Mengenal SEO On Page dan Off Page

Dalam dunia SEO ada istilah SEO On Page dan SEO Off Page. Keduanya adalah faktor yang harus anda kenali apabila ingin sukses menjadi pemenang dalam persaingan optimasi search engine.

seo
SEO

SEO On Page

SEO On Page adalah segala bentuk teknik optimasi search engine yang dilakukan pada blog atau website yang dimaksud.

Beberapa contoh penerapan SEO On page :

  1. Penggunaan nama domain
  2. Judul Blog
  3. Judul Po sting
  4. Deskripsi
  5. Penggunaan Headings (H1,H2,H3, dst…)
  6. Penggunaan kata tebalmiring, garis bawah, dan lain sebagainya.
  7. Internal linking ( tautan ke halaman posting lain yang masih dalam bagian blog yang dimaksud)
  8. Memepercepat waktu akses blog
  9. Penggunakan tag alt pada setiap gambar
  10. Dan asih banyak lagi yang lainnya.

SEO Off Page

SEO Off Page adalah segala bentuk teknik optimasi search engine yang di lakukan di luar blog atau website yang di maksud. Lho ko bisa SEO dilakukan diluar blog yang sedang di optimasi? iya bisa dan harus di lakukan.

Beberapa contoh SEO Off Page :

  1. Backlink dari website atau blog lain.
  2. Submit site map ke webmaster tools
  3. Ping

Backlink adalah tautan dari blog atau website lain ke blog atau website anda. Sebuah backlink diibaratkan adalah sebuah rekomendasi, semakin banyak yang merekomendasikan maka blog anda akan lebih mendapatkan perhatian dari search engine.

Saya ambil ilustrasi, apabila dalam sebuah pemilihan, katakanlah pemilihan kepala desa. Untuk memilih seorang kepala desa, yang pertama kita lihat adalah track record kepada calon kepala desa tersebut, bagaimana dia bertingkah laku dalam masyarakat, bagaimana dia berbicara, dan lain sebagainya.

Selain dari faktor calon kepala desa nya sendiri, seringkali kita juga melihat siapa yang mendukung calon kepala desa tersebut. Semakin banyak dukungan ( kadang kita melihat jumlah dukungan pada saat kampanye berlangsung) maka terkadang kita terbawa arus untuk ikut mendukung juga. Selain dari jumlah dukungan, seringkali kita juga melihat siapa yang mendukung, Tokoh masyarakat misalnya. Semakin banyak tokoh masyarakat yang mendukung, maka kita juga akan lebih mempercayai calon kepala desa tersebut.

Dalam konteks ini, search engine pun melihat backlink bukan hanya dari segi jumlah, namun dari segi kualitas link tersebut. Semakin banyak anda mendapatkan link dari website yang berkualitas (trusted site) maka niscaya anda akan semakin di prioritaskan oleh Search Engine.

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Stop Illegal Downloading Tekad Tifatul Sembiring  sebagai Menkominfo untuk membudayakan Internet yang sehat dan aman nampaknya semakin serius, belum lama ini dia menyatakan du...
Nilai Tambah dan Faktor Kali Dalam Bisnis Online Nilai Tambah dan Faktor Kali Dalam Bisnis Online - Bisnis online saat ini adalah salah satu kesempatan yang masih terbuka luas bagi setiap orang. Seti...
Inilah Cara Mendapatkan Traffic dan Backlink Dari ... Semua orang pasti sudah pada tahu apa itu Wikipedia, jadi disini saya tidak perlu menjelaskan secara detail tentang apa itu wikipedia. Jika kita menca...
Tampilan Baru Lintas Berita Tampilan Baru Lintas Berita - Setelah berusia 1 tahun 2 bulan akhirnya Lintas Berita melakukan perubahan besar dari segi tampilan atau theme. Keputusa...
Cara Membuat Toko Online Lintas Berita - Cara Membuat Toko Online Tanpa Modal akan kami bagikan kepada anda semua para calon pengusaha sukses sekalian. Dewasa ini sudah tidak ...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*