Contoh Proposal Usaha & Proposal Bisnis

PROPOSAL/ USULAN

PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA

(ENTERPRENEUR STUDENT PROGRAM)

BAGI MAHASISWA PTS DI LINGKUNGAN KOPERTIS WILAYAH V

TAHUN 2010

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Judul Rencana Usaha                  :  PENJUALAN PAKAIAN DAN AKSESORIS KHUSUS PRIA DI PASAR

KLITHIKAN PAKUNCEN WIROBRAJAN SECARA DIRECT MARKETING

DAN INTERNET MARKETING

Nama & Alamat PTS                   : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (UMY)

JL. RINGROAD BARAT, TAMANTIRTO, KASIHAN, BANTUL 55183

Nama / No. Mhs. Ketua Tim       :  A. RODES MEDO/ 20080420080

Nama / No. Mhs. Anggota Tim   :  1. TRIS KURNIAWAN

2. PELONES POLENSA

3. TRYANA KEUMALASARI

 

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL

KOORDINASI PERGURUAN TINGGI SWASTA WILAYAH V

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Jalan Tentara Pelajar 13 Yogyakarta Telp. 513538 – 587249

Tahun 2010

 

Ringkasan Proyek

 

A. MANAJEMEN

  • Nama Unit Usaha                                       : TOKO/ KIOS SMART-3 (Solusi Mencari Rezeki   

                                                                                Tambahan Tanpa Tipuan)

  • Nama Pimpinan                                         : A. RODES MEDO
  • Bidang Usaha                                             : Penjualan Pakaian dan Aksesoris Khusus Pria  di

  Pasar Klithikan Pakuncen Wirobrajan Secara Direct 

  Marketing dan Internet Marketing

  • Jumlah Karyawan/ Tenaga Kerja               : 4 ORANG

B. PEMASARAN

  • Produk yang Dipasarkan                     : Pakaian Distro dan Aksesoris Berkualitas
  • Sasaran Konsumen/ Pembeli              : Masyarakat, Pelajar, dan Mahasiswa
  • Wilayah Pemasaran                            : Kota Yogyakarta (Direct Marketing)  dan Seluruh

                                                                   Wilayah Indonesia (Internet Marketing)

  • Rencana Penjualan minimum /Bulan : Rp28.637.500
  • Penetapan Harga Jual                         : Bervariasi

C. PRODUKSI/ OPERASI

  • Kapasitas Penjualan                            : Rp33.100.000
  • Ketersediaan Persediaan                    : BELUM ADA
  • Fasilitas/ Sarana Pemasaran              : Toko/ Kios di Blok B Pasar Klithikan Pakuncen

D. KEUANGAN

  • Total Pembiayaan Proyek                   : Rp32.000.000
  • Modal Sendiri                                     : Rp0
  • Biaya yang diusulkan                          : Rp32.000.000
  • Rencana Penjualan per-Tahun (Rp)    : 397.200.000
  • Keuntungan per-Tahun (Rp)               : 74.424.080
  • Return On Investment (ROI)               : 20 Bulan
  • Break Even Point                                 : 14 Bulan

 

PROPOSAL/USULAN

PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA

(ENTERPRENEUR STUDENT PROGRAM)

BAGI MAHASISWA PTS KOPERTIS WILAYAH V

TAHUN 2010

 

Judul Rencana Usaha  :  PENJUALAN PAKAIAN DAN AKSESORIS KHUSUS PRIA DI PASAR

KLITHIKAN PAKUNCEN WIROBRAJAN SECARA DIRECT MARKETING

DAN INTERNET MARKETING

 

  1. A.   Ketua Tim  :
  • Ø Nama                                                     : A. RODES MEDO
  • Ø Fakultas / Jurusan / Program Studi       : EKONOMI/ AKUNTANSI
  • Ø Nama PTS                                              : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA  (UMY)
  • Ø Nomor Induk Mahasiswa                      : 20080420080
  • Ø Alamat & Nomor Telp. Di Yogyakarta  : JL. S.PARMAN GG.KRESNO Lt.2

KEL.KETANGGUNGAN KEC. WIROBRAJAN

KOTA YOGYAKRTA 55252

  1. B.   Anggota Tim  :
  2. Nama                                                  : TRIS KURNIAWAN

Fakultas / Jurusan / Program StudI   : AGAMA ISLAM/ EKONOMI PERBANKAN ISLAM

Nama PTS                                           : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (UMY)

Nomor Induk Mahasiswa                   : 20080730042

Alamat & Nomor Telp                                   : JOGOYUDAN JT.III RT.39 RW.10 GOWONGAN

 

  1. Nama                                                  : PELONES POLENSA

Fakultas / Jurusan / Program StudI   : ILMU SOSIAL DAN POLITIK/ ILMU PEMERINTAHAN

Nama PTS                                           : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (UMY)

Nomor Induk Mahasiswa                   : 20080520076

Alamat & Nomor Telp                                    : JL. S.PARMAN GG.KRESNO Lt.2

KEL.KETANGGUNGAN KEC. WIROBRAJAN

KOTA YOGYAKRTA 55252

 

  1. Nama                                                  : TRYANA KEUMALASARI

Fakultas / Jurusan / Program StudI   : EKONOMI/ AKUNTANSI

Nama PTS                                           : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (UMY)

Nomor Induk Mahasiswa                   : 20080520077

Alamat & Nomor Telp                                    : PERUMAHAN TAMANTIRTO MAS B-6 BANTUL

 

 

  1. C.   Dosen Pembimbing
  • Ø Nama                                                     : ALEX MURTIN, S.E., M.Si, Akt
  • Ø Fakultas / Jurusan / Program Studi       : EKONOMI/ AKUNTANSI
  • Ø Nama PTS                                              : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
  • Ø NIP                                                               : 143 065

 

Waktu Pelaksanaan                                            :  8 (delapan) bulan, April – November 2010

Biaya yang diusulkan                                          :  Rp32.000.000,- (TIGA PULUH DUA JUTA RUPIAH)

 

 

Yogyakarta,  12  Maret  2010

Mengetahui :

Dosen Pembimbing,

ALEX MURTIN, S.E., M.Si, Akt

NIK 143 065

Mengetahui/ Menyetujui

Pembantu Rektor III

 

 

Drs. HUSNI AMRIYANTO PUTRA, M.Si

NIK 163 026

Ketua Tim / Penanggungjawab,

A. RODES MEDO

NIM  20080420080

Mengetahui/ Menyetujui,

Lembaga Wirausaha

 

trIyana

NIK 100 126

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

I. Latar Belakang

1.1. Dasar Gagasan Usaha

1.1.1. Pendahuluan

Kebutuhan akan sandang merupakan kebutuhan primer setiap orang. Dari tahun ke tahun peningkatan dari produk ini sangatlah pesat. Untuk memenuhi tren saat ini diperlukannya unit usaha yang dapat menyediakan produk tersebut. Tetapi penyediaan produk yang berkualitas hanya sedikit yang kita jumpai di Pasar Klithikan karena kualitas dari pakaian yang dijual di Pasar Klithikan rata-rata adalah kualitas biasa. Disini kita akan menerapkan  penjualan pakaian dan aksesoris berkualitas dengan harga terjangkau atau berskala pakaian distro.

