Cara Tradisional Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam diwajah bagi kaum wanita adalah sebuah bencana yang sangat mengerikan, betapa tidak bagi seorang wanita wajah merupakan aset yang paling berharga dan pastinya selalu mereka rawat setiap harinya. Jangankan flek hitam muncul jerawat satu saja diwajah sudah bisa membuat kaum wanita bagaikan kebakaran jenggot.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang bagaimana cara menghilangkan flek hitam diwajah ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebab atau hal apa yang menyebabkan timbulnya flek hitam pada wajah.

cara menghilangkan flek hitam
flek hitam pada wajah

Flek Hitam menurut Ilmu Kedokteran

Bintik-bintik gelap pada kulit wajah atau lebih dikenal dengan nama flek hitam biasanya disebabkan oleh hiperpigmentasi, atau kulit disekitar wajah membentuk melanin berlebih . Hal ini biasanya terjadi ketika kulit rusak. Dalam beberapa kasus flek hitam dapat dihilangkan tanpa harus berobat kedokter namun jika flek hitam diwajah telah parah tentunya perlu penanganan dokter ahli.

Penyebab Flek Hitam

Sebenarnya banyak sekali faktor yang menyebabkan timbulnya flek hitam, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Hiperpigmentasi : terjadi ketika kulit menjadi rusak di daerah tertentu . Hal ini menyebabkan kulit untuk memproduksi melanin berlebih , membuat patch khusus kulit terlihat lebih gelap.
  2. Ketidakseimbangan hormon : Ketidakseimbangan hormon seperti yang berhubungan dengan kehamilan dapat memicu ini over- pigmentasi sel.
  3. Paparan sinar matahari yang berlebihan : Paparan berlebihan terhadap sinar matahari juga bisa menyebabkan kulit mulai memproduksi melanin berlebih untuk melindungi diri dari sinar UV.
  4. Gangguan kulitOrang-orang juga lebih rentan untuk mengembangkan bintik-bintik gelap pada kulit karena usia dan kulit tidak mereproduksi sebagai mudah , sehingga lebih sulit bagi kulit untuk menghilangkan kawasan yang rusak.
  5. Kerusakan hati : Bintik-bintik pada kulit juga merupakan tanda klasik dari kerusakan hati karena tubuh kurang efektif dalam menghilangkan racun dari sel.

Selain penyebab diatas sebenarnya masih ada lagi beberapa hal yang menyebabkan timbulnya Flek Hitam seperti kebiasaan tidak pernah mencuci muka, kurang tidur serta kurangnya menjaga kebersihan muka. Ada beberapa obat flek hitam yang bisa anda konsumsi tapi tidak semua obat itu baik efeknya terhadap kulit wajah anda.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Pada intinya ada 2 cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan flek hitam yaitu secara medis dan menggunakan cara tradisional. Saya pribadi lebih menganjurkan menggunakan cara tradisional walaupun memang prosesnya lebih lama jika menggunakan cara medis seperti Terapi Laser menghilangkan flek hitam. Namun walaupun begitu cara tradisional dijamin lebih alami dan tentu tidak mengeluarkan biaya yang mahal.

Cara Tradisional Menghilangkan Flek Hitam

Inilah beberapa cara tradisional yang bisa anda ikuti untuk menghilangkan flek hitam diwajah anda.

  • Tips menghilangkan flek hitam menggunakan putih telur

Putih telur diyakini dapat membantu menghilangkan flek hitam terutama pada wajah cara penggunaanya pun cukup simple dan sederhana, anda tinggal mengoleskan kapas dengan putih telur kemudian diusapkan keseluruh bagian wajah tanpa terkecuali lalu diamkan beberapa menit hingga mengering. Setelah dirasa cukup anda bisa membasuh wajah anda dengan air hangat.

  • Tips menghilangkan flek hitam menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya disini bukanlah lidah buaya dalam arti sebenarnya. Tetapi lidah buaya yang akan kita gunakan untuk menghilangakn flek hitam disini adalah salah satu jenis tumbuhan.Cara penggunaannya pun tidak rumit, anda tinggal memarut lidah buaya secukupnya kemudian dicampur dengan minyak zaitun. Setelah itu tinggal anda gunakan untuk masker wajah.

  • Tips menghilangkan flek hitam menggunakan Mentimun

Mentimun juga dapat membantu menghilangkan flek hitam caranya pun cukup mudah. Anda tinggal potong tipis mentimun kemudian langsung tempelkan merata pada seluruh wajah anda.

  • Banyak mengkonsumsi Vitamin E dan C

Vitamin E dan C dipercaya dapat membantu menggantikan sel-sel kulit yang telah mati karena vitamin c dan vitamin e dapat mengurangi melanin pada kulit anda dan membentuk anti oksidan.

Selain itu ada satu cara lagi untuk menghilangkan flek hitam pada wajah serta menjaga kulit wajah anda tetap bersih dan mulus adalah dengan rajin mencuci muka dengan air dingin yang mengalir secara rutin pada saat sebelum tidur malm dan sesudah bangun pagi.

Saya rasa jika anda rutin dan rajin menjalankan Cara Tradisional Menghilangkan Flek Hitam diatas anda tidak akan pernah mengalami hal yang namanya flek hitam. Sebelum anda memutuskan untuk berobat kedokter ada baiknya anda mencoba terlebih dahulu cara-cara diatas dan lihat perubahannya pada flek hitam di wajah anda.

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Kronologi Kasus Dr Ayu Sasiary Prawani Kronologi Kasus Dr Ayu Sasiary Prawani - Dunia kesehatan di Indonesia sedang mengalami masa yang tersulit dalam sejarah negeri ini. Baru kali ini terj...
Cara Mengetahui Hamil Kembar Cara Mengetahui Hamil Kembar - Prosentase kemungkinan anda hamil bayi kembar memang kecil, jika anda tidak memiliki faktor keturunan gen kembar dari k...
Ciri – Ciri Wanita Hamil Ciri - ciri wanita hamil, hamil adalah satu anugerah terbesar yang selalu di idam-idamkan oleh setiap pasangan hidup, apalagi mereka yang baru saja me...
Sosok Julia Fransiska Makatey Sosok Julia Fransiska Makatey - Mungkin belum banyak yang mengetahui siapa Julia Fransiska Makatey (25). Ia adalah korban malpraktik yang melibatkan s...
Daun Khat Narkoba Jenis Baru Daun Khat Narkoba Jenis Baru - Tanaman Khat ini lebih dikenal dimasyarakat sebagai teh arab. Daun Tanaman Khat ini semakin terkenal setelah mencuatnya...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*