Optimasi Dasar SEO WordPress

Pada artikel kali ini Lintas Berita akan sedikit berbagi tentang bagaimana langkah awal atau Optimasi Dasar SEO WordPress, tetapi sebelumnya teknik dibawah ini hanya untuk wordpress yang menggunakan hosting sendiri jadi untuk teman blogger yang menggunakan wordpress secara gratis belum bisa menerapkannya pada blog wordpressnya.

Bagi yang masih gelap tentang SEO bisa baca – baca tulisan saya mengenai blogging  sedangkan bagi teman yang sudah mahir dan jago mari kita saling berbagi dengan teman – teman lainnya.

Oke langsung saja ya, Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah kita harus sudah terdaftar dalam webmaster google dan bing, bagi yang belum tahu caranya bisa membaca artikel tentang Cara daftar / submit blog ke search engine.

Langkah kedua adalah kita harus mempersiapkan :

  1. Plugin seo all in seo pack 1.6.14.6 bisa download di http://wordpress.org/extend/plugins/all-in-one-seo-pack/
  2. Plugin xml sitemap v3 for q translate 3.2.8.1 bisa download di http://wordpress.org/extend/plugins/google-xml-sitemaps-v3-for-qtranslate/

Kedua plugin diatas anda upload dan kemudian install kedalam hosting anda masing – masing. Untuk Optimasi dasar sudah cukup dengan 2 langkah diatas karena jika terlalu banyak nanti malah membingungkan.

Fungsi dari all in seo pack adalah menambahkan description serta keyword pada website kita dan juga memperkuat keyword seo pada postingan artikel kita. Sedangkan untuk plugin xml sitemap adalah fungsinya untuk pemetaan dalam website kita, plugin ini berguna nanti jika kita ingin submit sitemap di webmaster google dan bing.

Mengenai cara setting dasar Optimasi SEO untuk wordpress adalah sebagai berikut ini :

  • Masuk ke akun wordpress anda lalu anda masuk ke bagian settings untuk pertama kali ( fungsinya adalah mengubah permalinks , nama web dan description web anda)
  • Settings -> General : Masukan site title dengan nama site title anda misal ( Lintas Berita ), Untuk Tag line misal ( Flash News | Info Terbaru | Update Berita | Blog Informasi | Jasa Backlink | Jual Backlink )
  • Settings -> Discussion : Lihat contoh gambar hanya bagian default artikel yang di settings checklist.

  • Settings-> Permalinks : Ikuti gambar seperti di bawah ini. Untuk kolog Tag biarkan kosong saja. Setting permalink ini sebaiknya dilakukan pada saat blog kita masih baru atau belum memiliki link artikel karena jika kita mengganti permalinks ini akan berpengaruh indeks artikel / tulisan kita yang sudah tercatat pada mesin pencari.

Jangan lupa setiap melakukan perubahan diatas langsung di Save, setelah selesai maka kita akan beralih ke setting plugin All in One SEO, langkah – langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke bagian plugin -> installed plugins untuk install plugin lakukan install untuk ke dua plugin tersebut. Dan aktifkan kedua plugin tersebut.
  • Masuk ke settings -> all in one seo dengan setingan seperti berikut :

Ganti home title, home description samakan dengan yang ada di menu settings -> general sedangkan untuk keyword bisa anda pilih sendiri sesuai keinginan masing – masing.

 Selanjutnya samakan settingnya dengan gambar diatas

Anda bisa mengisi data dengan profile akun Google + dan akun Google Analytic anda. Untuk setting selanjutnya biarkan saja kosong, setelah selesai jangan lupa klik Save atau Update Options. Setelah itu kita akan beralih ke setting untuk plugin xml – sitemap. Setings seperti pada gambar dibawah ini :

Dan jika sudah seperti gambar di bawah anda klik update options lalu klik rebuild sitemap yang paling atas agar sitemap tersebut bisa mulai berfungsi.

