Materi Soal Tes IPDN 2013 Tentang Tes Karakteristik Pribadi

Materi Soal Tes IPDN 2013 Tentang Tes Karakteristik Pribadi – Tes Karakteristik Pribadi adalah salah satu materi tes yang akan diujikan dalam seleksi Tes Masuk IPDN Tahun 2013 ini. Tes Karakteristik Pribadi ini memiliki bobot sangat besar yaitu 60 %.

Mungkin anda semua yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi Tes Seleksi Masuk IPDN Tahun 2013 tentu bertanya-tanya seperti apa sebenarnya Soal Tes Karakteristik Pribadi ini.

[image src=”http://www.lintasberita.web.id/wp-content/uploads/2013/01/IPDN.jpg” style=”img-polaroid”][/image]

Berikut ini akan saya jelaskan seperti apa sebenarnya [highlight type=”label” style=”blue”]Tes Karakteristik Pribadi[/highlight] tersebut. Harap baca dengan teliti dan seksama agar tidak timbul pertanyaan lagi.

Tes Karakteristik Pribadi atau sering disebut dengan Tes Skala Kematangan adalah sebuah tes psikologi yang mengukur tingkat kedewasaan (kematangan sikap) seseorang dalam bertindak terhadap situasi tertentu. Dalam Ilmu Psikologi, tes ini merupakan adaptasi dari Maturity Test atau Test of Adultness. Adapun materi yang diujikan pada umumnya menekankan pada aspek-aspek kedewasaan tertentu yang paling dibutuhkan oleh seorang profesional.

Aspek kedewasaan yang sering diujikan dalam tes ini adalah :

  • Aspek kepercayaan diri
  • Aspek toleransi
  • Aspek kepedulian lingkungan
  • Aspek semangat berprestasi
  • Aspek inisiatif
  • Aspek kreatifitas kerja
  • Aspek efisiensi cara kerja
  • Aspek integritas
  • Aspek kejujuran
  • Aspek tanggung jawab
  • Aspek kemampuan beradaptasi
  • Aspek pengendalian diri
  • Aspek ketekunan
  • Aspek penghargaan terhadap orang lain
  • Aspek ketegasan

Contoh soal tes skala kematangan atau Tes Karakteristik Pribadi adalah sebagai berikut :

  • Ketika saya mengalami kesalahpahaman dengan teman sejawat, maka saya :

A. Berusaha mencari informasi permasalahan yang sebenarnya

B. Mengabulkannya hal itu hanya masalah kecil

C. Tetap tenang dan yakin menyelesaikannya

D. Bingung sehingga saya tidak dapat tidur

E. Merasa takut akan kehilangan teman

  • Sahabat ayah saya tiba-tiba masuk rumah sakit terkena serangan jantung. Saya akan :

A. Menemaninya untuk memberi dukungan

B. Ikut bersedih dan terus memikirkannya

C. Berusaha untuk tidak memikirkannya

D. Menghibur semampu saya

E. Tetap melanjutkan kegiatan saya

  • Suatu saat saya dan teman masing-masing mengendarai sepeda motor sampai perempatan jalan tiba-tiba lampu merah menyala, tetapi teman saya mengajak untuk terus maju, maka saya :

A. Berhenti ketika sudah melaju sampai batas marka jalan

B. Berhenti meskipun mengajak terus

C. Tanpa pikir panjang mengikuti ajakan teman

D. Berhenti mesikipun teman terus melaju

E. Terus jalan mengikuti kendaraan lain

Dalam soal biasanya diberikan soal-soal penjebak yang memungkinkan penguji (sang pembuat soal) tahu kondisi Anda saat mengerjakan, apakah Anda menjawab asal-asalan, apakah anda menjawab dengan tidak jujur, atau mungkin anda menjawab dengan hanya memilih yang menurut anda baik-baik saja. Jawablah setiap pertanyaan dengan jujur sesuai dengan kondisi anda, setidaknya yang paling mendekati, karena pertanyaan pada Tes Karakteristik Pribadi biasanya akan berulang-uland di nomor-nomor berikutnya dengan redaksi yang berbeda namun punya makna yang sama, sehingga apabila jawaban anda tidak sinkron, hal ini akan merugikan anda. Jadi kerjakanlah dengan jujur sesuai dengan hati nurani anda.

Jangan sampai jawaban anda didasarkan pada apa yang anda sukai. Intinya adalah “Jadilah Dirimu Sendiri”. Sehingga kepribadian disini bukanlah berarti jawaban anda Benar atau Salah. Jawaban yang anda berikan merupakan gambaran atas diri anda yang sebenarnya.

Ketika anda membaca soal dan melihat jawabannya, langsung tentukan saja mana jawaban yang kira-kira paling mendekati, dan tidak usah atau tidak perlu dipikir lagi. Semakin anda pikir malah hasilnya tidak sesuai dengan kepribadian anda sesungguhnya. Tidak usah memikirkan ini baik atau buruk ataupun benar atau salah jawaban anda, yang jelas kerjakan saja sesuai kondisi anda sebenarnya.

Sekali lagi ingat  Tes Karakteristik Pribadi ini bukan tentang Benar atau SalahTetapi tes ini sebenarnya ingin menilai seperti apa karakteristik pribadi anda.

Setelah anda membaca artikel tentang Tes Karakteristik Pribadi ini tentu anda akan berpikir ternyata soal ini sangat mudah untuk dikerjakan !!! Jangan salah dahulu, kalau hanya mengerjakan 20-30 soal tentu masih mudah dan tidak membuat otak kita panas tetapi coba anda mengerjakan 100 soal Tes Karakteristik Pribadi karena biasanya jumlah Tes Karakteristik Pribadi ini berjumlah sekitar 80 hingga 100 soal.

 banner

Dapatkan 100 Soal Tes Karakteristik Pribadi 

Klik Disini Info Lengkapnya

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Pengumuman Hasil Seleksi SIPENCATAR AMG 2013 Pengumuman Hasil Seleksi SIPENCATAR AMG 2013 - Setelah mengikuti tes secara serempak di 16 lokasi tes yang tersebar di seluruh Indonesia maka saat-saa...
Informasi Terbaru Penerimaan Pendaftaran STPN 2013 Informasi Terbaru Penerimaan Pendaftaran STPN 2013 - Sesuai dengan janji Lintas Berita yang akan selalu update informasi terbaru tentang STPN maka pad...
Info Resmi Pendaftaran Taruna STPI 2014 Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia atau lebih dikenal dengan nama STPI Curug kembali membuka Pendaftaran Taruna untuk tahun ajaran 2014-2015. Beriku...
Syarat dan Tata Cara Pendaftaran IPDN 2013 Syarat dan Tata Cara Pendaftaran IPDN 2013 - Inilah info resmi tentang Syarat dan Tata Cara Pendaftaran Penerimaan CPNS Calon Praja IPDN Tahun Ajaran ...
Ujian Masuk UGM 2013 Ujian Masuk UGM 2013 - Pada update kali ini Lintas Berita akan menginformasikan tentang Ujian Masuk UGM tahun 2013. Ujian masuk ini dibedakan menjadi ...

2 Comments on Materi Soal Tes IPDN 2013 Tentang Tes Karakteristik Pribadi

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*