Materi Soal Tes Intelegensia Umum IPDN 2013

 Sekolah Kedinasan

Materi Soal Tes Intelegensia Umum IPDN 2013 – Tes ini sering disebut dengan Tes Potensi Akademik atau juga Tes Bakat Skolastik. Tes intelegensia umum merupakan salah satu tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan intelektual atau akademis seseorang agar memenuhi standar yang ditentukan oleh lembaga tertentu.

image preview

Dalam tes intelegensia umum ini melibatkan tes verbal dan non verbal. Tes verbal fokusnya lebih ke arah tes kebahasaan, sedangkan tes non verbal lebih kepada hal-hal yang berbau angka-angka dan penalaran. Intinya, angka, penalaran dan bahasa merupakan bagian dari tes ini.

Setelah anda menyelesaikan tes ini anda akan memperoleh nilai dari serangkaian tes yang telah anda jalani. Nilai inilah yang akan menunjukan tingkat kecerdasan anda.

Ragam dari Tes Intelegensia Umum ini adalah :

Kemampuan Numerik terdiri dari :

  • Tes Deret/Irama Bilangan/ Matematika Berpola
  • Tes Aritmatika Dasar dan Kemampuan Teknikal
  • Tes Kecepatan Berhitung
  • Kemampuan Kuantitatif

Kemampuan Verbal terdiri dari :

  • Tes Sinonim / Persamaan Kata
  • Tes Antonim / Lawan Kata
  • Tes Analogi (Korelasi Makna)
  • Tes Pemahaman Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Kemampuan Penalaran terdiri dari :

  • Tes Penalaran Logis
  • Tes Penalaran Analitis
  • Tes Penalaran Spasial Gambar

Untuk Tes Seleksi IPDN Tahun 2013 ini Tes Intelegensia Umum mendapat porsi 20 %, dengan porsi yang hanya 20% tersebut dan dengan banyaknya materi yang harus dipelajari tentu akan menjadi kesulitan tersendiri bagi para calon peserta Tes Seleksi IPDN 2013 ini.

Maka dari itu satu-satunya jalan adalah anda harus sering-sering banyak berlatih mengerjakan soal-soal dengan materi yang telah disampaikan diatas.

DAPATKAN SOAL – SOAL TES MASUK IPDN

KLIK DISINI INFO LENGKAPNYA

IPDN sepertinya mulai tahun 2013 ini lebih mengutamakan atau mencari calon praja yang memiliki tingkat kepribadian yang baik dan kematangan sikap yang profesional. Hal ini bisa terlihat dari Tes Karakteristik Pribadi yang mendapat porsi 60%.

Menurut saya ini wajar saja karena para lulusan Praja IPDN memang disiapkan untuk menjadi Aparatur Negara yang memiliki kepribadian yang baik tujuannya apalagi kalau bukan menjadi pengayom dan melayani masyarakat dengan baik dan bijaksana. Apalagi nanti di Tes Tahapan Akhir ada Tes Integritas dan Kejujuran yang dilakukan langsung oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Lintas Berita saat ini menyediakan serangkaian soal-soal yang mungkin bisa berguna bagi para calon peserta Tes IPDN Tahun 2013 ini. Soal-soal tersebut telah mencakup seluruh materi yang akan diujikan pada Tes Kemampuan Dasar (TKD).

Sekali lagi saya mengucapkan selamat berjuang bagi adik-adik yang akan mengikuti Tes Seleksi IPDN Tahun 2013 ini. Semoga segala usaha dan doa yang adik-adik lakukan mendapat hasil yang setimpal.

image preview

DAPATKAN SOAL – SOAL TES MASUK IPDN

KLIK DISINI INFO LENGKAPNYA

Author: 

Anhar Wahyu is The Founder of  Lintas Berita He is also Founder of Pusat Materi and WikiCaraPedia He started blogging in 2009 at Blog UMY. He stay at Yogyakarta, You can connect him via His Google+ account or Facebook.

One Response

  1. Bill purbaAugust 4, 2013 at 5:32 pmReply

    Bang knapa lulusan smk tidak bisa??

Leave a Reply