Perkembangan penawaran disektor Reseller Pakaian dan Aksesoris pada saat ini memang umum telah dilakukan. Hal tersebut disebabkan karena sektor usaha ini sudah dibidik secara serius. Oleh karena itu, agar usaha Toko/Kios Pakaian dan Aksesoris ini  menjadi lebih baik maka perlu peningkatan penawaran yang memberikan nilai lebih bagi konsumen dengan cara mendiskon harga dengan ketentuan yang berlaku.

Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha Toko/ Kios Pakaian dan Aksesoris pada masa yang akan datang, maka perlu adanya penawaran produk yang memberikan nilai lebih dan manfaat bagi konsumen. Penawaran tersebut akan semakin variatif (lebih banyak produk yang ditawarkan dalam hal ini tidak dimiliki oleh pesaing) maupun lebih kompetitif karena sudah ditunjang dengan perangkat teknologi informasi yang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi atau sebatas bertukar informasi.

Kebutuhan pakaian pria dan aksesoris sangat banyak peminatnya di Pasar Klithikan, hal ini telah dibuktikan berdasarkan hasil survey pasar yang telah kami lakukan. Terdapat 750-1000 pengunjung setiap harinya dari sekian jumlah tersebut 90% adalah berjenis kelamin pria. Hal ini merupakan peluang bagi kami untuk menyediakan produk yang mereka  butuhkan.

Kami telah mendapatkan ruang usaha di Pasar Klithikan yaitu di Blok B sebagai pusat penjualan pakaian. Dan Rencananya akan kami lakukan pengembangan usaha yaitu menyewa rumah/ Ruko/ Ruang Usaha yang berbentuk Toko. Dan setiap tahunnya akan membuka cabang baru sebagai perluasan wilayah pemasaran kami.

 

 

1.1.2. Prospek Pasar

Penjualan pakaian dan aksesoris di Pasar Klithikan sangatlah menguntungkan, karena setiap harinya tidak pernah sepi dari pengunjung. Rata-rata produk yang dijual di pasar Klithikan adalah kualitas biasa. Dengan adanya Toko/ Kios smart-3 serta dukungan finansial dari Kopertis V, kami mampu menjawab tantang tesebut. Kami akan menjual barang yang berkualitas tentunya dengan harga yang kompetitif.

1.1.3. Manfaat Ekonomi

Usaha ini dapat memberdayakan kami sebagai  pengusaha demi meningkatkan taraf hidup yang lebih baik, sehingga dapat mengurangi beban orang tua dalam membiaya kuliah kami.

1.1.4. Manfaat Sosial

Tidak menutup kemungkinan kami akan membuka cabang baru untuk memperluas wilayah pemasaran. Harapan kami setiap tahunnya ada Cabang baru yang akan kami dirikan. Hal ini jelas dapat merekrut dan membuka lapangan pekerjaan baru, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

 

Kami juga ingin merubah paradigma masyarakat Jogja khususnya, bahwa Pasar Klithikan Pakuncen juga menjual barang-barang yang berkualitas dengan harga murah yang tidak kalah dengan Toko atau distro pada umumnya, tidak seperti sekarang ini bahwa masyarakat Jogja khususnya Mahasiswa/ Pelajar malu kalau beli pakaian mereka tersebut di Pasar Klithikan yang notabene nya barang-barang yang dijual tidak berkualitas. Hal ini hanyalah tempat yang membedakan produk kami, sedangkan merek dan nama barang serta kualitasnya sama.

 

 

 

2. Aspek Pemasaran

 

2.1. Gambaran Umum Pasar

1. Jenis produk yang dipasarkan adalah Pakaian distro dan Aksesoris yang berkualitas dengan

harga kompetitif, karena rata-rata produk serupa yang dipasarkan di Pasar Klithikan adalah

kualitas menengah ke bawah atau kualitas biasa.

2. Wilayah Pemasaran mencakup daerah Kota Yogyakarta untuk sistem penjualan langsung

atau Direct Marketing dan seluruh wilayah Indonesia untuk sistem e-commerce atau

internet marketing dan Media Katalog

3. Yang menjadi segmen dari usaha Penjualan Pakaian dan aksesoris  ini adalah

a. Segmen pasar Khusus Pria (untuk tipe Penjualan secara direct marketing atau   penjualan langsung di Pasar Klithikan),

b. Segmen Pasar Umum Pria dan Wanita (Untuk tipe penjualan internet marketing  karena menggunakan media Katalog dan Pembelian langsung di situs www.smart-   3.net)

2.2. Permintaan

2.2.1. Proyeksi Permintaan Selama 1 tahun

Dengan adanya modal dari Kopertis V, maka kami dapat memproyeksikan penjualan kami dapat meningkat setiap bulannya yaitu sebesar 10% dan mengalami puncak penjualan pada bulan ke-6.

NO

JENIS PRODUK

Target Penjualan Untuk Bulan Ke-

  PAKAIAN 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
1 Celana Panjang Standar (Bahan Jeans)

50

55

61

67

73

81

81

81

81

81

81

81

2 Celana Panjang Pensil (Bahan Jeans)

50

55

61

67

73

81

81

81

81

81

81

81

3 Celana Panjang standar  (Bahan Kain)

35

39

42

47

51

56

56

56

56

56

56

56

4 Celana Pendek

35

39

42

47

51

56

56

56

56

56

56

56

5 Polo Shirt

35

39

42

47

51

56

56

56

56

56

56

56

6 Baju Kemeja

50

55

61

67

73

81

81

81

81

81

81

81

7 T-Shirt

80

88

97

106

117

129

129

129

129

129

129

129

 

 

AKSESORIS
1 Topi

35

39

42

47

51

56

56

56

56

56

56

56

2 Tali Pinggang

35

39

42

47

51

56

56

56

56

56

56

56

3 Dompet

35

39

42

47

51

56

56

56

56

56

56

56

4 Gelang

35

39

42

47

51

56

56

56

56

56

56

56

5 Cincin

35

39

42

47

51

56

56

56

56

56

56

56

6 Kalung

35

39

42

47

51

56

56

56

56

56

56

56

7

Sarung HP bergambar

100

110

121

133

146

161

161

161

161

161

161

161

 
  KATALOG                        

1

Penjualan Katalog

40

44

48

53

59

64

64

64

64

64

64

64

 

2.3. Strategi Pemasaran Perusahaan

Strategi pemasaran yang dilakukan :

a. Keterangan Produk

– Mutu             : Pakaian dan Aksesoris yang dipasarkan adalah mutunya terjamin dan

berkualitas atau kualitas berskala distro. Berbeda dari kualitas yang

kebanyakan dijual di Pasar Klithikan

– Ukuran          : S, M, L, XL

– Kemasan       : Tidak ada kemasan atau masih berlabel, kecuali aksesoris sebagian

ada yang berkemasan

 

b. Harga Produk

– Harga                                    : bervariasi

– Syarat pembayaran  : Cash tunai atau transfer Bank

– Potongan                   : Kami akan memberikan diskon 5% setiap pembelian diatas

Rp3.000.000,-

c. Jalur Penjualan

Dengan adanya produk yang kami tawarkan di atas, sehingga

Ada tiga sistem marketing yang kami terapkan yaitu :

  1. 1.      Direct Selling

Kami akan melakukan penjualan langsung di Pasar Klithikan dengan sistem pembagian waktu jaga Kios/ Lapak yang dimulai dari pukul 10.00 WIB s.d 22.00 WIB.

