Kota Kayuagung

Ada kalimat mengatakan “Jika Anda sudah menjadi nasi, jangan lupa Anda pernah menjadi beras. Jika Anda sudah menjadi beras, jangan lupa Anda pernah menjadi padi” Intinya adalah janganlah pernah kita melupakan darimana kita berasal. Walaupun sekarang atau besok anda sudah menjadi orang “hebat”.

Kalau ngomongin tentang asal-usul ada satu kata yang tidak bisa lepas dari diri saya yaitu “Kayuagung”, ya Kayuagung adalah sebuah kota di provinsi Sumatera Selatan yang juga menjadi ibukota dari Kabupaten OKI (Ogan Komering Ilir). Secara langsung ataupun tidak dalam darah saya mengalir darah Kayuagung 🙂

Kayuagung merupakan kota kelahiran dari ayah saya M Yahya Willis As (ditulis lengkap biar nanti kalau dicari digoogle bisa ketemu :D). Nama Kayuagung secara umum berasal dari sebuah sejarah, dimana pada zaman dahulunya, daerah kota kayuagung terdapat pohon-pohon yang berukuran besar, bahkan ada yang sampai berdiameter 4 meter , kemudian disimpulkanlah oleh para petua Pohon itu berarti Kayu sedangkan Besar Itu Agung. mungkin andapun secara tidak sengaja pernah melihat pohon berukuran besar di kota anda, kemungkinannya itu merupakan pohon kayuagung, tapi bukan berarti setiap pohon yang besar itu merupakan pohon kayuagung, ciri khas pohon Kayuagung itu berukuran besar memiliki urat pohon yang timbul dan memiliki akar yang besar dan menjular, selain itu juga terdapat akar yang menjular dari atas kebawah, jadi dari sebuah pohonlah nama dari kota kayuagung itu.

Kayuagung ibukota dari Kabupaten Ogan Komering Ilir merupakan Pemerintah Daerah Tingkat II di Sumatera Selatan yang luasnya sekitar 21.469,90 kilometer persegi yang secara geografis terletak antara 104 2′-106 o’ derajat Bujur Timur dan 4o 30′-4o 15 derajat Lintang Selatan. jumlah penduduk kurang-lebih 55,285 ribu jiwa lebih, mayoritas penduduknya beragama Islam.

Kayuagung Terdiri dari 10 kelurahan (Morge Siwe)

  1. Mangujaya
  2. Cintaraja
  3. Jua-jua
  4. Sidakerja
  5. Sukadana
  6. Paku
  7. Kedaton
  8. Kotaraya
  9. Kayuagung Asli
  10. Perigi

Kenangan Tentang Kayuagung

Kalau ditanya kenangan apa di Kayuagung tentu saya tidak bisa menjawab banyak karena memang saya tidak pernah tinggal lama disana, tetapi walaupun begitu dalam kesempatan tertentu saya selalu mengunjungi kota Kayuagung ini karena memang banyak sekali saudara saya yang tinggal di Kayuagung.

Dalam ingatan saya mungkin sekitar 25 tahun yang lalu untuk dapat sampai di Kota Kayuagung dari Kota Metro Lampung membutuhkan waktu yang sangat lama, sekitar `15 jam perjalanan. Itupun dengan kondisi jalan yang amat sangat parah. Jembatan aja masih terbuat dari kayu :).

Tetapi walau bagaimana pun saya tetap bangga dengan KAYUAGUNG seperti yang pernah orangtua saya bilang “Jangan pernah malu mengatakan onyak jime owam, seharusnya kita harus bangga menjadi orang Kayuagung sebagai rumah asal tempat kita tempat kita dilahirkan.”

Apresiasi Tentang Kayuagung

Sekitar 10 tahun yang lalu Kayuagung hanyalah kota sederhana, Kayuagung lebih identik sebagai kota Duta, banyak orang yang berfikir negatif tentang Kayuagung, menyedihkan memang, tapi anggapan orang telah terlanjur terbentuk bahwasanya Kayuagung kota duta, kotanya para penjahat, perampok, dsb, hanya saja untuk kembali membuka pikiran masyarakat umum tentang Kayuagung tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Duta itu istilah dari penjahat yang melakukan tindakan kriminal (pencurian, perampokan, dll) yang umumnya beraksi di luar negeri ada juga yang di indonesia.

