Info Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil 2013

Info Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil 2013 – STTT pada awalnya bernama Textiel Inrichting Bandoeng (ITB) berada dibawah naungan Kementerian Perindustrian. Sebelum kita melihat tentang informasi pendaftaran STTT tahun 2013 ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang STTT (Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil)

Kampus STTT

Sejarah Berdirinya

Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil dimulai sejak tahun 1922 dan telah berganti nama beberapa kali. STTT atau ST3 terbentuk diperkuat dengan Surat Keputusan Bersama Menteri Perindustrian dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 274/SK/VI/1981 tanggal 6 Juni 1981.

STTT menyelenggarakan pendidikan vokasi Program DIV dengan masa studi selama 4 tahun dan Program Diploma I dengan masa studi 1 tahun. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi, lulusan Program Diploma IV memperoleh sebutan Sarjana Sains Terapan ( S.ST. ) sedangkan lulusan Diploma I memperoleh sebutan Ahli Pratama ( A.P. )

Status Sekolah Kedinasan dan Biaya Pendidikan

Berbeda halnya dengan [highlight type=”label” style=”green”]STAN[/highlight] maupun [highlight type=”label” style=”green”]IPDN[/highlight], sekolah ini tidak menanggung biaya perkuliahan mahasiswanya meskipun statusnya sebagai sekolah kedinasan yang berada di bawah Kementerian Perindustrian.

Berikut ini biaya perkuliahan pada tahun akademik 2013 / 2014 :

  • Biaya perkuliahan untuk Diploma IV : Rp 3,2 juta / semester
  • Biaya perkuliahan untuk Diploma I : Rp 2,3 juta / semester
  • Biaya kuliah tidak termasuk biaya SPMA, Osmateks, jaket almamater dan asuransi

Meskipun statusnya sudah tidak ikatan dinas atau tidak ikatan kerja, lulusan dari sekolah ini mampu mandiri dan menjadi pengusaha. Tidak sedikit juga dari para lulusan tersebut yang diterima menjadi pegawai di Kementerian Perindustrian.

Fasilitas Kampus

Untuk penyelenggaraan pembelajaran, STTT mempunyai fasilitas yang terdiri atas ruang kuliah yang dilengkapi dengan LCD, AVA dan OHP, ruang seminar/diskusi kelompok dan berbagai laboratorium yang dilengkapi dengan mesin/peralatan yang relevan. Laboratorium tersebut terdiri atas laboratorium fisika dasar, evaluasi tekstil kimia, CAD for pattern making & grading, persiapan & pencelupan, printing & finishing, kimia fisika tekstil, studio desain tekstil, workshop garment, komputer, bahasa, dan workshop pola.

Selain itu tersedia juga perpustakaan yang dilengkapi dengan buku-buku terbaru dan aula untuk berbagai kegiatan. Guna menunjang kegiatan ekstrakurikuler disediakan juga sarana olahraga berupa lapangan basket, bulutangkis dan tenis. Peralatan musik untuk menunjang kesenian, panjat tebing, koperasi dan masjid.

Jurusan dan Program Studi

Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil STTT menyediakan 2 Program Diploma yaitu :

  • Diploma IV / S1 ( Sarjana Sains Terapan / S.ST. )
    • Teknik Tekstil ( Akreditasi A )
    • Kimia Tekstil ( Akreditasi B )
    • Teknologi dan Bisnis Garmen ( Akreditasi A )
  • Diploma I
    • Teknologi Manufaktur Pakaian Jadi ( Akreditasi B )

Lama Pendidikan 

Program Diploma IV memerlukan lama pendidikan 8 semester dan selambat-lambatnya 14 semester, sedangkan Diploma I memerlukan lama pendidikan 2 semester dan selambat-lambatnya 4 semester. Selain itu terdapat juga program khusus kelas karyawan dengan lama pendidikan 2 sampai 4 semester.

Masa Depan Alumni

Setelah menyelesaikan pendidikan, para lulusan STTT bisa bekerja pada :

  • Industri Tekstil contohnya pada : Insan Sandang, Grandtex, GT, Argopantes, Panasia, Sritex, Toray Group, Brantamulya dan Mattel
  • Buyer / Trading Tekstil
  • Company contoh : Adidas, Nike, Reebok, Mast Industries, Hollit , Talbots dan Levis
  • Perusahaan pembuat mesin contoh : Truchecsler, Saurer dan Pinacol
  • Industri zat warna dan zat pembantu tekstil contoh : BASF dan Dystar
  • Bank
  • Lembaga penelitian maupun pendidikan
  • Lembaga pemerintahan (Kementerian Perindustrian, Departemen Perdagangan, AD/AU/AL/Kepolisian)
  • Kadin
  • Wiraswasta

Itulah Info Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil 2013, saat ini STTT sedang membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru. Jika anda berminat untuk mendaftar anda bisa membuka tulisan Lintas Berita berikutnya yang berjudul berikut ini [highlight type=”label” style=”green”]Pendaftaran Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil 2013[/highlight]. Semoga tulisan ini bisa menjadi referensi bagi anda semua.

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Pendaftaran STPI Curug Tahun 2014 Sekolah Ikatan Dinas dan Sekolah Kedinasan memang menjadi favorit bagi setiap lulusan SMA maupun SMK yang ingin melanjutkan sekolah. Penyebabnya adala...
Sekolah Ikatan Dinas Sekolah Ikatan Dinas - Selain Universitas Negeri yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia, Sekolah Tinggi dengan Ikatan Dinas merupakan favorit ...
Info Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Pari... Info Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung 2013 - Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung atau biasa disingkat STP Bandung merupakan s...
Soft Copy Soal 12 Tahun Terakhir USM STAN Soft Copy Soal 4 Tahun Terakhir USM STAN - STAN tahun 2014 ini kembali membuka pendaftaran Mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2014 / 2015. Perlu diketa...
Info Resmi Pendaftaran Taruna STPI 2014 Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia atau lebih dikenal dengan nama STPI Curug kembali membuka Pendaftaran Taruna untuk tahun ajaran 2014-2015. Beriku...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*