Download Aplikasi DAPODIKMEN 2014

Aplikasi Dapodikmen merupakan perkembangan dari aplikasi PAS (Paket Aplikasi Sekolah), sehingga bukan merupakan aplikasi baru yang mengharuskan operator sekolah mendata ulang data-data sekolah. Untuk pemutakhiran data, operator sekolah dapat melengkapi data PAS yang menyesuaikan dengan struktur data Dapodikmen dengan tujuan mendapatkan data yang akurat dan lengkap.

Spesifikasi minimal perangkat keras (hardware) yang diperlukan adalah processor minimal pentium IV, memory minimal 512 MB, storage tersisa minimal 100 MB, dan CD/DVD drive jika instalasi dilakukan melalui media CD/DVD.

Sedangkan spesifikasi minimal perangkat lunak (software/operating system) yang diperlukan adalah Windows XP SP3, Windows Vista, Windows 7 32 & 64 Bit, Windows 8 32 & 64 Bit, dan Windows 8.1 32 & 64 Bit. Kemudian untuk browser dapat menggunakan Google Chrome (sangat disarankan dan bersih dari plugins-plugins), Opera, dan Mozila Firefox.

Pengguna aplikasi Dapodikmen terdiri dari kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan (PTK), peserta didik, dan operator sekolah, yang memiliki perannya masing-masing. Kepala sekolah berperan sebagai pembagi guru mengajar di setiap rombongan belajar (rombel) dan mengawasi operator sekolah dalam pengisian aplikasi Dapodikmen.

Peran PTK adalah sebagai pengajar dan pelaksana, sekaligus bertugas mengisi formulir individual PTK dan mengecek kebenaran dan kelengkapan data individu yang dientri oleh operator Dapodikmen. Peran peserta didik adalah mengisi formulir Peserta Didik dimana formulir diserahkan kepada orang tua untuk diisi secara lengkap.
download installer aplikasi dapodikmen 2014, link unduh dapodikmen pengganti PAS

aplikasi dapodikmen 2014
Aplikasi Dapodikmen 2014

Sedangkan operator sekolah memiliki tiga peran. Pertama, menyebarkan formulir pendataan kepada sekolah, PTK, dan peserta didik dalam rangka mendapatkan data untuk dientri ke dalam aplikasi. Kedua, mengentri data sesuai dengan data yang terisi di formulir pendataan. Dan ketiga, mengirim data ke server melalui aplikasi Dapodikmen.

Direktur Jenderal (Dirjen) Dikmen, Achmad Jazidie mengatakan, aplikasi Dapodikmen ini bukan merupakan aplikasi baru, melainkan pengembangan dari aplikasi PAS (Paket Aplikasi Sekolah) yang dimiliki Ditjen Dikmen sebelumnya. “Dapodikmen ini pengembangan lebih lanjut dari aplikasi yang sudah ada. Sehingga PAS untuk SMA, SMK dan SMA-LB diintegrasikan,” ujarnya dalam peluncuran Dapodikmen di Gedung D Kemdikbud, Jakarta, (02/05/2014).

Jazidie menjelaskan, berdasarkan Surat Edaran Mendikbud No. 0293/MPK.A/PR/2014, tidak ada lagi penjaringan data di luar sistem pendataan Dapodik. “Ini sudah menjadi kebijakan menteri,” tegasnya. Ia juga menekankan pentingnya data untuk sebuah perencanaan. Dan perencanaan merupakan langkah awal untuk pengembangan berbagai hal, termasuk di bidang pendidikan.

Sementara Sekretaris Ditjen Dikmen, Sutanto mengatakan, Dapodikmen juga dibutuhkan untuk mendukung suksesnya program Pendidikan Menengah Universal (PMU) dan implementasi Kurikulum 2013. Ditjen Dikmen, katanya, sudah menyiapkan perangkat lunak (software) Dapodikmen dan buku manual penggunaan aplikasi untuk dibagikan ke sekolah-sekolah sehingga memudahkan operator sekolah dalam menggunakan aplikasi Dapodikmen.

Kebijakan DIKMEN menggunakan aplikasi baru yang disebut DAPODIKMEN menggantikan aplikasi PAS yang telah digunakan selama ini, tentu ada alasan yang kuat. Sistem Aplikasi DAPODIKMEN nampak serumpun platformnya dengan aplikasi DAPODIKDAS baik dari sisi backend dan frontendnya. Kemungkinan alasannya adalah dengan solusi aplikasi serumpun platform tersebut diharapkan proses lintas transaksi data antar jenjang dapat dilakukan relatif lebih mudah dibanding transaksi data antar aplikasi yang berbeda platformnya.

Nah buat Anda operator sekolah di tingkat SMA SMK dan SMLB silakan download installer dapodikmen di alamat berikut ini:

Installer dapodikmen
http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/portal/web/laman/download

http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/portal/web/download/800

Dokumentasi Dapodikmen SMK
http://202.92.204.193:8090/web/docs/dokSMK.pdf

Dokumentasi Dapodikmen SMA
http://202.92.204.193:8090/web/docs/dokSMA.pdf

Download Formulir PTK dapodikmen
http://202.92.204.193:8090/web/docs/F-PTK.pdf

Download formulir Peserta Didik Dapodikmen
http://202.92.204.193:8090/web/docs/F-PD.pdf

Formulir isian Sekolah Dapodik Men
http://202.92.204.193:8090/web/docs/F-SEK.pdf

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Video Tes Renang Seleksi Polri Setelah kemarin saya membuat artikel tentang Video Proses Tes Seleksi Polwan pada kali ini saya akan membuat tulisan tentang bagaimana proses tes rena...
Pendaftaran dan Persyaratan Brigadir Polri Tahun 2... Pendaftaran dan Persyaratan Brigadir Polri Tahun 2014 - Setelah lama ditunggu-tunggu akhirnya pendaftaran Brigadir Polri Tahun 2014 secara resmi telah...
Persyaratan Masuk Sekolah Tinggi Pertanahan Nasion... Persyaratan Masuk Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional 2014 - Sekolah Tinggi Pertanahan atau biasa disingkat dengan STPN adalah salah satu sekolah kedin...
Prediksi Soal UN SMA Matematika IPA 2013 Prediksi Soal UN SMA Matematika IPA 2013 - Selamat datang para pembaca semua, disini anda bisa mendownload Prediksi Soal UN SMA Bahasa Inggris 2013. S...
Ujian Masuk UGM 2013 Ujian Masuk UGM 2013 - Pada update kali ini Lintas Berita akan menginformasikan tentang Ujian Masuk UGM tahun 2013. Ujian masuk ini dibedakan menjadi ...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*