Untuk pengaturan robots.txt anda bisa masuk ke cpanel dengan menambahkan file baru dan  pilih ke home directory dengan nama robots.txt dengan menambahkan script di cpanel anda dengan script di bawah ini

User-agent: Googlebot
Disallow: /*.php$
Disallow: /*.js$
Disallow: /*.inc$
Disallow: /*.css$
Disallow: /*?
Disallow: /*/2$
Disallow: /*/3$
Disallow: /*/4$
Disallow: /*?comments=true$
Disallow: /*?postcomment=true$
User-agent: ia_archiver

Disallow: /
User-agent: duggmirror

Disallow: /
User-agent: *
Disallow: /cgi-bin/
Disallow: /scripts/
Disallow: /tmp/
Disallow: /wp-admin/
Disallow: /wp-includes/
Disallow: /wp-content/plugins/
Disallow: /wp-content/cache/
Disallow: /wp-content/themes/
Disallow: /wp-login.php
Disallow: /wp-register.php
Disallow: /author/
Disallow: /trackback/
Disallow: /feed/
Disallow: /comments/
Disallow: /tags/
Disallow: /tag/

Sitemap: http://www.lintasberita.web.id/sitemap.xml

Jika sudah klik save. Dan untuk lihat hasilnya contoh http://lintasberita.web.id/robots.txt

Begitulah Optimasi Dasar SEO WordPress yang minimal harus kita lakukan.

Semoga Bermanfaat.

Jangan lupa untuk bergabung di Halaman Facebook Lintas Berita di link berikut ini : Facebook Lintas Berita ditunggu jempolnya yah !

Baca juga artikel tentang :

Cara Meningkatkan Rangking Website dan Blog

Cara Meningkatkan Alexa Rank

Cara Sederhana Menambah Backlink

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Melihat Dari Dekat Rumah Kelahiran Ketua MK Melihat Dari Dekat Rumah Kelahiran Ketua MK - Tulisan pada artikel ini saya kutip langsung dari website Mas Harja Saputra yaitu www.harjasaputra.com B...
Cara Membuat Sitemap WordPress Cara Membuat Sitemap WordPress - Mungkin diantara pembaca sekalian masih ada yang belum mengerti tentang sitemap ada baiknya membaca artikel Lintas Be...
Manfaat dan Kegunaan Sitemap Manfaat dan Kegunaan Sitemap - Bagi para blogger mungkin sudah tidak asing dengan kata sitemap, tetapi sebenarnya apa sih manfaat dan kegunaan sitemap...
Google Lebih Suka Fresh Artikel Ada pengalaman yang bisa saya ambil semenjak saya mengikuti beberapa kontes SEO yang saat ini sedang diadakan, diantara kontes seo tersebut saya bisa ...
10 cara membuat Blog kita menjadi Populer Ini ada beberapa cara yang cukup kreatif untuk membuat blog Anda lebih terkenal dan ramai dikunjungi. ya semoga bisa menjadi populer, silahkan dicoba:...

3 Comments on Optimasi Dasar SEO WordPress

  1. mas anhar mau tanya saya kemaren ngrubah permalinks setting seperti yang diajarkan mas anhar /%post name%/ .html , setelah aku search di google kok muncul “maaf halaman anda tidak bisa ditemukan”, apakah ini dikarenakan saya ubah permalink nya ya? dan apakah nanti ama mbah google akan muncul lagi?
    makasih mas atas jawabannya

    • seperti pada tulisan saya diatas.
      Setting permalink ini sebaiknya dilakukan pada saat blog kita masih baru atau belum memiliki link artikel karena jika kita mengganti permalinks ini akan berpengaruh indeks artikel / tulisan kita yang sudah tercatat pada mesin pencari.

      Dan untuk blog / domain yang memiliki hosting sendiri artinya untuk blog subdomain tidak bisa diterapkan seperti di blog umy

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*