  1. 2.      Internet Marketing

Kami akan menjual produk kami lewat internet dengan situs pribadi yang telah kami miliki yaitu www.smart-3.net dengan konsep e-commerce webdesign, sehingga konsumen di situs kami bisa cek harga, cek model (melihat gambar + Keterangan produk), cek persediaan, cek ukuran, dan dapat melakukan pembelian langsung di situs kami. Pembayaran dilakukan dengan cara transfer bank.

  1. 3.      Media Katalog

Kami juga akan menyebarluaskan bisnis kami ini dengan media Katalog yang akan dipasarkan lewat Website kami yaitu www.smart-3.net dengan sistem merekrut reseller/ agen baru sebagai upaya untuk mengembangkan wilayah pemasaran produk kami dengan target yaitu seluruh wilayah Indonesia. Katalog ini akan kami berikan kepada pemesan/ calon agen/ calon reseller seharga Rp40.000,-/ Katalog yang berisi daftar harga pakaian dan aksesoris serta gambar yang menarik.

Beragam keuntungan bisnis lewat Katalog ini, antara lain :

–          Modal kecil,

–          Hanya bermodalkan katalog,

–          Katalog berisikan 500 macam produk beserta daftar harga dasar serta harga jual,

–          Bisa dijalankan oleh siapa saja seperti : Ibu Rumah Tangga, Pelajar/Mahasiswa/i, Pegawai, Pemilik Distro/Toko, Agen, dan lain-lain.

–          Tidak perlu menyetok barang,

–          Tidak ada target penjualan,

–          Harga disesuaikan sendiri, sesuai target pasar yang dituju,

–          Barang bisa di retur, dan masih banyak yang lainnya.

Ketentuan serta fasilitas menjadi agen/ reseller pada smart-3 adalah sebagai berikut :

  1. Anda bisa mendapatkan katalog produk smart-3 dengan pilihan paket :

PAKET ESKLUSIF     : Anda Melakukan pembelian pertama senilai minimum

Rp1.000.000 maka anda akan mendapatkan Katalog dan

panduan bisnisnya secara gratis.

PAKET BISNIS         : Anda Melakukan pembelian pertama senilai minimum

Rp500.000 maka anda akan mendapatkan Katalog dan

panduan bisnisnya dengan diberikan diskon sebesar 50% dari

harga Katalog yaitu sebesar Rp20.000,-

PAKET EKONOMI   : Anda tidak perlu melakukan pembelian barang, cukup

  membeli Katalog saja seharga Rp40.000,-

 

  1. Setelah mendapatkan katalog, anda mengirimkan biodata untuk menjadi agen/ reseller smart-3 Toko/ Kios Pakaian dan Aksesoris Online, ke alamat email adminsmart3@gmail.com, atau admin@smart-3.net dengan format sbb:
  • Nama Lengkap             :
  • No HP                          :
  • Email                           :
  • Alamat Lengkap          :

Atau SMS ke 085664988830, dengan format :

     Nama Lengkap/ No HP/ email/ Alamat Lengkap

  1. Transaksi agen akan kami anggap sah jika transaksi agen sesuai dengan biodata anda,

4. Awal pembelanjaan minimal 5 buah, selanjutnya minimal 3 buah,

5. Pada awal pembelanjaan berlaku harga dasar bagi agen,

6. Kami akan memberikan cash back langsung setiap transaksi sebesar 5 % apabila

pembelanjaan minimal Rp. 3.000.000,-

7. Kami akan memberikan langsung beragam bonus menarik apabila pembelanjaan

minimal Rp. 5.000.000,-

8. Ketentuan retur barang

Garansi dari kami, apabila dari pesanan atau order (produk katalog) terdapat produk yang tidak cocok warna, model, ukuran dan rusak (cacat produksi), maka produk dapat diretur (ditukar) kembali pada kami dalam waktu 2 minggu setelah faktur pembelian, dengan ketentuan kondisi tag (label stiker) masih utuh, layak dijual kembali, serta tidak rusak/ kotor serta ongkos kirim ditanggung agen.

 

Cara Transaksi Agen

1. Pemesanan bisa melalui SMS/ Telp/ email/ YM :

     SMS/Telp   : 085664988830

     email           : adminsmart3@gmail.com atau admin@smart-3.net

     YM               : admin_smart-3

2. Dengan format pemesanan sebagai berikut :

    (No Urut-Ukuran-Jumlah), (No Urut-Ukuran-Jumlah), dst.

contoh : (12-M-1),(32-L-3),(91-AS-2),dst

3. Setelah pemesanan, kami akan mengkonfirmasi ke anda setelah mengecek ketersediaan barang serta menghitung jumlah pembayaran beserta ongkos kirimnya.

4. Setelah mendapatkan konfirmasi pembayaran, kemudian anda transfer ke nomor rekening sbb :

    BCA : 126 0450 471 a.n A. RODES MEDO

5. Setelah transfer, anda konfirmasi transfer kepada kami beserta alamat tujuan paket barang dengan format:

    SUDAH TRANSFER#<nominal uang>#<nama bank>#<nama anda>#<alamat

    lengkap>#<pesan, jika ada>

contoh : SUDAH TRANSFER#123.000#BCA# RODES# Jl. S.Parman  No. 20

                    Yogyakarta 55252#tolong dikirim secepat mungkin

6. Setelah kami menerima konfirmasi dari anda, maka kami akan mengirimkan pesanan anda secepatnya melalui jasa paket kilat seperti TIKI, JNE, POS, PAHALA, dsb.

7. Kami akan mengirimkan konfirmasi kepada anda setelah pesanan anda kami kirim

8. Segala hal ataupun ketentuan diatas dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Info lebih lanjut hubungi SMS/ Call Center kami di 085664988830

d. Promosi

Promosi dilakukan dengan penyebaran brosur, leaflet, Katalog, dan Kami akan melakukan iklan di internet untuk menjual produk yang kami tawarkan dengan mendaftarkan situs kami pada layanan penyedia iklan di internet. Dan memasang banner pada situs yang relevan untuk mempromosikan keberadaan Toko/ Kios Online kami ini. Dan juga kami akan membuat grup di Facebook dan twitter sebagai langkah mempercepat penjualan dan forum diskusi mengenai produk-produk yang kami tawarkan.

2.4. Analisis Pesaing

No.

