Daun Khat Narkoba Jenis Baru

 Kesehatan

Daun Khat Narkoba Jenis Baru – Tanaman Khat ini lebih dikenal dimasyarakat sebagai teh arab. Daun Tanaman Khat ini semakin terkenal setelah mencuatnya kasus narkoba yang menimpa artis ternama Indonesia yaitu Raffi Ahmad. Diduga narkoba yang digunakan oleh Raffi Ahmad berasal dari tanaman ini.

Sebenarnya di Indonesia sendiri tanaman ini telah dikenal lama sekali. Tanaman yang berasal dari Yaman ini dipercaya mampu meningkatkan stamina tubuh dan mengobati penyakit diabetes dan menangkal lemak. Orang dari daerah Timur Tengah biasa mengkonsumsi daun ini dengan cara dikunyah secara langsung sebagai lalapan.

Pada kasus Raffi Ahmad ditemukan narkoba jenis katinona ( cathinone ) yang berasal dari tanaman Khat ini. Tanaman jenis Khat ini sudah ada di Indonesia sejak 10 tahun lalu. Penasaran seperti apa bentuk tanaman Khat ini, silahkan perhatikan gambar dibawah ini :

daun khat

tanaman khat

daun katinone

Tanaman ini memiliki 2 jenis yaitu berbatang merah dan berbatang putih. Setelah kasus Raffi Ahmad mencuat tanaman yang banyak ditanam sebagai pembatas halaman / pagar ini menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Seperti di daerah Puncak, banyak warga yang menanam tanaman khat ini sejak 10 tahun yang lalu. Mereka mengaku tidak tahu jika tanaman ini bisa digunakan sebagai bahan dasar narkoba. Memang mereka mengakui tanaman ini sangat menghasilkan dari segi keuangan, pucuk daun khat ini dijual seharga Rp 200.000,- hingga Rp 300.000,- per kilogramnya.

Bukan hanya di daerah Puncak saja, di daerah Banyumas bahkan ditemukan sebuah lahan yang khusus menanam Daun Khat ini luas lahan tersebut 3 hektar. Tanah atau lahan yang ditanami oleh daun khat tersebut disewa oleh orang yang berasal dari daerah Timur Tengah.

Warga mengaku memang sering mengunyah daun tersebut tetapi mereka tidak merasakan perubahan dalam diri mereka, mereka tidak mabuk setelah mengunyah daun khat tersebut.

Tanaman khat ini memiliki tinggi antara 30 cm hingga 1,5 meter, yang diambil dari tanaman ini hanyalah pucuk daunnya saja. Daun khat mengandung zat cathinone yang merupakan zat psikotropika yang terdapat dalam tumbuhan catha edulis.

Tumbuhan sejenis ini banyak di temukan di negara Azerbaijan. Tanaman khat bisa dikonsumsi langsung dengan cara dikunyah. Bila dilihat dari strukturnya, cathinone memiliki struktur yang mirip dengan jenis narkoba yang lebih populer di Indonesia yaitu amphetamine. Cathinone diduga memiliki efek yang sama pada pengguna yaitu untuk membangkitkan stamina. Para pengguna cathinone akan merasakan euforia, nafsu makan hilang, dan berhalusinasi.

Itulah sedikit tulisan tentang Daun Khat Narkoba Jenis Baru semoga bermanfaat bagi anda semua.

Author: 

Anhar Wahyu is The Founder of  Lintas Berita He is also Founder of Pusat Materi and WikiCaraPedia He started blogging in 2009 at Blog UMY. He stay at Yogyakarta, You can connect him via His Google+ account or Facebook.

No Responses

Leave a Reply