Tapi Bersyukurlah Kayuagung yang sekarang jauh berbeda, anggapan tentang kota penjahat atau duta mulai berganti, kesadaran masyarakat awam yang secara perlahan mampu membuka mata, memanfaatkan peluang yang ada. Tidak hanya semata-mata mengandalkan sertifikat dan ijazah sebagai peluang.

Perbedaan Kayuagung dulu dan sekarang

Kayuagung sudah menjadi kota yang sangat maju saat ini, Kayuagung yang memiliki kelengkapan yang bisa di katakan standard, pada beberapa tahun belakangan ini telah berdirinya UNISKI (Universitas Islam OKI), Lapangan Olahraga, Rumah Sakit Umum Tingkat Nasional, Sekolah Menengah Atas yang telah standard Nasional, Serta Objek Wisata Teluk Gelam, Peningkatan ekonomi masyarakat jauh lebih baik di banding beberapa tahun lalu, perkembangan Ini pun di manfaatkan oleh beberapa Pengusaha yang menganggap kayuagung berpotensi sebagai peluang usaha.

Pemerintah memperhatikan betul perkembangan di beberapa sektor sesuai program Pemerintah Daerah, mulai dari Sektor Pendidikan, Olahraga, Kesehatan, Pertanian dan Sektor Ekonomi , dalam beberapa tahun ini mengalami kemajuan yang pesat dan signifikan, hal itu juga tak lepas dari dukungan masyarakat kayuagung, sekaligus memacu masyarakat untuk melakukan revolusi besar, sebuah perubahan untuk kemajuan bersama, Agar terus dapat terus berkembang menjadi kota yang pantas di banggakan , sayangnya sedikit terlambat di banding kabupaten-kabupaten lainnya di provinsi Sumatera Selatan.

Keunikan Kayuagung yang belum diketahui orang

Ada beberapa tempat di Kayuagung yang mempunyai keunikan dan belum banyak diketahui oleh orang dari daerah lain yaitu diantaranya :

  • Makam Seriangkuning

Seriangkuning merupakan sebuah daerah di kayuagung, di pinggiran sungai komering, untuk sampai kesana hanya bisa kita lalui dengan jalan laut dengan naik perahu ketek, lama perjalanan berkisar 20 menit dari jembatan kayuagung, dimana di daerah itu terdapat makam putri seriangkuning yang panjangnya berukuran kurang lebih 5-6 meter, uniknya ukuran makam itu selalu berubah ketika kita ukur dengan langkah kaki, walaupun di ukur dengan langkah kaki kita berulang-ulang kali, begitu juga dengan orang yang berbeda, ini merupakan salah satu misteri yang menarik di kota kayuagung.

  • Negeri Silop / Hilang

Menurut cerita yang beredar, negeri silop itu negeri yang kasat mata, negeri dimana orang yang masuk kesana tidak akan pernah bisa keluar lagi, menurut para te’tua ada beberapa bukti bahwa negeri sulap itu benar adanya, dulu ada sebuah CV yang melakukan proyek rencananya melakukan pembuatan jalan dan pembuatan jembatan, menggunakan alat berat dan mobil yang berukuran besar bulldozer untuk melakukan pembuatan jalur jalan tahap pertama, anehnya, semua alat berat dan mobil itu hilang begitu saja, mungkin itu hal biasa secara logika kita “tetapi apabila kita kaji ulang bagaimana mobil yang berukuran besar dengan sangat mudah di curi dan apakah hilang di tengah hutan belantara yang hanya punya 1 jalur untuk keluar, apakah ada pencuri di tengah hutan belantara?”.

  • NGE-ON (DUGEM)

Kalo itu merupakan istilahnya dugem hanya saja bedanya dugem identik dengan café , diskotik, sedangkan Nge-On ketika acara dengan hiburan musik Orgen Tunggal, Nge-On itu sama dengan ngineks dimana remaja hingga orang tua berjoget hingga memenuhi panggung dan ada juga yang berjoget di bagian bawah panggung dengan menggelengkan kepala hingga mengangkat tangan ke atas sambil memejamkan mata.