Uraian

Toko/Kios smart-3

Perusahaan Pesaing

Kios Uda

Kios Riky

Kios Ma’am

1. Harga Jual Bervariasi tapi kompetitif bervariasi bervariasi bervariasi
2. Mutu Produk Berkualitas biasa biasa biasa
3. Kemasan
4. Promosi Dilakukan
5. Merk Rollink, Black ID, Merek tidak terkenal Merek tidak terkenal Merek tidak terkenal
6. Potongan Penjualan Pembelian di atas Rp3.000.000 dapat diskon 5% Tidak ada diskon Tidak ada diskon Tidak ada diskon
7. Bentuk Pembayaran Tunai untuk Direct Marketing/ Transfer Bank untuk Internet Marketing Tunai Tunai Tunai
8. Pelayanan Kepuasan konsumen kami utamakan, Konsumen dilayani dengan ramah dan penuh perhatian Konsumen terkadang diabaikan, ketika mereka lagi makan atau ngobrol Konsumen terkadang diabaikan, ketika mereka lagi makan atau ngobrol Konsumen terkadang diabaikan, ketika mereka lagi makan atau ngobrol

 

2.5. Metode Promosi & Biaya Promosi

Metode Promosi Wilayah Sebaran Biaya (Rp)
Penjualan Katalog Seluruh wilayah Indonesia 40.000
Mouth to Mouth Kota Yogyakarta, Wilayah Kampus UMY
Penyebaran Brosur, leaflet Kota Yogyakarta 50.000
Pembuatan Website

e-commerce

  660.000
Iklan di internet Seluruh dunia, karena website www.smart-3.net ada translate tools nya. 30.000
TOTAL BIAYA 780.000

 

 

 

2.6. Penetapan Harga Jual*

NO

JENIS PRODUK

Harga Jual / Unit ( Rp ) untuk bulan ke-

PAKAIAN

1

2

3

4

5

6

1

Celana Panjang Standar (Bahan Jeans)

85.000

         

2

Celana Panjang Pensil (Bahan Jeans)

90.000

         

3

Celana Panjang standar  (Bahan Kain)

70.000

         

4

Celana Pendek

60.000

         

5

Polo Shirt

45.000

         

6

Baju Kemeja

50.000

         

7

t-Shirt

 40.000

         

             

AKSESORIS            

1

Topi

15.000

         

2

Tali Pinggang

25.000

         

3

Dompet

25.000

         

4

Gelang

7.500

         

5

Cincin

25.000

         

6

Kalung

30.000

         

7

Sarung HP bergambar

20.000

         

 

         

KATALOG

 

         

1

Penjualan Katalog

40.000

         

 

*harga dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan kenaikan harga dari vendor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Aspek Operasi

3.1. Produk

1. Ciri-ciri produk

a. Berukuran S, M, L, XL

b. Warna bervariasi disesuaikan dengan kebutuhan

c. Pakaian berbahan jeans, cotton berkualitas

d. Memiliki Merk Terkenal seperti Rollink, Black ID, dll

e. Aksesoris disesuaikan dengan kebutuhan

 

2. Kegunaan Utama Produk

  1. Untuk memenuhi kebutuhan tren/ fashion anak muda
  2. Untuk mempergaya dan menambah percaya diri pemakai produk yang kami jual karena bukan murahan.

 

3.2. Proses Operasi

Skema/ Bagan Alur Proses Operasi

PEMBELIAN TUNAI PERSEDIAAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENJUALAN TUNAI PERSEDIAAN

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk penjualan lewat transfer bank/ internet marketing

Untuk penjualan tunai secara langsung atau direct marketing

 

3.3.            Kapasitas Penjualan

Kami menargetkan kenaikan volume penjualan sebesar 10% setiap bulannya, sehingga mencapai puncak penjualan pada bulan ke-6 yaitu :

Bulan Ke-

Rencana Penjualan

1

                                               Rp                    28.637.500

2

 Rp                     31.501.250

3

 Rp                     34.651.375

4

 Rp                     38.116.513

5

 Rp                     41.928.164

6

 Rp                     46.120.980

7

 Rp                     46.120.980

8

 Rp                     46.120.980

9

 Rp                     46.120.980

10

 Rp                     46.120.980

11

 Rp                     46.120.980

12

 Rp                     46.120.980

Total Penjualan Tahun 2010

Rp                   497.681.662

 

3.4. Peralatan

Nama Peralatan Merk Jumlah Harga (Rp) Total (Rp)
Hanger Baju

50

    5.000

250.000

Tempat Gantungan Hanger

2

150.000

300.000

Kunci Pengaman Gudang Persediaan

2

25.000

50.000

Tempat Gantungan Aksesoris

2

150.000

300.000

TOTAL BIAYA

   900.000

 

3.5. Persediaan

1. Barang Persediaan yang diperlukan sesuai dengan Rencana Penjualan bulan ke-1 :

Produk

Jumlah

Harga (Rp)

Total (Rp)

Celana Panjang Standar (Bahan Jeans)

60

 70.000

4.200.000

Celana Panjang Pensil (Bahan Jeans)

60

      75.000

4.500.000

Celana Panjang standar  (Bahan Kain)

40

           60.000

2.400.000

Celana Pendek

40

50.000

  2.000.000

Polo Shirt

40

           40.000

1.600.000

Baju Kemeja

60

           40.000

          2.400.000

t-Shirt

100

35.000

           3.500.000

Biaya Kirim

1

500.000

500.000

Jumlah Penjualan Pakaian

          21.100.000

Produk

Jumlah

Harga (Rp)

Total (Rp)

Topi

40

8.500

              340.000

Tali Pinggang

30

       15.000

600.000

Dompet

30

15.000

             600.000

Gelang

40

2.500

               100.000

Cincin

40

           5.000

              200.000

Kalung

40

         7.500

300.000

Gantungan Kunci

40

           5.000

200.000

Sarung HP bergambar

100

         10.000

1.200.000

Jumlah Penjualan Aksesoris

3.040.000

Produk

Jumlah

Harga (Rp)

Total (Rp)

Katalog

50

         20.000

1.000.000

Jumlah Penjualan Katalog    

1.000.000

TOTAL BIAYA

25.140.000

 

2. Persyaratan Pembelian Persediaan

Pembelian Pakaian dan Aksesoris berdasarkan standar mutu yang baik dengan memperhatikan kualitas bahan, warna, dan gambar sablon yang menarik di setiap pakaian. Dan memperhatikan merek Pakaian yang laris terjual, maka itu menjadi prioritas pembelian selanjutnya.

