Inilah Pulau Baru Akibat Gempa Pakistan 2013

Inilah Pulau Baru Akibat Gempa Pakistan 2013 – Seperti kita ketahui bersama pada 24 september 2013 kemarin Pakistan di landa sebuah gempa dahsyat dengan kekuatan 7,7 Skala Richter (SR). Gempa tersebut menyebabkan kerusakan yang sangat luar biasa di Pakistan bahkan dasar laut terangkat ke atas hingga menciptakan sebuah pulau baru.

Pulau baru tersebut berada tidak jauh dari lepas pantai dengan ketinggian 100 kaki (30 meter) dan lebarnya 200 kaki dekat Baluchistan. Sebenarnya pulau serupa pernah muncul di tempat yang sama di Laut Arab tersebut sekitar 60 tahun yang lampau. Namun pulau tersebut menghilang setelah beberapa waktu.

Pulau Baru Akibat Gempa di Pakistan 2013

Keberadaan pulau ini belum mendapat perhatian khusus dari pemerintah Pakistan karena saat ini mereka fokus terhadap pemberian bantuan kepada korban gempa yang sejauh ini telah menewaskan 208 orang.

Kata seorang saksi mata, formasi bebatuan tampak muncul melebihi air laut. Pulau itu terlihat dari tepi pantai. “Diperkirakan luasnya sekitar 40 kaki persegi,” katanya dalam laporan NDTV dan dimuat Huffington Post, Rabu (25/9/2013).

Menurut pejabat polisi Gwadar Moazzam Jah, pulau tersebut berada pada ketinggian 20-40 kaki atau 6-12 meter. “Jaraknya 100 meter dari pesisir,” ujarnya kepada Geo News Pakistan, yang dimuat Live Science.

Media lokal Express News berhasil mengabadikan foto munculnya pulau kecil itu saat para warga sedang lari untuk menyelamatkan diri. Namun eksitensi pulau ini masih dipertanyakan. Apa benar-benar pulau atau fenomena alam lain ?

Ahli geologi Pakistan Bob Yeats menjelaskan, munculnya bebatuan itu belum dapat dipastikan sebagai pulau. Bisa juga itu merupakan fenomena mud vulcano atau gunung lumpur dari dalam laut.

“Karena letak munculnya pulau dengan gempa cukup jauh. Beberapa ratus kilometer dari pusat gempa,” ujar Bob.

Dia lebih meyakini itu adalah fenomena mud volcano lantaran berdasarkan catatan sejarah, sudah beberapa kali terjadi fenomena serupa di Pakistan. Terakhir pada 26 November 2010, muncul gunung lumpur setinggi 30-60 meter.

Berikut ini adalah video dari Kemunculan Pulau Baru Akibat Gempa Pakistan 2013 tersebut :

[youtube width=”100%” height=”300″ src=”Y2CcoQ_DPO4″][/youtube]

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Presiden Indonesia Ternyata 8 Orang MUNGKIN masih banyak dari kalian yang beranggapan bahwa Indonesia hingga saat ini baru dipimpin oleh enam presiden, yaitu Soekarno, Soeharto, B.J. Hab...
Trik / Cara Pengemis Membuat Luka Palsu Dengan Lem Trik / Cara Pengemis Membuat Luka Palsu Dengan Lem - Mungkin anda pernah melihat pengemis dengan luka atau koreng yang cukup menjijikkan atau parah. T...
Aceh Kembali di Guncang Gempa 8,5 SR Aceh kembali diguncang gempa besar pada sore hari ini, gempa terjadi sekitar pukul 15.38 WIB, di kedalaman 10 KM. Hingga saat ini belum diketahui sebe...
Portal Utama UMY dan Subdomain UMY Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ( UMY ) adalah salah satu Universitas Terbaik Swasta di Yogyakarta, sebagai sebuah universitas yang unggul dan isl...
Menang Kontes Indehost Setelah kemarin website ini berhasil menjadi pemenang kontes dengan keyword " Dukung Piala Euro 2012 bersama Agenbola338.com " kini Lintas Berita kemb...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*