Mengenal Istilah Blackberry Garansi Resmi, Distributor dan BM

Mengenal Istilah Blackberry Garansi Resmi, Distributor dan BM – Saat anda akan membeli Smartphone Blackberry tentunya anda akan mendengar istilah seperti garansi resmi, distributor dan Black Market atau BM. Tetapi apakah anda sudah tahu dengan istilah-istilah tadi. Jika anda belum tahu ada baiknya anda membaca infonya berikut ini.

Logo Blackberry

  • Handphone Blackberry  “Baru” Garansi Resmi, penekanannya disini adalah istilah “baru”. Apa dan bagaimanakah kondisi handphone Blackberry bisa disebut dengan “baru” ? Suatu unit handphone bisa disebut “baru” adalah jika masih terbungkus rapi dan tersegel secara resmi melalui distributor yang resmi pula, tidak masalah dimanapun atau pada siapapun kita membelinya. Yang disebut garansi resmi Blackberry adalah TAM, Selular Shop, dan CTN / Trikom, adakah yang lain ? Standard quality control dari distributor resmi dari setiap produk yang dipasarkan bisa dipertanggungjawabkan, mulai dari kelengkapan, aksesoris, sampai kekonsistenan kualitasnya masing masing, dan itu diperkuat dengan garansi yang menyertainya.
  • Istilah Blackberry garansi “distributor”, adalah produk yang dikeluarkan oleh distributor selain ketiga distributor yang resmi diatas, misalnya Berrindo, Bless, Catur Utama, dan sebagainya. Diperumit lagi dengan pemalsuan produk yang seakan keluaran distributor tersebut, hal ini dikarenakan banyak dan mudahnya akses pelengkap mulai dari dos, segel, bahkan sampai stiker “DJPT” sebagai penanda keluaran garansi distributor yang dimaksud. Cara ini biasanya dipakai dan relatif aman karena kecil kemungkinan user/konsumen akan mengajukan klaim dari produk yang dibelinya dikarenakan proses, waktu, dan keruwetan, dan ketidakjelasan service centernya, terutama bagi pembeli/konsumen di daerah.
  • Dari sini pula dahulu muncul istilah “Loggo” dan “Blank Loggo”, yaitu kondisi dimana unit handphone tersebut terdapat loggo operator luar negeri atau tanpa adanya loggo operator tertentu. Jika ada “loggo” salah satu operator luar negeri, maka unit tersebut adalah semestinya ditujukan bukan untuk diedarkan di Indonesia, namun entah bagaimana kemudian dikemas, digaransi, dan didistribusikan disini secara resmi (resmi disini adalah masuknya melalui bea cukai dan ditandai dah melalui dinas perpajakan, ini yang membedakannya dengan produk Black Market)
  • Jika memang begitu adanya, maka kondisi Blackberry tersebut memang benar benar baru dan kualitasnya sama dengan yang garansi resmi walau ada perbedaan pada aksesoris pelengkapnya.
  • Apakah Blackberry BM dapat disebut “baru”? Tidak tentu, karena istilah BM (Black Market) itu adalah istilah yang digunakan pada proses masuknya barang tersebut ke Indonesia, jadi tidak ada hubungannya dengan “baru” atau “second”. Ada banyak cara membedakan antara yang “baru” dan “second” terlepas itu BM atau tidak.
  • Adanya produk Blackberry BM yang benar benar “baru” akan tetapi dipasarkan tanpa melalui distributor tertentu. Efek dari hal ini adalah munculnya produk Blackberry rekondisi ( rekondisi yang dimaksud disini adalah keadaan dimana unit Blackberry yang dijual adalah sebenarnya second / pernah terpakai namun dikondisikan sedemikian rupa hingga menyerupai dan disebutkan bahwa unit tersebut adalah “baru”)

Dengan mengenal istilah-istilah diatas tentu anda sudah paham dan mengerti perangkat Blackberry mana yang kualitasnya baik atau tidak. Jaminan garansi yang diberikan pun pasti akan berbeda, biasanya Blackberry bergaransi resmi lama jangka waktu Garansinya bisa mencapai 24 bulan sedangkan Blackberry yang BM garansinya hanya 1 bulan itupun hanya garansi dari toko tempat kita membeli perangkat Blackberry.

Jadi dengan mengetahui terlebih dahulu asal muasal Blackberry yang akan anda beli maka paling tidak anda sudah bisa mengetahui Resiko yang bisa anda dapatkan setelah membeli perangkat Blackberry tersebut.

Pada tulisan selanjutnya kita akan membahas tentang Resiko Membeli Blackberry BM Black Market ditunggu saja artikelnya dan semoga tulisan tentang Mengenal Istilah Blackberry Garansi Resmi, Distributor dan BM ini dapat menambah referensi dan pengetahuan bagi anda semua.

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Prediksi Harga Samsung Galaxy Maret 2013 Prediksi Harga Samsung Galaxy Maret 2013 - Samsung Galaxy saat ini masih menjadi Gadget & Ponsel yang paling diminati saat ini. Produk dari Samsun...
Smartphone Windows 8 Termurah Smartphone Windows 8 Termurah - Teknologi canggih tidak harus selalu identik dengan perangkat mahal. Nokia mewujudkan anggapan itu dengan menghadirkan...
Daftar Harga Paket Internet Smartfren Maret 2013 Daftar Harga Paket Internet Smartfren Maret 2013 - Bulan maret 2013 ini Smartfren kembali mengeluarkan tarif baru untuk paket internet baik itu kuota ...
Review 3 Tablet Android Terbaik 2013 Seperti kita ketahui bahwa tahun 2013 ini merupakan tahun terbaik untuk penjualan tablet android dari segala merek. Tetapi tahukah anda tablet android...
Aplikasi Gratis Wajib Punya di Android Aplikasi Gratis Wajib Punya di Android - Bagi anda pemilik perangkat smartphone maupun tablet android ini ada beberapa aplikasi yang wajib anda unduh ...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*