3. Ketersediaan dan kesinambungan Persediaan

Persediaan untuk awal penjualan kita beli dari daerah lain yaitu di Kota Bandung sebagai pusat konveksi dan pusat distributor pakaian merek terkenal seperti Rollink, Black ID,  dan untuk selanjutnya kita mencoba memasarkan produk-produk dari Kota Yogyakarta, seperrti pakaian batik dan aksesoris khas Jogja.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Aspek Organisasi, SDM dan Manajemen

 

4.1. Umum

  1. Nama Perusahaan       : TOKO/ KIOS SMART-3 ( Solusis Mencari Rezeki Tambahan Tanpa

Tipuan)

  1. Bidang Usaha               : Penjualan Pakaian dan Aksesoris
  2. Jenis Produk / Jasa       : Pakaian berskala Distro dan Aksesoris berkualitas
  3. Alamat Perusahaan     : BLOK B, JL. HOS Cokroaminoto Pasar Klithikan Pakuncen Wirobrajan
  4. Nomor Telepon            : 085664988830
  5. Nomor Fax                   : –
  6. Alamat Email               : adminsmart3@gmail.com ATAU admin@smart-3.net
  7. Situs Web                     : www.smart-3.net (masih dalam proses perancangan)
  8. Mulai Berdiri               : –

 

4.2.            BIODATA USAHAWAN

Nama                           : A. Rodes Medo

Jabatan                         : Manager

Tempat dan Tgl Lahir  : Semelako, 01 Mei 1989

Alamat Rumah             : Jl. S. Parman Gg. Kresno No.20 Lt.2 Ketanggungan Wirobrajan

Nomor HP                    : 085664988830

Alamat Email               : Leebonk369@gmail.com

Nama                           : Tris Kurniawan

Jabatan                         : Bagian Persediaan dan bagian Pengiriman

Tempat dan Tgl Lahir  : Curup, 22 Maret 1988

Alamat Rumah             : Jogoyudan Jt.III RT.39 RW.10 Kec. Jetis

Nomor HP                    : 085729606641

Alamat Email               : doroyachi@gmail.com

Nama                           : Pelones Polensa

Jabatan                         : Bagian Pembelian dan Bagian Penjualan/ Kasir

Tempat dan Tgl Lahir  : Bengkulu, 10 Februari 1989

Alamat Rumah             : Jl. S. Parman Gg. Kresno No.20 Lt.2 Ketanggungan Wirobrajan

Nomor HP                    : 081227333315

Alamat Email               : pedy89@gmail.com

Nama                           : Tryana Keumalasari

Jabatan                         : Bagian Akuntansi

Tempat dan Tgl Lahir  : Banda Aceh, 16 Juli 1990

Alamat Rumah             : Perumahan Tamantirto Mas B-6

Nomor HP                    : 05277261962

Alamat Email               : yana.malasari@yahoo.com

 

 

4.3. Bagan/ Struktur Organisasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Garis Komando

Garis Koordinasi

 

Job Description :

  1. MANAGER

–       Melakukan monitoring/ kontrol terhadap perkembangan usaha

–       Memberi perintah/ tugas kerja kepada Bagian-bagian

–       Melayani konsumen yang melakukan pembelian lewat situs

–       Menjawab pertanyaan dan melayani kosumen yang bertanya secara online

–       Melakukan kontrak/ kerjasama dengan pihak vendor sebagai penyedia produk

–       Mengelolah Website Toko/Kios Online www.smart-3.net

–       Mengecek Pembayaran tunai lewat transfer bank

 

  1. Bagian PERSEDIAAN

–       Melakukan perawatan pada persediaan

–       Menjaga kualitas barang tetap terjaga

–       Menghitung dan melaporkan barang yang masih tersedia di Gudang kepada bagian Akuntansi

–       Melakukan Pencatatan terhadap barang masuk dan barang keluar

–       Membuat surat order pembelian

–       Melakukan pengamatan terhadap barang yang top rating/ sedang tren

 

  1. BAGIAN PENGIRIMAN

–       Mengepak Barang yang akan dikirimkan ke konsumen

–       Mengecek Kepastian alamat pemesan

–       Melakukan pengiriman dengan menggunakan jasa pengiriman  seperti TIKI, JNE, POS, dan PAHALA

–       Mengecek status kiriman di website

–       Melaporkan status kiriman

–       Menelpon atau sms kepada pemesan bahwa barang telah dikirim

–       Mengupdate biaya kirim dari Penyedia jasa pengiriman

 

  1. BAGIAN PEMBELIAN

–       Melakukan cek ulang terhadap surat order pembelian dari bagian Gudang

–       Melakukan Pembelian Barang kepada vendor

–       Melakukan cek terhadap barang yang akan dibeli

–       Melakukan Observasi atas produk yang paling sering dibeli

–       Melakukan cek ulang terhadap barang yang telah dibeli sesuaikan dengan faktur pembelian

–       Meretur barang yang rusak

–       Bertanggung jawab kepada manager

 

  1. BAGIAN AKUNTANSI

–       Melakukan pencatatan akuntansi : Mencatat transaksi , Menjurnal, Posting Buku Besar, Membuat Laporan Keuangan

–       Mengecek ulang terhadap faktur pembelian

–       Melaporkan kondisi keuangan per triwulan

–       Mencatat biaya operasional

–       Menyimpan dan mengarsipkan setiap faktur

–       Bertanggung jawab kepada manager

 

  1. BAGIAN PENJUALAN/ KASIR

–       Membuat tabel pembagian jam kerja karyawan

–       Mengevaluasi kinerja karyawan

–       Berorientasi meningkatkan penjualan

–       Melakukan pencatatan keuangan harian atas transaksi penjualan

–       Melaporkan ke bagian Akuntansi setiap transaksi yang terjadi

–       Melayani pembelian lewat situs www.smart-3.net

–       Bertanggung jawab kepada Manager

 

  1. KARYAWAN

–       Membuka dan menutup Toko/ Kios

–       Melakukan Promosi

–       Menata barang dagangan

–       Melayani Konsumen baik offline maupun online

 

  1. VENDOR

–       Mensuplai Barang/ Persediaan

–       Melakukan Kontrak kerjasama dengan manager

–       Memberikan Kredit barang kepada Toko/ Kios smart-3

 

 

 

4.4. Uraian Jabatan

Jabatan

Nama

Gaji (Rp)

Bulan

Tahun

Manager A. RODES MEDO

750.000

9.000.000

Bag.Persediaan/ Pengiriman TRIS KURNIAWAN

750.000

9.000.000

Bag. Akuntansi TRYANA KEUMALASARI

750.000

9.000.000

Bag.Pembelian/ Penjualan/ Kasir PELONES POLENSA

750.000

9.000.000

TOTAL GAJI

3.000.000

36.000.000

 

Untuk tahun 2011 akan dilakukan kenaikan gaji sebesar Rp250.000,- sehingga menjadi Rp1.000.000

Untuk tahun 2012 akan dilakukan kenaikan gaji sebesar Rp500.000,- sehingga menjadi Rp1.500.000

 

4.5. Kegiatan Pra-Operasi dan Jadwal Pelaksanaan

Jenis Kegiatan Pra-Operasi

Jadwal Pelaksanaan

Biaya Pra-

Operasi

Minggu Ke-1 Bulan Maret 2010 Minggu Ke-2 Bulan Maret

2010

Minggu Ke-1 dan 2 Bulan April 2010 Minggu Ke-3 dan 4 Bulan April 2010 dan bulan seterusnya
1. Survey Pasar mmmmm       0
2. Menyusun Rencana

