Info Pendaftaran Akademi Meteorologi dan Geofisika 2013

 Sekolah Kedinasan

Info Pendaftaran Akademi Meteorologi dan Geofisika 2013 – Ini dia salah satu sekolah Ikatan Dinas 100 % di Indonesia yaitu Akademi Meteorologi dan Geofisika. Mungkin banyak yang belum pernah mendengar tentang Akademi Meteorologi dan Geofisika ini. Sebelum membahas tentang Info Pendaftaran Mahasiswa Baru untuk tahun 2013 ada baiknya kita mengetahui dahulu tentang Sejarah Akademi Meteorologi dan Geofisika atau biasa disingkat AMG.

Info Pendaftaran Akademi Meteorologi dan Geofisika 2013

Sejarah AMG

AMG didirikan di Bandung pada tahun 1955 dengan nama Akademi Meterologi dan Geofisika (AMG), kampusnya berada di Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada tahun 1960, AMG dipindahkan ke Jakarta, kampusnya berada di Kantor Lembaga Meteorologi dan Geofisika (LMG) Jl. Arief Rakhman Hakim No. 3 Jakarta Pusat. Tahun 1960 – 1978 AMG dibawah Pusat Meteorologi dan Geofisika.

Pada tahun 1978, AMG berubah nama menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Meteorologi dan Geofisika (BPLMG) dengan status berada di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan (KM. 55/OT/PHB-1978 31 Maret 1978).

Sejak tahun 2000, BPLMG berubah kembali menjadi AMG di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan (SK. Menhub No. KM 82 Thn 1999 Tgl 13-10-1999), dan kampusnya pindah dan berlokasi di Jl. Perhubungan I No.5, Komplek Meteo DEPHUB, Pondok Betung, Bintaro. Dan sampai tahun 2004 AMG tetap dibawah Badan Diklat dengan SK Menhub No. 72 Thn 2002 Tgl 2-10-2002.

Terhitung mulai 1 Januari 2005 AMG berada dibawah Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) sebagai Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND), berdasarkan SK KBMG No. 003 Tahun 2004.

Klik Dibawah Ini 

Info Resmi Pendaftaran AMG Tahun 2014

Jurusan di AMG

Akademi Meteorologi dan Geofisika membuka 4 Jurusan dan masih ada beberapa fakultas lagi didalamnya. Berikut ini daftar lengkapnya :

  • Jurusan Meteorologi
  • Jurusan Geofisika
  • Jurusan Klimatologi
  • Jurusan Instrumentasi

Pada tahun ajaran 2013 / 2014 ini AMG menerima lebih banyak mahasiswa baru, contohnya seperti untuk Jurusan Instrumentasi yang semula hanya 1 kelas kini menjadi 2 kelas.

Klik Dibawah Ini 

Info Resmi Pendaftaran AMG Tahun 2014

Cara Pendaftaran Akademi Meteorologi dan Geofisika 2013 / 2014

Inilah langkah – langkah untuk mendaftar AMG :

  • Pastikan dulu apakah nilai rapot kalian memenuhi syarat (Nilai Hasil Belajar pada kolom Pengetahuan pada rapor SMA untuk Klas XI semester 1, Klas XI semester 2, dan Klas XII semester 1, untuk matapelajaran Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris minimal 70)
  • Pastikan tinggi kalian sesuai dengan ketentuan. (Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria, dan 155 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang)
  • Kalau kedua point di atas sudah memenuhi, kirim uang pendaftaran AMG ke nomor rekening bendahara AMG.
  • Setelah itu, siapkan syarat-syaratnya, seperti :
    – Fotokopi Rapor yang telah dilegalisir.
    – Resi asli uang pendaftaran
    – Foto 3×4 sebanyak 2 lembar
  • Lalu, pergilah di tempat-tempat pendaftaran yang dekat dengan tempat kalian. Tempat-tempat pendaftaran AMG dapat dilihat di sini. Di tempat pendaftaran nanti akan mengisi formulir yang disediakan sekaligus menentukan jurusan apa yang akan dipilih.
  • Selesai; tinggal mempersiapkan diri untuk menghadapi tes sipencatar AMG. Kalau mau latihan soal-soal Sipencatar AMG, silakan klik di sini.

Hingga saat ini belum ada pengumuman resmi tentang pendaftaran Akademi Meteorologi dan Geofisika, jika sudah ada pengumuman resmi akan segera saya update, silahkan anda bergabung dengan Fans Page Lintas Berita untuk mendapatkan Update Terbaru lainnya.

Itulah sekilas tentang Info Pendaftaran Akademi Meteorologi dan Geofisika 2013 semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Sekolah Ikatan Dinas di Indonesia

Softcopy Kumpulan Soal SIPENCATAR AMG

Author: 

Anhar Wahyu is The Founder of  Lintas Berita He is also Founder of Pusat Materi and WikiCaraPedia He started blogging in 2009 at Blog UMY. He stay at Yogyakarta, You can connect him via His Google+ account or Facebook.