Konsep Dasar Sistem Informasi

Sistem informasi dan teknologi telah menjadi komponen yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis dan organisasi. Teknologi informasi, termasuk sistem informasi berbasis Internet, memainkan peranan penting dan makin luas dalam bisnis. Teknologi informasi dapat membantu segala jenis bisnis meningkatakan efisiensi dan efektivitas proses bisnis mereka, pengambilan keputusan manajerial, dan kerja sama kelompok kerja, hingga dapat memperkuat posisi kompetitif mereka dalam pasar yang cepat sekali berubah. Hal ini berlaku ketika teknologi informasi digunakan untuk mendukung tim pengembangan produk, proses dukungan untuk pelanggan, transaksi e-commerce, atau dalam aktivitas bisnis lainnya.teknologi dan sistem informasi berbasis Internet dalam waktu singkat menjadi bahan yang dibutuhkan untuk keberhasilan bisnis di lingkungan global yang dinamis saat ini.

Pengertian Sistem Informasi

Sistem informasi dapat merupakan kombinasi teratur apapun dari orang –orang, hardware, software, jaringan komunikasi, dan sumber daya data yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi. Orang bergantung pada sistem informasi untuk berkomunikasi antara satu sama lain dengan menggunakan berbagai jenis alat fisik (hardware), perintah dan prosedur pemrosesan informasi (software), saluran komunikasi (jaringan), dan data yang disimpan (sumber daya data) sejak permulaan peradaban.

Para praktisi bisnis bergantung pada banyak jenis sistem informasi yang menggunakan berbagai teknologi informasi.Contohnya, beberapa sistem informasi menggunakan alat hardware petunjuk sederhana (kertas dan pensil) dan saluran informasi informal (mulut ke mulut).

Kerangka Kerja Sistem Informasi

Kerangka Kerja Sistem Informasi
Kerangka Kerja Sistem Informasi

Dari gambar kerangka kerja di atas ditekankan bahwa Anda harus memusatkan usaha Anda dalam lima area pengetahuan Sistem Informasi berikut ini.

  • Konsep-konsep Dasar. Konsep dasar keperilakuan, teknis, bisnis dan manajerial termasuk mengenai berbagai komponen  dan peran sistem informasi. Contohnya meliputi konsep sistem informasi dasar yang berasal adari teori sistem umum, atau konsep keunggulan kompetitif yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi bisnis teknologi informasi dalam keunggulan kompetitif.
  • Teknologi Informasi. Konsep-konsep utama, pengembangan, dan berbagai isu manajemen teknologi informasi—yaitu meliputi hardware, software, jaringan, manajemen  data,  dan banyak teknologi berbasis Internet.
  • Aplikasi Bisnis. Penggunaan utama dari sistem informasi untuk operasi, manajemen, dan keunggulan kompetitif bisnis
  • Proses Pengembangan. Bagaimana para praktisi bisnis dan pakar informasi merencanakan, mengembangkan, dan mengimplementasikan sistem informasi untuk memenuhi peluang bisnis.
  • Tantangan Manajemen. Tantangan untuk secara efektif dan etis mengelola teknologi informasi pada tingkat pemakai akhir, perusahaan, dan global dalam bisnis.

Itulah sedikit materi tentang Konsep Dasar Sistem Informasi untuk materi selanjutnya akan saya buat pada posting berikutnya.

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Jurnal Organisasi dan Manajemen, Vol. 4, September... Kumpulan Jurnal Akuntansi - Jurnal Organisasi dan Manajemen, Vol. 4, September 2008 KEBIJAKAN MANAJEMEN LINGKUNGAN UNTUK EMISI DIOKSIN/FURAN YANG ...
Penerapan SAP Akrual Mulai Tahun 2015 Penerapan SAP Akrual Mulai Tahun 2015 - Pemerintah pusat berencana mulai tahun anggaran 2015 menggunakan standar akuntansi pemerintah (SAP) berbasis a...
PP No. 71 tahun 2010 tentang SAP Standar Akuntansi... PP No 71 tahun 2010 tentang SAP Standar Akuntansi Pemerintah - Peraturan Pemerintan No 71 tahun 2010 mengatur tentang Standar Akuntansi Pemerintah khu...
Simposium Nasional Akuntansi (SNA) Ke-10 Simposium Nasional Akuntansi (SNA) ke-10 yang dilaksanakan di Universitas Hasanudin Makasar pada tanggal 26 sampai dengan 28 Juli 2007 bertujuan menge...
Ringkasan Materi Kuliah Perpajakan 1 Ringkasan Materi Kuliah Perpajakan 1 - Berikut ini adalah ringkasan materi Perpajakan 1 yang dikumpulan dari berbagai sumber. SKP : Surat ketetapan y...