Usaha

  mmmmm     0
3. Survey Tempat Usaha mmmmm       0
4. Survey Perlengkapan mmmmm     0
5. Uji Coba Penjualan       0
6. Operasional       0
TOTAL 0

 

4.6. ANALISIS KOMPETENSI SDM

 

  1. Tim Kami memiliki SDM yang mampu menjalankan bisnis ini, karena kami memiliki jaringan atau link kepada Vendor, serta pengalaman berwirausaha sebelumnya yang pernah kami lakukan (dibuktikan dengan nota Pembelian terlampir)
    1. Tim Kami   memiliki SDM yang mampu menjalankan bisnis secara e-commerce atau melalui internet marketing, karena kami memiliki skill dalam mendesign website dan tahu bahasa PHP atau HTML untuk mengolah situs e-commerce kami yaitu www.smart-3.net
    2. Tim Kami memiliki prospek cerah dalam memperluas wilayah pemasaran, karena kami berasal dari Provinsi Bengkulu dan Nangroe Aceh Darussalam, tidak menutup kemungkinan akan membuka cabang baru di daerah asal.

4.7. ANALISIS KEBUTUHAN DAN RENCANA PENGEMBANGAN SDM

–            Kami akan merekrut Karyawan baru, karena SDM yang sekarang ini masih rangkap jabatan.

–            Kami akan mentraining karyawan baru untuk ditempatkan pada Cabang baru nantinya

–            Kami akan saling berbagi ilmu dan saling membantu untuk menerapkan sistem penjualan melalui internet marketing dan memantapkan strategi pemasaran kami.

4.8. RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

            Dengan adanya modal investasi dari Kopertis V, maka akan menambah modal kami dalam menjalankan bisnis ini dan akan meningkatkan volume penjualan kami. Sehingga kami dapat membuka cabang baru setiap tahunnya.

 

4.9. ANALISIS SWOT

  1. a.     DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR

–   Dengan adanya produk yang murah dan berkualitas menjadikan kios/ lapak  kami merupakan tempat terfavorite di pasar klithikan.

–   Memberikan paradigma baru kepada masyarakat bahwa Pasar Klithikan menjual barang-barang yang berkualitas

–   Kami bisa mengembangkan jiwa kewirausahaan sehingga kami mengerti bisnis realnya

–   Tekhnologi yang kami terapkan dapat diakses oleh masyarakat pada umumnya sebagai media referensi mereka dalam membeli suatu produk pakaian dan aksesoris

  1. b.     ANALISIS RESIKO USAHA

–   Adanya manajemen pengelolah yang kurang jujur

–   Terdapatnya cacat pada barang yang dibeli

–   Barang yang tidak laku

–   Tempat yang kurang strategis

–   Tidak adanya persediaan pada saat pemesanan barang oleh konsumen melalui katalog

 

  1. c.      ANTISIPASI RESIKO USAHA

–          Kita akan membuat Buku Besar, Jurnal Kas Masuk, Jurnal Kas Keluar, Kartu Persediaan, dan Kita akan merancang sistem akuntansi yang baik dan membuat nota pembelian.

–          Kita akan mengikat kerjasama yang baik dengan vendor dengan prinsip barang dapat diretur apabila cacat, rusak atau tidk sesuai dengan pesanan.

–          Kami akan mengadakan diskon atau obral, untuk meminimalisir biaya agar tidak terjadinya kerugian atau mengusahakan balik modal.

–          Kami akan membuat ciri khas tertentu pada kios/ lapak kami baik dari segi papan petunjuk lokasi, furniture yang menarik, dan leaflet promosi.

–          Kami akan segera mungkin memesan produk yang sejenis ke vendor supaya konsumen kami puas terhadap pelayanan yang kami berikan, atau kami akan menyarankan untuk mengganti item pesanan tersebut dengan item yang tidak terlalu berbeda sehingga konsumen tidak merasa kecewa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Aspek Keuangan

 

5.1.      Asumsi-asumsi

Penjualan yang tertera di bawah ini adalah prediksi penjualan yang terjadi bulan pertama, kesesuaian data yang terdapat di bawah adalah berdasarkan studi lapangan yang telah kami lakukan dengan mensurvey beberapa pedagang pakaian yang terdapat pada Blok B. Harga, perkiraan omset, dan data-data tersebut adalah bersumber dari Pedagang yang berada di Pasar Klithikan. Kami menargetkan penjualan terjadi peningkatan setiap tahunnya yaitu sebesar 10% dari total Penjualan pada tahun berakhir.

 

5.2.      Pembiayaan Proyek

Biaya yang diperlukan dalam mendirikan usaha ini adalah sebesar Rp32.000.000 (Tiga Puluh Dua Juta Rupiah) dengan rincian sebagai berikut :

 

RANCANGAN ANGGARAN DANA

 A. 

 Tempat dan Perizinan

No

Keterangan

Satuan

Unit

Harga satuan

Jumlah

1

Sewa Blok/ Tempat Usaha

1

tahun  Rp         5.000.000  Rp              5.000.000

2

Izin Usaha

1

kali  Rp            150.000  Rp                 150.000
Jumlah  Rp               5.150.000

B.

Peralatan

No

Keterangan

Satuan

Unit

Harga satuan

Jumlah

1

Hanger Baju

50

buah

 Rp                5.000

 Rp                 250.000

2

Tempat Gantungan Hanger

2

buah

 Rp            150.000

 Rp                 300.000

3

Kunci Pengaman Gudang Persediaan

2

buah

 Rp              25.000

 Rp                   50.000

4

Tempat Gantungan Aksesoris

2

buah

 Rp            150.000

 Rp                 300.000

Jumlah

 Rp                  900.000

 

 C.

 Pakaian 

No

Keterangan

Satuan

Unit

Harga satuan

Jumlah

1

Celana Panjang Standar (Bahan Jeans)

60

helai

 Rp              70.000

 Rp              4.200.000

2

Celana Panjang Pensil (Bahan Jeans)

60

helai

 Rp              75.000

 Rp              4.500.000

3

Celana Panjang standar  (Bahan Kain)

40

helai

 Rp              60.000

 Rp              2.400.000

4

Celana Pendek

40

helai

 Rp              50.000

 Rp              2.000.000

5

Polo Shirt

40

helai

 Rp              40.000

 Rp              1.600.000

6

Baju Kemeja

60

helai

 Rp              40.000

 Rp              2.400.000

7

t-Shirt

100

helai

 Rp              35.000

 Rp              3.500.000

8

Biaya Kirim

1

ball

 Rp            500.000

 Rp                 500.000

Jumlah 

 Rp             21.100.000

 D.

