Ledakan di Yogyakarta Berasal dari Rakitan Aki

 Flash News

Ledakan keras di Stadion Mandala Krida, Daerah Istimewa Yogyakarta, merupakan rakitan aki sepeda motor yang diledakkan dari jarak tujuh meter. Meski daya ledaknya besar, tetapi tidak menimbulkan korban jiwa atau dimaksudkan untuk melukai orang.

“Kesimpulan sementara, bahwa ada aki tertanam di bawah pohon, dan kabel tujuh meter ini berada di belakang. Berdasarkan olah tempat kejadian perkara, belum menyebutkan siapa yang melakukan peledakan. Banyak ditemukan lagi kabel, dan tidak ada indikasi untuk menyebabkan orang luka, seperti paku, pecahan kaca,” ujar Kapolresta Yogyakarta, Kombes Mustaqim, Selasa (17/4/2012).

Mustaqim mengatakan, bunyi ledakan ini untuk mengalihkan suasana atau menimbulkan suasana baru. “Ini memang ada indikasi bahwa ada orang yang ingin memperkeruh suasana. Tapi siapanya, kami masih melakukan penyelidikan,” ujar Mustaqim.

Lebih lanjut, Mustaqim, menceritakan kronologi kejadian ledakan, pihak Polresta Yogyakarta sedang fokus melakukan pengamanan jalannya sidang Ketua FPI Jateng-DIY Bambang Tedi. Selain melakukan pengamanan, pihaknya juga melakukan pengawalan dua kelompok massa yang berseberangan yakni FPI dan Front Jihad Islam (FJI) dengan harapan sidang berjalan aman dan tidak terjadi bentrok.

Namun, pukul 12.05 WIB, usai masa meninggalkan lokasi sidang, terdengar suara ledakan hebat yang dugaan awal merupakan ledakan travo listrik.  “Kasat Brimob datang ke tempat kejadian perkara. Ada indikasi yang dicurigai. Kemudian, kita mengevakuasi dua kelompok masyarakat, dan saya datang ke TKP, berdasarkan laporan tim Gegana Polda DIY terdapat aki kecil motor, posisi aki yang berada disamping pagar. Dan ditemukan kabel tujuh meter dari TKP,” papar Mustaqim.  (kompas.com)

Author: 

Anhar Wahyu is The Founder of  Lintas Berita He is also Founder of Pusat Materi and WikiCaraPedia He started blogging in 2009 at Blog UMY. He stay at Yogyakarta, You can connect him via His Google+ account or Facebook.

No Responses

Leave a Reply