. Selama beberapa waktu, imigran Tionghoa banyak yang dat...
Peringkat Webometrics Indonesia Update Juli 2012 Peringkat Webometrics Indonesia Update Juli 2012 - Webometrics sebagai salah satu standar dalam penilaian Universitas Terbaik di seluruh dunia bulan J...
SAVE KPK SAVE KPK - Selamatkan KPK itulah sebenarnya yang harus kita lakukan jika kita ingin negara kita bebas dari praktik korupsi. Mau tidak mau, suka atau t...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*