 Aksesoris

No

Keterangan Satuan Unit Harga satuan Jumlah

1

Topi

40

buah

 Rp                8.500

 Rp                 340.000

2

Tali Pinggang

30

buah

 Rp              15.000

 Rp                 450.000

3

Dompet

30

buah

 Rp              15.000

 Rp                 450.000

4

Gelang Rakitan

40

buah

 Rp                2.500

 Rp                 100.000

5

Cincin

40

buah

 Rp                5.000

 Rp                 200.000

6

Kalung

40

buah

 Rp                7.500

 Rp                 300.000

7

Gantungan Kunci

40

buah

 Rp                5.000

 Rp                 200.000

8

Sarung HP Bergambar

100

buah

 Rp              10.000

 Rp              1.000.000

Jumlah

 Rp               3.040.000

E.

 Pembuatan Katalog

No

Keterangan Satuan Unit Harga satuan Jumlah

1

Biaya Cetak

50

buah

 Rp              20.000

 Rp              1.000.000

 

Jumlah

 Rp               1.000.000

F.

 Website e-commerce

No

Keterangan Satuan Unit Harga satuan Jumlah

1

Jasa Pembuatan Website e-commerce

1

tahun

 Rp            660.000

 Rp                 660.000

2

Jasa Hosting dan Domain setahun

1

tahun

 Rp            150.000

 Rp                 150.000

Jumlah

 Rp                  810.000

Jumlah modal awal

 A. 

 Tempat dan Perizinan  Rp              5.150.000

B.

 Peralatan  Rp                 900.000

 C.

 Pakaian  Rp            21.100.000

 D.

 Aksesoris  Rp              3.040.000

E.

 Pembuatan Katalog  Rp              1.000.000

F.

 Website e-commerce  Rp                 810.000
TOTAL  Rp             32.000.000
Dana real yang dibutuhkan  Rp             32.000.000

 

 

 

 

 

 

 

5.3.      Laba Rugi

BIAYA OPERASIONAL PER BULAN

A. Operasioanl Umum
No Keterangan Unit   Harga satuan Jumlah

1

Listrik

1

bulan

25.000

  25.000

2

Gaji

4

orang

 750.000

3.000.000

3

Iuran Keamanan

1

bulan

25.000

     25.000

4

Iuran kebersihan

1

bulan

        25.000

25.000

 

Jumlah

     3.075.000

   
B. Operasional Promosi
No Keterangan Unit   Harga satuan Jumlah

1

Biaya Kirim Katalog

50

katalog

7.500

375.000

2

Biaya Iklan Website

1

 

      30.000

30.000

 

Jumlah

405.000

C. Operasional Defisit
No Keterangan Unit   Harga satuan Jumlah

1

Defisit Peralatan

2,00%

perbulan

900.000

18.000

2

 Website e-commerce

2,00%

perbulan

   660.000

13.200

3

Jasa Hosting dan Domain setahun

10,00%

perbulan

150.000

15.000

 

Jumlah

      46.200

D. Total Operasional perbulan
A. Operasioanl Umum  Rp     3.075.000
B. Operasional Promosi  Rp        405.000
 Rp     3.480.000
E. Angsuran Kios/ Lapak Perbulan  

1

Angsuran sewa Kios/lapak

per

bulan       Rp         416.667  
Jumlah yang harus dikeluarkan per bulan
C. Operasional Defisit  Rp          46.200
D. Total Operasional perbulan  Rp     3.480.000
E. Angsuran Kios/ Lapak Perbulan  Rp        416.667
TOTAL  Rp     3.942.867

 

 

 

 

 

Perkiraan Laba bersih perbulan  

1

Omzet  Rp             6.265.000  

2

Operasional  Rp             3.942.867  

3

Laba bersih  Rp             2.322.133  
 
Perkiraan BEP  
No Keterangan

unit

Jumlah

1

Modal total  = Rp          32.000.000

2

Laba bersih

Per bulan

 = Rp             2.322.133 per bulan

3

BEP

Rp32.000.000 / Rp2.322.133

 = 14 bulan + 1 bulan masa promosi

4

Pemodal

70% x Rp2.322.133

 = Rp             1.625.493 per bulan

5

Pengelolah

30% x Rp2.322.133

 = Rp                696.640 per bulan

6

BEM Pemodal

Rp32.000.000/ Rp1.625.493

 = 20 bulan atau 1,6 Tahun

 

 

 


Perkiraan Semua Omzet per bulan Tahun 2010

 

Diperkirakan kenaikan laba yang diinginkan adalah 20% setiap tahunnya

No

Keterangan

Jumlah Persediaan satu bulan

Penjualan/ Bulan

Harga Beli

Harga Jual Minimum

Laba/ Bulan

Laba/ Tahun 2010

Laba/ Tahun 2011

Laba/ Tahun 2012

 

PAKAIAN

 

 

 

 

 

 

   

1

Celana Panjang Standar (Bahan Jeans)

60

50

      70.000

85.000

750.000

9.000.000

10.800.000

12.960.000

2

Celana Panjang Pensil (Bahan Jeans)

60

50

            75.000

     90.000

750.000

   9.000.000

10.800.000

12.960.000

3

Celana Panjang standar  (Bahan Kain)

40

35

             60.000

70.000

350.000

4.200.000

5.040.000

6.048.000

4

Celana Pendek

40

35

        50.000

60.000

350.000

4.200.000

5.040.000

6.048.000

5

Polo Shirt

40

35

40.000

45.000

175.000

2.100.000

2.520.000

3.024.000

6

Baju Kemeja

60

50

            40.000

        50.000

500.000

6.000.000

7.200.000

8.640.000

7

t-Shirt

100

80

35.000

40.000

400.000

   4.800.000

5.760.000

6.912.000

  TOTAL

 

 

 

 

   3.275.000

        39.300.000

47.160.000

56.592.000

   

 

 

 

 

 

 

 

  AKSESORIS

 

1

Topi

40

35

           8.500

15.000

          227.500

2.730.000

3.276.000

3.931.200

2

Tali Pinggang

30

35

15.000

25.000

350.000

4.200.000

5.040.000

6.048.000

3

Dompet

30

35

            15.000

25.000

350.000

4.200.000

5.040.000

6.048.000

4

Gelang

40

35

2.500

7.500

175.000

2.100.000

2.520.000

3.024.000

5

Cincin

40

35

             5.000

25.000

 700.000

8.400.000

10.080.000

12.096.000

6

Kalung

40

35

              7.500

30.000

  787.500

9.450.000

11.340.000

13.608.000

7

Sarung HP bergambar

100

100

5.000

20.000

1.500.000

18.000.000

21.600.000

25.920.000

  TOTAL

 

 

 

 

2.590.000

31.080.000

     37.296.000

44.755.200

   

 

 

 

 

 

 

 

  PENJUALAN KATALOG

 

  Penjualan Katalog

50

40

30.000

40.000

400.000

4.800.000

5.760.000

6.912.000

  TOTAL

 

 

 

 

400.000

4.800.000

5.760.000

6.912.000

   

 

  JUMLAH

 

 

 

 

       6.265.000

75.180.000

90.216.000

108.259.200

 

 

 

 

 

 

 

 

5.4.      Arus Kas

 

RENCANA ARUS KAS

TOKO/ KIOS SMART-3

TAHUN 2010 – 2012

 

