Mengenal 4 Foto Googles Doodle Hari Ini

Sudahkah anda melihat logo Google hari ini? Terdapat empat foto yang dikombinasi dengan deretan hurup Google.  Desain kreatif ini disebut sebagai Google Doodles yang telah diawali sejak 14 tahun yang lalu. Google Doodle ke 1.347 pada hari ini adalah untuk memperingati ulang tahun seorang fotografer Perancis yang terkenal, Robert Doisneau, yang ke 100. Keempat foto yang terlihat pada Google Doodle tersebut merupakan karyanya.

Robert Doisneau lahir pada tanggal  14 April 1912 di Gentilly, Val-de-Marne , Perancis. Pada tahun 1930 dengan menggunakan kamera Leica dia mengabadikan foto di jalanan Paris. Bersama dengan Henri Cartier-Bresson  mempelopori foto jurnalistik .

Doisneau  tercatat menggunakan pendekatan “lyrical approach” untuk fotografi jalanan.  Foto yang paling terkenalnya adalah Le baiser de l’hotel de ville (Kiss by the Hotel de Ville) yang diambil pada pada tahun 1950,  menunjukkan calon aktor Francoise Delbart (20 tahun) dan Jacques Carteaud (23 tahun).  Foto Ini merupakan  salah satu dari empat foto Google Doodle pada hari ini (paling kanan)

Le baiser de l'hôtel de ville (The Kiss)
Le baiser de l’hôtel de ville (The Kiss)

Bagaimana dengan ketiga foto lainnya?  Foto yang paling awal diambil pada tahun 1943 berjudul Le Remorqueur du Champ de Mars (Tug on the Champ de Mars) yang menunjukkan dua anak bermain di Champ de Mars dekat Menara Eiffel di Paris.  Salah satu anak mengendarai sepeda dan yang lainnya ditarik  sambil mengenakan sepatu roda.

Le Remorqueur du Champ de Mars (atomicskate.com)
Le Remorqueur du Champ de Mars (atomicskate.com)

Foto yang ketiga diberi judul Trois petits Enfants blancs, parc Monceau (Three little white children, Parc Monceau) yang diambil pada tahun 1971.  Foto ini memiliki citra wanita (mewakili pembaca anonim) pada monumen abad ke-19 penulis Perancis  Guy  de Maupassant di Parc Monceau, Paris dengan latar belakang  tiga anak berjaket/berkerudung  putih yang  sedang berjalan.

Trois petits enfants blancs, parc Monceau (i54.tinypic.com)
Trois petits enfants blancs, parc Monceau (i54.tinypic.com)

Sedangkan  Foto yang keempat diberi judul Le Chien a Roulettes (Dog on Wheels) yang diambil pada tahun 1977.  Foto tersebut menunjukkan seekor anjing dengan roda yang melekat pada kaki belakangnya tampak menunggu di trotoar Paris,  sementara dua wanita sedang ngobrol di pintu masuk sebuah toko minuman keras.

Le Chien a Roulettes (cache2.artprintimages.com)
Le Chien a Roulettes (cache2.artprintimages.com)

Yang menarik dari ke empat foto tersebut adalah Le baiser de l’hotel de ville, kedua orang yang diambil dalam foto tersebut sebelumnya menjadi misteri hingga tahun 1992. Bahkan tidak seorangpun tahu apakah foto tersebut diambil secara kebetulan dijalanan Paris ataukah memang diarahkan sebagai model foto Doisneau. Baru pada tahun 2005, salah seorang model dalam foto tersebut,  Françoise Bornet (Delbart), menyatakan bahwa, “Dia  (Doisneau ) mengatakan kepada kami bahwa kami terlihat menawan, dan kemudian bertanya apakah kami mau  berciuman sekali lagi untuk diabadikan dengan kamera,  kamipun  tidak keberatan.”

Ketika Doisneau meninggal pada usia  81 tahun, tepatnya pada tanggal 1 April 1994, ia meninggalkan  450.000  koleksi  film  negatif,   diantaranya adalah keempat foto yang dipamerkan melalui  Google doodle hari ini.

Sumber : Wikipedia dan ibnlive.in.com

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Peringkat Webometrics Indonesia Update Juli 2012 Peringkat Webometrics Indonesia Update Juli 2012 - Webometrics sebagai salah satu standar dalam penilaian Universitas Terbaik di seluruh dunia bulan J...
Inilah Alasan Kenapa E KTP Tidak Boleh di Fotocopy Inilah Alasan Kenapa E KTP Tidak Boleh di Fotocopy - Berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri No 471.13/1826/SJ tentang e-KTP yang menyatakan bah...
Inilah Isi Surat Pemecatan Prabowo dari ABRI Inilah Isi Surat Pemecatan Prabowo dari TNI - Beberapa hari terakhir ini beredar Surat Pemecatan Prabowo dari TNI (ABRI pada saat itu) pada tanggal 24...
Profile Raditya Dika Profil Lengkap Raditya Dika – Dika Angkasaputra Moerwani atau yang biasa kita kenal dengan nama Raditya Dika adalah seorang penulis asal Indonesia. Di...
Untuk Pertama Kalinya Masuk Terekomendasi Media Ko... Media Kompasiana adalah salah satu kanal berita yang cukup diminati di Indonesia, perkembangannya pun terus menanjak naik. Banyak penulis baik dari lu...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*