Kenapa Harus Jadi Polisi

 Pendidikan

Kenapa Harus Jadi Polisi - Mengabdi sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia mungkin adalah cita – cita bagi sebagian orang. Tidak ada yang salah dengan cita – cita tersebut tetapi mungkin tulisan berikut ini bisa membuka sedikit mata para calon pendaftar anggota Kepolisian Republik Indonesia terutama untuk para calon Brigadir Polisi.

Fans Page Lintas Berita dalam beberapa bulan ini dipenuhi oleh pertanyaan seputar pendaftaran Brigadir Polisi. Ternyata selama ini banyak sekali calon lulusan baik itu dari SMA maupun SMK yang ingin menjadi anggota Kepolisian. Mungkin mereka tertarik karena telah terdoktrin bahwa menjadi anggota kepolisian adalah jalan yang paling baik agar masa depan mereka terjamin.

Kenapa Harus Jadi Polisi ?

Sebelum anda memutuskan untuk mendaftar menjadi seorang anggota Polisi ada baiknya anda mengetahui beberapa hal sebelumnya. Sudah menjadi rahasia umum agar kita bisa diterima menjadi anggota Polisi kita harus mengeluarkan sejumlah uang alias uang suap. Kisaran besaran uang suap tersebut sangat tidak sedikit dan berbeda – beda setiap daerah tetapi minimal kita harus mengeluarkan paling tidak 50 juta agar bisa diterima sebagai anggota kepolisian dengan pangkat brigadir dua.

Walaupun menurut Kepolisian Republik Indonesia bahwa pendaftaran polisi bebas dari biaya alias benar – benar gratis tetapi setiap tahun pasti ada saja kita mendengar beberapa orangtua bercerita tentang besarnya uang yang harus mereka keluarkan agar anaknya diterima sebagai anggota kepolisian.

Saya pribadi tentu sangat tidak setuju dengan suap menyuap seperti ini, karena secara otomatis kualitas personil dari hasil suap menyuap ini tentu tidak akan sesuai dengan standar. Selain itu saya tidak habis pikir kenapa masih ada saja orang yang mau menyuap agar bisa diterima sebagai anggota brigadir.

Berikut ini adalah beberapa fakta jika anda diterima sebagai anggota Brigadir Polri :

  • Jika anda memilih cara suap agar bisa diterima anda minimal harus mensiapkan minimal 50 juta rupiah hingga 150 juta rupiah.
  • Jika anda diterima anda akan menjadi anggota Polisi dengan pangkat Brigadir Dua dengan gaji + uang tambahan lainnya sekitar 3 juta perbulan
  • Dengan gaji sebesar itu bisa anda hitung sendiri kapan uang anda akan balik modal.
  • Rata – rata umur ketika diterima menjadi anggota Polisi dengan pangkat Brigadir Dua adalah 18 – 21 tahun.
  • Pangkat tertinggi anda hingga nanti pensiun adalah maksimal AKP (Ajun Komisaris Polisi) dengan kenaikan pangkat 4 – 5 tahun sekali itupun anda harus menempuh pendidikan lanjutan dan kabarnya biaya pendidikan lanjutan di Kepolisian juga tidak murah.
  • Jika anda tidak menempuh sekolah lanjutan kepolisian paling tinggi anda mencapai pangkan Inspektur Polisi Dua (IPDA)
  • Anda harus siap ditugaskan dimana saja dan kapan saja. Kalau anda belum menikah sih hal ini tidak jadi masalah tetapi jika anda nanti telah menikah tentu akan menjadi permasalahan tersendiri.
  • Jangan pernah berharap anda akan menjadi Jendral jika anda memulai karier Polisi dari Brigadir. Paling hebat anda akan mencapai pangkat Komisaris Besar Polisi (Kombespol) itupun sudah sangat – sangat – sangat hebat sekali.
  • Dalam beberapa kasus anda harus siap menerima hinaan, caci maki dan sumpah serapah dari masyarakat contoh kecilnya adalah polisi bagian polantas. Namun jika anda memiliki prestasi tentu jarang masyarakat yang akan memuji anda.
  • Dari segi ekonomi kehidupan anda bisa dibilang akan standar – standar saja karena dengan gaji segitu anda bisa hitung sendiri seberapa besar uang yang bisa anda tabung setiap bulannya. Kecuali anda mencari uang tambahan di Kepolisian dengan cara yang tidak lazim atau bahasa kerennya koruptor seperti yang dilakukan salah satu Jendral di Kepolisian yaitu Djoko Susilo.

Wah susah dan tidak enak juga ya ternyata jadi anggota polisi dengan pangkat awal Brigadir Dua, lalu apa ada solusi lain karena saya tetap ingin mengabdi sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia ?

