Nilai Tambah dan Faktor Kali Dalam Bisnis Online

Nilai Tambah dan Faktor Kali Dalam Bisnis Online – Bisnis online saat ini adalah salah satu kesempatan yang masih terbuka luas bagi setiap orang. Setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam menjalankan bisnis secara online. Begitu juga dengan anda semua, terlepas dari anda memiliki produk sendiri, keahlian khusus, bahkan walaupun anda tidak memiliki produk pun anda tetap memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis online.

Sungguh sangat disayangkan jika anda memiliki kemampuan di suatu bidang tetapi tidak anda manfaatkan secara online. Seperti kata Bapak Tung Desem Waringin “Orang kaya mengumpulkan uang jauh lebih banyak dari pada orang biasa dalam rentang waktu yang sama karena orang kaya menggunakan nilai tambah dan faktor kali. Sementara orang biasa hanya menggunakan nilai tambah.”

Apa itu nilai tambah dan faktor kali ? Nilai tambah adalah kelebihan yang dimiliki oleh produk atau jasa yang kita tawarkan kepada konsumen. Faktor kali adalah bagaimana kita bisa menjual jauh lebih banyak produk atau jasa tersebut sehingga penjualan dapat meningkat jauh dari cara menjual yang biasa.

Faktor Kali

Mungkin contoh berikut dapat memberikan ilustrasi sehingga dapat memperjelas apa itu yang disebut nilai tambah dan faktor kali.

Dari segi penjualan, operating system milik Macintosh, Mac OS, kalah jauh dari penjualan operating system milik Microsoft, Ms-Windows. Mengapa demikian ? Terlepas dari tujuan Macintosh mengenai eksklusifitas penggunaan Mac OS, Microsoft menggunakan faktor kali yang jauh lebih besar dari pada Macintosh.

Kita mengetahui bahwa kedua operating system tersebut masing-masing memiliki nilai tambah yang berbeda. Windows memiliki kompatibilitas yang baik sekali untuk banyak aplikasi agar dapat diinstall kedalamnya. Sementara Mac OS memiliki stabilitas yang baik sekali, seperti kekebalannya terhadap virus komputer. Masing-masing memiliki nilai tambah yang berbeda-beda.

Namun dalam hal penjualan, Macintosh hanya mengandalkan dua jalur penjualan, yakni :

  1. Penjualan solo software Mac OS
  2. Penjualan bundling dengan hardware komputer Mac

Sementara Microsoft mengandalkan banyak sekali jalur penjualan, yakni :

  1. Penjualan solo software Windows
  2. Penjualan bundling dengan hardware komputer Toshiba
  3. Penjualan bundling dengan hardware komputer Acer
  4. Penjualan bundling dengan hardware komputer Dell
  5. Penjualan bundling dengan hardware komputer Lenovo
  6. Penjualan bundling dengan hardware komputer Sony
  7. Penjualan bundling dengan hardware komputer Samsung
  8. Penjualan bundling dengan hardware komputer Axioo
  9. Penjualan bundling dengan hardware komputer Zyrex
  10. Penjualan bundling dengan hardware komputer IBM
  11. dan penjualan bundling dengan hardware komputer lainnya

Inilah yang menyebabkan Bill Gates menjadi orang terkaya di dunia dari Perusahaan Microsoftnya.

Saya yakin sebenarnya banyak Faktor X yang anda miliki, hanya sebenarnya anda belum mengetahuinya. Mencoba, mencoba dan terus mencoba adalah salah satu hal yang harus terus kita lakukan dalam menjalankan bisnis secara online.

Bagi anda yang memiliki keahlian khusus yang memiliki nilai jual jangan ragu untuk menawarkannya secara online, jangan takut juga mengandalkan berbagai macam cara penjualan seperti yang Bill Gate lakukan. Memberi komisi / affiliate memang mengurangi keuntungan anda tetapi jika penjualan anda berlipat semakin banyak tentu anda tidak akan rugi.

Begitu juga dengan anda yang tidak memiliki produk maupun keahlian apapun, jangan ragu masih banyak jalan yang bisa anda lakukan asalkan anda mau sedikit berusaha. Dalam ekonomi ada istilah High Return = High Risk. Jangan takut mencoba, jangan berpikir untung rugi dahulu sebelum memulai sebuah bisnis online.

Sebelum memulai sebuah [highlight type=”label” style=”success”]Bisnis Online[/highlight] anda bisa menggunakan Analisis SWOT (Kekuatan, Kelemahan, Kesempatan, Ancaman) sebagai bahan analisis awal anda. Silahkan anda baca dengan singkat terlebih dahulu tentang [highlight type=”label” style=”blue”]Analisis SWOT[/highlight] karena teori tersebut sangat bermanfaat sekali.

Jadi tidak ada salahnya jika kita mulai saat ini mempelajari dan menerapkan [highlight type=”label” style=”green”]Nilai Tambah dan Faktor Kali Dalam Bisnis Online[/highlight] karena siapa lagi yang akan merubah nasib kita kecuali diri kita sendiri (QS. Ar-Ra’du (13):11

Otak Anda adalah “Pabrik Pikiran” 

Pabrik yang selalu sibuk menghasilkan pikiran yang tak terhitung setiap jamnya

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Cara Mudah Menjual Domain Sebenarnya ada beberapa cara untuk menjual sebuah domain namun pada tulisan ini saya akan menjelaskan salah satu cara menjual domain melalui perantara...
10 cara membuat Blog kita menjadi Populer Ini ada beberapa cara yang cukup kreatif untuk membuat blog Anda lebih terkenal dan ramai dikunjungi. ya semoga bisa menjadi populer, silahkan dicoba:...
Benarkah Biaya Hidup di Jogja Murah ? Yogyakarta adalah tempat tujuan paling favorit di Indonesia, siapa yang tidak tahu dengan Yogyakarta, di kota yang disebut juga sebagai kota pelajar i...
Menghilang dari Search Engine Pernahkan anda mengalami artikel / tulisan anda menghilang dari seacrh engine  google ? jika anda pernah mengalaminya mungkin anda sudah mengetahui te...
Blogger Plagiat Blogger Plagiat - Blogger menurut saya adalah seorang yang memiliki dan mengurus sebuah blog atau website secara pribadi. Dengan memiliki blog yang ak...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*