 

2010

2011

2012

  1. PENERIMAAN
  Penerimaan Penjualan

397.200.000

476.640.000

537.408.000

Penerimaan Pinjaman

32.000.000

0

0

Sub Total Penerimaan

429.200.000

476.640.000

537.408.000

  1. PENGELUARAN
  Pembelian Pakaian

247.200.000

296.640.000

355.968.000

Pembelian Aksesoris

28.080.000

33.696.000

 40.435.200

Peralatan

900.000

900.000

900.000

Biaya cetak Katalog

12.000.000

12.000.000

12.000.000

Biaya Kirim Katalog

4.500.000

4.500.000

4.500.000

Biaya Tempat dan perizinan

5.150.000

5.000.000

5.000.000

Biaya Listrik

300.000

300.000

300.000

Iuran Keamanan

300.000

300.000

300.000

Iuran Kebersihan

300.000

300.000

300.000

Biaya iklan website

360.000

360.000

360.000

Gaji

36.000.000

48.000.000

72.000.000

Biaya Jasa Hosting + Domain

150.000

150.000

150.000

Pembelian Website e-commerce

660.000

0

0

Angsuran Pokok

18.875.920

13.124.080

0

 

 

Sub Total Pengeluaran

354.775.920

415.270.080

492.213.200

 

  1. SELISIH KAS

 

74.424.080

61.369.920

45.194.800

  1. SALDO KAS AWAL

 

0

74.424.080

135.794.000

  1. SALDO KAS AKHIR

 

74.424.080

135.794.000

180.988.800

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

 

6.1.            STRATEGI PEMASARAN

Ada dua sistem marketing yang kami terapkan yaitu :

6.1.1. Direct Selling

Kami akan melakukan penjualan langsung di Pasar Klithikan dengan sistem pembagian waktu jaga Kios yang dimulai dari pukul 10.00 WIB s.d 22.00 WIB.

6.1.2. Internet Marketing

Kami akan menjual produk kami lewat internet dengan situs pribadi yang telah kami miliki yaitu www.smart-3.net dengan konsep e-commerce webdesign, sehingga konsumen di situs kami bisa cek harga, cek model (melihat gambar + Keterangan produk), cek persediaan, cek ukuran, dan dapat melakukan pembelian langsung di situs kami. Pembayaran dilakukan dengan cara transfer bank.

6.1.3.      Media Katalog yaitu sebagai sarana untuk merekrut agen/ reseller baru yang tidak membatasi ruang dan waktu pembelian, sehingga Toko/ lapak kami bisa melakukan transaksi 24 x 7 hari non-stop, karena konsumen dapat melakukan pembelian lewat situs e-commerce yang kami rancang.

 

6.2.      STRATEGI ORGANISASI DAN SDM

6.2.1.      Kami akan berbagi tugas dengan menggunakan sistem roling atau pergantian dalam melakukan penjualan di Pasar Klithikan Pakuncen.

6.2.2.      Kami akan melakukan sharing keilmuan dalam mengembangkan sistem internet marketing

 

6.3.      STRATEGI KEUANGAN

6.3.1.      Kami akan membayar tempat/ kios/ lapak di pasar Klithikan sesuai dengan harga sewa kios/ lapak pada umumnya.

6.3.2.      Kami akan membeli pakaian dan aksesoris pada vendor yang bisa memberikan harga yang bersaing atau lebih murah dengan jaminan kualitas barang yang bagus

6.3.3.      Kami akan membeli peralatan/ furniture yang dibutuhkan sebagai tempat untuk memajangkan produk-produk yang kami jual

6.3.4.      Untuk pembelian pertama sampai dengan ketiga dalam pembayaraan harus cash kepada vendor, selanjutnya boleh kredit dengan sistem Barang diterima terlebih dahulu dan pembayaran setelah barang habis terjual. Sehingga intinya kita harus saling percaya dan memupuk kejujuran dalam bisnis.

 

6.4.      RENCANA KEBERLANJUTAN

6.4.1 RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN

Rp32.000.000,- (TIGA PULUH DUA JUTA RUPIAH)

 

 

TOTAL NILAI KEBUTUHAN

PINJAMAN / MODAL

 

Rp900.000,- (Sembilan Ratus Ribu Rupiah)

 

 

 

TOTAL NILAI KEBUTUHAN

MODAL INVESTASI

 

Rp31.100.000,- (Tiga Puluh satu juta seratus ribu rupiah)

 

 

TOTAL NILAI KEBUTUHAN

MODAL KERJA

 

 

6.5.       RENCANA PENGEMBALIAN DANA PINJAMAN

20 Bulan atau 1,6 Tahun

 

 

JANGKA WAKTU

PENGEMBALIAN

 

4 Bulan

 

 

MASA TENGGANG

PEMBAYARAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.6.       AGUNAN YANG DIMILIKI

  1. Sepeda Motor MIO
  2. Personal Computer (PC)
  3. Laptop Axioo
  4. TV 21”
  5. Monitor LCD

Jenis Agunan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Laptop, Barang dijamin orisinil dan dalam kondisi 95% OK
  2. PC Prosesor Intel PIV Core 2 Duo E7400, RAM 2 GB, 160 GB hardisk, Casing Transparan, DVD RW
  3. TV Merek Vitron ada nota pembelian
  4. LCD Merek LG 18,5”

 

 

Spesifikasi dan

Keterangan Lain-lain

 

 

 

 

 

 

 

–       BPKB, STNK ada

–       Ada Nota Pembelian PC , Laptop, TV, dan LCD

 

 

 

 

Aspek Legalitas

 

 

 

Rp13.500.000,- (TIGA BELAS JUTA LIMA RATUS RIBU RUPIAH)

 

 

Nilai Agunan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran : DENAH LOKASI PASAR KLITHIKAN PAKUNCEN WIROBRAJAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JALAN                                            JALAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                

 

 

 

 

 

LANTAI DASAR

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JALAN MASJID KUNCEN

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Basket Ball Coaching Clinic Basket Ball Coaching Clinic Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ( UMY ) bekerja sama dengan United State of America Embassy, Jakarta Indonesia mengad...
Menyambut Blog Kontes UMY ke – 5 UMY kembali punya acara besar yaitu UMY Blog Kontes, kontes blog kali ini adalah yang ke - 5. Setelah sukses dengan 4 kontes yang diadakan sebelumnya ...
Definisi – Definisi Ilmu Politik Dari Para P... Definisi - Definisi Ilmu Politik Dari Para Pakar Politik disini mungkin akan menambah referensi bagi anda semua, semoga dengan definisi politik ini da...
Penerimaan Mahasiswa Baru UMY Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada tahun membuka Penerimaan Mahasiswa Baru untuk tahun ajaran 2012 / 2013. Program studi yang ditawarkan adalah ...
Download Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI Ini adalah 75 fatwa yang sudah dikeluarkan oleh Dewan Syariah Nasional MUI. Anda bisa mendownload fatwa tertentu saja dalam bentuk file PDF atau mendo...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*