Jangan heran kalo suatu saat kalian berkunjung di acara pernikahan serta acara hiburan lainnya di kayuagung melihat orang tua, bapak-bapak, ibu-ibu, dan remaja-remaja berjoget-joget di panggung, seperti halnya di diskotik…..hahahaha…..aneh ya……

Menyedihkan memang tapi itulah tradisinya, sebuah tradisi yang dianggap suatu kebanggan untuk orang-orang kayuagung pecinta dugem dan penikmat obat-obatan di kayuagung.

  • Tata Cara Berpacaran

Di Kayuagung ada tata cara atau sebuah adat istiadat cara berpacaran, seorang laki-laki hanya boleh bertamu pada malam rabu dan malam minggu saja istilahnya (ngapel) , bukan berarti pada malam yang lain tidak perbolehkan, hanya saja ini merupakan sebuah adat istiadat untuk berkunjung ke ketempat sang kekasih, biasanya laki-laki membawa sedikit oleh-oleh atau makanan yang akan di jamukan atau di hidangkan ketika laki-laki (pacar) bertamu.

Ada juga istilahnya malaman, malaman merupakan salah satu tata cara pacaran di kayuagung, malaman itu merupakan sebuah pesta kecil ketika malam ganjil dimalam ganjil bulan puasa, dimana laki-laki memberikan sejumlah uang ke perempuan (pacar) untuk membuat acara atau pesta di rumah perempuan, malaman juga bisa di hadiri teman-teman laki-laki atau perempuan sesuai kesepakatan pasangan itu. unik juga bukan ?

  • Upacara Ngarak Pacar

Upacara Ngarak Pacar adalah salah satu upacara ngarak di Kayuagung OKI dilaksanakan setelah sholat isya dimana pemakai baju pesalin bagi laki-laki pembawa atau penarik kereta juli ketempat orang tua mempelai wanita untuk menjemput pihak besan untuk melakukan upacara ngarak pacar, serta tidak ketinggalan musik yang ikut menyemarakan suasana upacara ngarak pacar, iringan musik dan sorak-sorai sepanjang jalan yang dilalui pasangan tersebut, banyak warga yang sengaja keluar rumah untuk melihat arak-arakan ngarak pacar ini.

Kumpulan Foto di Lebaran Idul Fitri 2013 Kayuagung

sungai di kayuagung
sungai di tengah kayuagung
taman di kayuagung
taman di kayuagung
danau kayuagung
orang sana bilang ini danau tp kl menurut saya ini rawa 🙂
di rumah salah satu sepupu saya namanya Mila
di rumah salah satu sepupu saya namanya Mila

 

sate di pasar kayuagung
letaknya dekat terminal kayuagung, ramai sekali padahal rasanya sich biasa aja, iyo dak mang ?
foto keluarga di sidakerja
foto bersama niyai
foto keluarga kayuagung
foto bersama, tepatnya dimana lupa teluk2 apa gitu nama desanya 😀

Semoga saya gak akan pernah lupa dengan kota yang namanya Kayuagung dan semoga saya juga diberi umur panjang agar 10,20,30 atau 50 tahun kedepan saya masih bisa mengunjungi kota Kayuagung ini, mengunjungi sepupu2 saya yang ada disana. Aminn.n.n.n.

Odang Lupe Posting Comment ne go

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Ketika Suara Azan Berkumandang di Gereja Mungkin tidak ya suara azan dikumandangkan didalam gereja ? secara syariat azan adalah perkataan tertentu yang berguna untuk memberitahukan bahwa tela...
Fakta Tentang Eyang Subur Fakta Tentang Eyang Subur - Beberapa hari terakhir ini kita dihebohkan berita dan pengakuan dari Adi Bing Slamet tentang Eyang Subur. Tidak perlu saya...
Tobat, 9 Nyawa Ala Afriani Susanti Sebelumnya tulisan ini saya buat bukan untuk memojokkan salah satu pihak tertentu, jika sekiranya dalam tulisan ini ada kata - kata yang kurang berken...
Surat Tilang warna Merah dan Biru Tindak kecurangan saat ini sudah menjalar ke segala lini, bukan tidak mungkin kecurangan tersebut berawal dari tindakan para petugas Negara ini sendir...
Inilah alasan saya tidak akan memilih ARB di Pemil... Inilah alasan saya tidak akan memilih ARB di Pemilu 2014 - Aburizal Bakrie dengan kendaraan politiknya yaitu Golkar sudah dipastikan sebagai salah sat...