Contoh Proposal Pengajuan Dana Renovasi Masjid

 UMY

Bismillahirrohmaanirrohiim

A. PENDAHULUAN

Puji syukur Alhamdulillah kami panjatkan Kehadirat Allah SWT  yang telah memberikan Taufiq,Hidayah,Inayyah serta Rahman dan RahimNYA sehingga kita senantiasa lancar dalam menunaikan kewajiban dan sukses dalam beraktifitas. Sholawat serta salam senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW,

Masjid adalah Rumah Allah SWT dan masjid merupakan tempat  Ibadah dimana setiap saat berkumpulnya umat islam dalam menunaikan  kewajiban melaksanakan sholat khususnya  berjamaah  dan beribadah lainya, dan masjid juga merupakan media dakwah dan syiar islam. Karena melalui masjid pulalah umat bisa melakukan aktifitas ibadah dan syiar Islam yang lebih efektif dan efisien untuk dilaksanakan umat agar senantiasa diwarnai oleh sikap hidup yang berlandaskan kebersamaan yang  Islami utamanya dalam hubungan dengan sesama manusia baik dalam rumah tangga, bermasyarakat dan berbangsa dan yang paling utama hubungan manusia dengan Allah SWT.

Jika ditilik dari manfaatnya masjid sangat besar dalam membentuk sikap dan pribadi yang senantiasa Taqwa,   sadar, sabar, dan senantiasa beribadah dan mendekatkan diri dengan Allah SWT. Masjid juga memberikan cukup besar perananya dalam turut memberikan tata nilai berkumpul dan bersama sama Insan lainya dalam kehidupan berkeluarga, bertetangga, bermasyarakat berbangsa dan bernegara serta kehidupan menyeluruh bukan untuk dunia saja tapi untuk menuju kehidupan setelah mati kelak.

Seringnya Umat berkumpul dan berinteraksi dan bertemu, bersatu dalam wadah masjid demi tujuan yang sama menuju ketaqwaan pada Allah SWT, akan membentuk persatuan dikalangan umat akan semakin kuat, rasa cinta kasih sayang dengan sesama akan semakin meningkat sehinggga akan membentuk jiwa jiwa yang berakhlak mulia serta menciptakan ketentraman dan kedamaian bukan hanya untuk umat islam sendiri tapi untuk semua manusia di muka Bumi ini.

B. DASAR PEMIKIRAN

Sebagai tempat yang Agung dan sangat mulia maka masjid / Rumah Allah Swt, Seharusnya memang tidak hanya berupa sebuah bangunan, Namun lebih dari itu masjid seyogyanyalah bisa menjadi pelindung dan menjadi cirikhas ( Religius ) tempat beribadah umat Islam khususnya bagi masyarakat sekitarnya dan bisa menjadi kebanggaan tempat suci yang sangat di idam idamkan oleh seluruh umat Islam, bahkan masjid bisa menjadi tempat ternyaman dalam melakukan aktifitas ibadah supaya lebih khusyu’ dan syiar Islam tersebut.

Membangun dalam artian membuat, mendirikan, maupun merenovasi Masjid ( bila itu sudah sangat Memerlukan ) adalah suatu tugas mulia yang tidak bisa dipaksakan oleh pribadi/jiwa – jiwa yang Riya’ pamer maupun Takabur, Boleh jadi Manusia Bikin masjid Yang Mewah, Megah, dan menghabiskan Dana Milyaran bahkan Trilyunan Rupiah, Namun bila Allah Tidak menyukai? karena Memang itu Rumah Allah? Maka tak seorangpun akan memasukinya bahkan sekedar lewat didepanyapun akan enggan. Akan tetapi Beramal Shodaqoh dan Amal Jariyah yang dilandasi Dengan Taqwa dan Ikhlas Hanya Karena Allah Swt dan takut akan murkanya .

Bertolak dari kerangka tersebut diatas serta berdasarkan tujuan hidup manusia sesuai dengan yang diajarkan oleh Islam yang disampaikan oleh Rosullullah Muhammad SAW,  dalam membentuk jiwa yang taqwa dan pribadi muslim yang taat serta untuk mewujudkan sebuah tempat suci yang nyaman Karena Allah Swt Semata sehingga kehusyu’an dalam beribadah bisa terlaksanakan dengan sempurna, maka kami segenap pengurus Takmir masjid Darussalam Nongkosongo, merasa terpanggil dan mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan niat baik  tersebut, maka Kami membentuk panitia Untuk Merealisasikan Memperbaiki Rumah Allah yang dananya kami kumpulkan dari sodaqoh jariyah warga sekitar dan menunggu Uluran tangan Anda para Aghniya’.

 C.  Landasan

1.     Alqur’anul Karim

2.         Hadist Nabi

3.         ProgramTakmir masjid Darussalam Nongkosongo.

4.    Aspirasi Jama’ah karena melihat fisik masjid saat sekarang ini memang memerlukan penanganan secepatnya akibat kerusakan serta  untuk menampung jumlah jamaah yang kian banyak bertambah

Download Contoh Proposal Pembangunan dan Renovasi Masjid : Klik Disini

Author: 

Anhar Wahyu is The Founder of  Lintas Berita He is also Founder of Pusat Materi and WikiCaraPedia He started blogging in 2009 at Blog UMY. He stay at Yogyakarta, You can connect him via His Google+ account or Facebook.

7 Responses

  1. zulfie arrafatNovember 25, 2014 at 6:54 amReply

    ikutan nyontek bro, syukron katsiron ” jaza kumullah khoirul jaza waahsanal jaza wakatsirol jaza “

  2. NURINSANI ARIFNovember 1, 2013 at 9:08 amReply

    MATUR SUWUN KULO DONLOD NJEH

  3. lana bachryJuly 20, 2013 at 7:27 pmReply

    bozzzzzzzzzzzzzz ane melu njaluk yo alias download

  4. muhammad subliMarch 9, 2013 at 6:21 pmReply

    bos ane numpang downloaad yach

    • Author

      Anhar WahyuMarch 9, 2013 at 7:15 pmReply

      silahkan aja bos, semoga bermanfaat

  5. mpudzAugust 7, 2012 at 11:16 amReply

    nuhun bin syukron :)

Leave a Reply