Tentu saja ada solusinya, berikut ini adalah solusinya :

  • Bagi anda yang baru lulus dari SMA / K dan ingin sekali menjadi anggota Polisi sebaiknya anda bersabar terlebih dahulu dan menunggu sekitar 5 tahun.
  • Lebih baik begitu lulus SMA/K lebih baik anda kuliah terlebih dahulu dan mengambil jurusan yang tiap tahunnya selalu dibutuhkan oleh Kepolisian Republik Indonesia seperti Psikologi dll.
  • Tidak perlu kuliah di Universitas Negeri atau universitas yang mahal, anda bisa cari universitas dengan biaya yang lebih murah.
  • Targetkan masa studi anda maksimal 5 tahun jangan lebih dari itu.
  • Setelah anda lulus anda bisa mendaftar melalui jalur SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana)
  • Jika anda diterima melalui jalur SIPSS anda akan langsung mendapatkan Pangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA) pangkat tersebut merupakan pangkat awal anda.
  • Bayangkan hanya butuh pengorbanan untuk bersabar 5 tahun tetapi anda langsung mendapatkan pangkat IPDA, jika anda diterima menjadi Brigadir setelah lulus SMA dalam waktu 5 tahun anda baru naik pangkat 1 x yaitu menjadi Brigadir Polisi Satu dan IPDA adalah pangkat tertinggi anda hingga pensiun jika anda mendaftar sejak lulus SMA atau jalur Brigadir.
  • Jika anda memiliki karir yang baik mungkin anda bisa menjadi Jendral jika anda mendaftar Polisi melalui jalur ini.

Tapi menjadi Polisi dari jalur sarjana kan hanya di kantoran saja tidak dilapangan, saya tidak suka. Apakah ada solusi lainnya ? Tenang saja jika kita memiliki niat yang sungguh – sungguh pasti ada jalan keluarnya. Anda bisa mendaftar Akademi Polisi.

Berikut ini beberapa hal yang akan anda alami jika anda menjadi anggota Polisi dari jalur Akademi Polisi (Akpol) :

  • Pendaftaran dan seleksi serta plus plus nya akan lebih susah dan sulit.
  • Lama pendidikan 4 tahun dan anda akan mendapatkan gelar Sarjana Kepolisian.
  • Setelah lulus dari Akademi Kepolisian anda akan mendapatkan pangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA)
  • Karier anda akan maksimal jika anda merupakan lulusan Akademi Polisi karena para lulusan Akademi Polisi ini memang diproyeksikan untuk menjadi Pimpinan / Jendral di Kepolisian Republik Indonesia.
  • Satu hal lagi tetapi bisa jadi sangat penting, jika anda seorang Taruna Akademi Polisi anda bisa dengan bebas memilih pacar / calon pasangan hidup anda karena sekarang banyak wanita yang ingin memiliki suami seorang Taruna Polisi. Seperti di Yogyakarta ini ketika akhir minggu banyak sekali Taruna Akademi Kepolisian Magelang yang berakhir pekan di Yogyakarta yang memang jaraknya dekat dengan Magelang. Pacar Taruna Akpol tersebut pasti cantik – cantik walaupun kadang Taruna Akpol.nya sendiri bisa dibilang kurang tampan. Bahkan ada yang ganti – ganti pasangan terus setiap akhir pekannya.

Jadi apa pilihan anda Brigadir, SIPSS atau Akademi Polisi ? semua tergantung dari anda sendiri masing – masing dan yang penting jika anda telah diterima menjadi anggota Polisi bangunlah citra positif yang baik dimasyarakat.

Kalau saya pribadi tentu akan memilih pendaftaran jalur SIPSS atau Pendaftaran Akademi Polisi untuk masa depannya lebih baik jika dibandingkan dengan Brigadir. Tanpa meremehkan para Brigadir Polisi lho dahulu saya juga ingin menjadi anggota Brigadir dan bersemangat sekali maklumlah baru mau lulus SMA tetapi banyak orang bilang ngapain jadi Polisi Receh ? Lho kok Polisi Receh, ya iyalah Brigadir Polisi kan tugasnya selalu di lapangan, disuruh sana – sini, mencegat pelanggar lalu lintas dan menerima uang damai, mengejar – ngejar maling dsb. Lebih baik kamu daftar Akpol atau SIPSS kalau diterima nanti kamu yang akan memerintah para Polisi Receh tadi.

Itulah sedikit tulisan tentang Kenapa Harus Jadi Polisi semoga ada manfaat yang bisa diambil dan jika ada kesalahan saya mohon maaf. Majulah Terus Kepolisian Republik Indonesia.

Author: 

Anhar Wahyu is The Founder of  Lintas Berita He is also Founder of Pusat Materi and WikiCaraPedia He started blogging in 2009 at Blog UMY. He stay at Yogyakarta, You can connect him via His Google+ account or Facebook.

3 Responses

  1. AlvianOctober 17, 2013 at 1:47 pmReply

    “Seperti di Yogyakarta ini ketika akhir minggu banyak sekali Taruna “Akademi Kepolisian Magelang” yang berakhir pekan di Yogyakarta yang memang jaraknya dekat dengan Magelang”

    Lho bukanya AKPOL di Semarang mas? Yang di Magelang sih AKMIL mas. :)

  2. FadelSeptember 22, 2013 at 3:43 pmReply

    Enak Akpol…. mudah2an bisa keterima.. Amien”

  3. diskonSeptember 8, 2013 at 1:17 amReply

    pengen bisa korupsi

Leave a Reply