Juara Umum Pimnas 25 di UMY

Setelah melalui beberapa tahap penilaian yang dilakukan sejak dibukanya acara PIMNAS ( Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ) di UMY tanggal 9 Juli hingga 12 Juli 2012 akhirnya acara Pimnas 2012 secara resmi telah ditutup.

Pada lomba Pimnas tahun ini Universitas Brawijaya kembali memperoleh gelar Juara Umum Pimnas 25 di UMY dan dengan begitu mereka berhak membawa pulang piala Ardhikarta Kertawidya yang pernah mereka raih pada tahun 2008 dan 2009.  Unibraw berhasil mengungguli 24 Universitas lainnya dan berhasil mengungguli beberapa universitas lain yang lebih diunggulkan padahal universitas tersebut mengirimkan tim yang lebih banyak seperti IPB, ITS, dan juara umum tahun lalu, UGM.

Pada penilaian presentasi Program Kreatifitas Mahasiswa, UNIBRAW meraih sejumlah 6 penghargaan setara emas, 3 perak dan 1 perunggu. Sedangkan untuk poster PKM meraih 2 emas, 3 perak dan 2 perunggu sehingga total perolehan sebanyak 8 emas, 6 perak dan 3 perunggu. Jumlah ini mengungguli perolehan penghargaan IPB di tempat ke-2 dan ITS di tempat ke-3.

Kepala Bagian Kemahasiswaan UNIBRAW, Drs. Zuchro Wardi saat ditemui usai Closing Ceremony PIMNAS ke 25 di Sportorium Kampus Terpadu UMY, Kamis (12/7) malam mengungkapkan rasa syukur dan bangganya atas keberhasilan mahasiswanya. Ia tidak menyangka dengan 24 tim, kontingennya dapat mengalahkan sejumlah kontingen yang mengirim lebih banyak tim.

Zuchro menuturkan ada beberapa persiapan yang telah dilakukan sebelum berlaga di PIMNAS, salah satunya dengan mengadakan karantina bagi para peserta. ”Karantina tersebut kami lakukan selama kurang lebih tiga hari. Dalam karantina mereka dilatih oleh para pakar ilmiah tentang bagaimana melakukan presentasi yang baik serta melatih mental mereka ketika nanti menghadapi lawannya. Dan yang terpenting adalah tidak boleh sombong, dengan demikian mereka akan jauh lebih siap untuk berlaga” ujarnya.

IPB yang mengirim 31 tim berada di peringkat ke-2. Sementara ITS Surabaya berada satu peringkat di bawahnya meski meloloskan 41 tim. Unibraw bahkan menyapu bersih penghargaan setara emas di semua kelas kategori PKM Penelititan pada penilaian presentasi sehingga total memperoleh 6 penghargaan setara emas, unggul 1 angka dari IPB.

PIMNAS 25 UMY diikuti 400 tim dari seluruh Indonesia melombakan 5 kategori Program Kreatifias Mahasiswa (PKM) lama ditambah 1 kategori baru, PKM Karsa Cipta. Tim-tim tersebut lalu dibagi ke dalam 18 kelas berdasarkan kategori PKM. Ada 4 kelas PKM Penelitian, 4 PKM Pengabdian Masyarakat, 3 PKM Teknologi, 3 PKM Kewirausahaan, 3 PKM Karsa Cipta, dan 1 kelas PKM Gagasan Tertulis.

Ada dua aspek yang dinilai dari setiap tim, nilai presentasi berbobot 80%, sedangkan nilai pameran poster diberi bobot 20%. Setiap kelas akan menghasilkan pemenang pertama, kedua, dan ketiga atau setara emas, perak, dan perunggu di masing-masing aspek penilaian. Ada juga penghargaan favorit pada penilaian presentasi setiap kelas bagi tim yang menurut juri tidak memberikan presentasi terbaik namum pantas diberi penghargaan.

Dari rekapituliasi jumlah penghargaan di 18 kelas dengan bobot yang sudah ditentukan inilah muncul nama Unibraw sebagai juara PIMNAS 25 tahun ini. Sementara itu, penghargaan pameran non-PKM dimenangkan oleh ITS Surabaya selain tentunya pemenang-pemenang pada sejumlah lomba non-PKM lain.

Berikut ini adalah 20 besar peringkat Pimnas ke – 25 yang diselenggarakan di UMY

  1. Universitas Brawijaya Malang
  2.  Institut Pertanian Bogor
  3. Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya
  4. Universitas Airlangga Surabaya
  5. Universitas Negeri Yogyakarta
  6. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  7. Universitas Negeri Semarang
  8. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara Malang
  9. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
  10. Universitas Padjajaran Bandung
  11. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  12. Universitas Udayana Denpasar
  13. Institut Teknologi Nasional Malang
  14. Institut Teknologi Bandung
  15. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  16. Politeknik Negeri Semarang
  17. Universitas Andalas Padang
  18. Universitas Diponegoro Semarang
  19. Politeknik Negeri Jakarta
  20. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Dukung Piala Euro 2012 bersama Agenbola338.com Dukung Piala Euro 2012 bersama Agenbola338.com sangatlah bermanfaat bagi anda semua para pecinta bola. Apalagi menjelang perhelatan akbar Piala EURO 2...
Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi... Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Ilmu Statistik STIS 2013 - Sekolah tinggi ini merupakan salah satu Sekolah Ikatan Dinas yang ada di...
Profil Biodata Biografi dan Foto Terbaru | Michell... Profil Biodata Biografi dan Foto Terbaru | Michelle Zudith pemeran Yasmin di Sinetron Love in Paris SCTV. Pada artikel kali ini Lintas Berita akan se...
Profil Biodata Biografi dan Foto Terbaru Yuki Kato Profil Biodata Biografi dan Foto Terbaru Yuki Kato - Anda para ABG pasti kenal dengan artis satu ini, dia adalah Yuki Kato. Saat ini Yuki Kato sedang ...
Pendaftaran dan Persyaratan Brigadir Polri Tahun 2... Pendaftaran dan Persyaratan Brigadir Polri Tahun 2014 - Setelah lama ditunggu-tunggu akhirnya pendaftaran Brigadir Polri Tahun 2014 secara resmi telah...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*