Cara Mudah Menjual Domain

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menjual sebuah domain namun pada tulisan ini saya akan menjelaskan salah satu cara menjual domain melalui perantara. Kenapa harus menggunakan perantara ? Tentunya dengan menggunakan perantara kita tidak perlu repot lagi untuk melakukan perpindahan kepemilikan domain kepada pembeli karena perantara tersebut yang mengurus segala hal terkait dengan perpindahan kepemilikan domain.

Walaupun perpindahan domain menjadi lebih mudah dengan menggunakan jasa perantara namun tentunya ada kompensasi yang harus kita keluarkan. Kompensasi tersebut tentunya adalah biaya jasa untuk perantara, besaranya sekitar `10% dari harga jual domain.

Salah satu perantara yang saya gunakan adalah Godaddy. Godaddy adalah salah satu broker domain yang bisa anda gunakan untuk menjual sebuah domain. Berikut ini beberapa cara atau tahapan jika anda ingin menjual domain melalui Godaddy.

1. Anda harus memiliki akun terlebih dahulu di Godaddy dan tentunya anda juga harus memiliki domain yang terregister di Godaddy.

2. Setelah anda login kemudian pilih menu Godaddy Auction

Godaddy Auction
Godaddy Auction

3. Untuk menjadi member di Godaddy Auction anda harus mendaftar terlebih dahulu, biaya pendaftarannya $4,99 (sekali bayar saja)

4. Setelah itu langsung saja pilih menu “List A Domain”. Isikan informasi tentang domain yang akan anda jual. Anda perhatikan juga bahwa di Godaddy Auction ada 4 jenis pilihan dalam menjual domain yang bisa anda pilih yaitu :

  • Buy Now : Harga jual domain yang anda berikan adalah harga pas, jadi pembeli tidak bisa melakukan penawaran.
  • Offer/Counter : Sama seperti sistem lelang harga tertinggilah yang menjadi pemenang. Anda harus menetapkan harga minimal untuk lelang (waktu lelang 90 hari)
  • Offer/Counter with Buy Now : Sama seperti Offer/Counter namun disini ada tambahan “Buy Now” jadi pembeli bisa langsung membeli tanpa harus menunggu jangka waktu lelang berakhir.
  • 7 Days Public Auction : Sama saja seperti sistem Offer/Counter namun jangka waktunya hanya 7 hari.

Listing Type Godaddy Auction

5. Isi seluruh informasi yang diminta kemudian “SUBMIT”

6. Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui Email bahwa anda telah memasukkan salah satu domain anda di “List Godaddy Auction”

7. Silahkan tunggu maksimal 3 hari, karena Godaddy akan melakukan verifikasi dahulu terhadap domain yang anda masukkan tadi.

8. Jangan lupa nonaktifkan Privasi Domain anda ke public untuk bisa diterima di Godaddy Auction, karena biasanya Godaddy akan menolak domain yang informasinya private atau menggunakan Whois Guard

9. Jika sudah diterima anda bisa melihatnya pada menu Selling List di Godaddy Auction, jangan khawatir disini anda juga bisa mengedit harga domain jika anda rasa kurang pas.

Selling List Godaddy Auction
Selling List Godaddy Auction

Saya sendiri lebih suka menggunakan sistem “Buy Now” karena tentu saja lebih praktis, namun terkadang saya juga menggunakan sistem “Lelang atau Offer/Counter” tergantung domain apa yang saya jual. Anda juga akan menerima email jika salah satu domain anda laku/terjual di Godaddy. Anda tidak perlu melakukan apa-apa karena proses perpindahan domain Godaddy yang melakukannya jadi anda hanya menunggu saja uang hasil penjualan domain masuk ke account anda di Godaddy. Lamanya sekitar 8 – 20 hari.

Cara Jual Domain di Godaddy

Untuk penarikan uang ada 2 pilihan di Godaddy yaitu melalui “Wire Transfer atau Transfer ke Bank” (minimal $1.000) dan “Check / Travel Check” (minimal $100). Untuk withdraw ini saya lebih senang menggunakan “Wire Transfer” karena langsung di Transfer ke Rekening Bank kita, untuk pilihan Wire Transfer ini anda pastikan anda telah mengisi data informasi dengan tepat tentang rekening bank anda seperti nomer rekening, nama bank, cabang dan kode swift bank anda.

Saya tidak pernah menggunakan pembayaran melalui “Check” karena untuk pengiriman cek.nya sampai ke alamat kita saja sekitar 20 hari, belum lagi lama waktu pencairannya yang bisa memakan waktu 30-40 hari dan potongannya yang besar sekitar 20-30 % dan itupun harus dibayar di muka. Sebenarnya lebih mudah pembayaran melalui “Paypal” namun untuk saat ini penarikan uang menggunakan Paypal hanya khusus untuk member yang berada di Amerika Serikat.

Untuk sementara cukup sekian saja dulu tentang Cara Menjual Domain di Godaddy. Selain Godaddy masih banyak cara untuk menjual domain melalui broker lain seperti sedo, namecheap dsb. Anda juga bisa menjual domain langsung ke pembeli jadi tanpa menggunakan jasa broker, untuk di Indonesia anda bisa menjual domain langsung ke pembeli melalui forum ads.id.

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Cara Melacak Lalu Lintas Blog Anda Cara Melacak Lalu Lintas Blog Anda - Setelah anda memiliki blog dan mempublish tulisan anda tentu anda juga ingin mengetahui apakah tulisan anda terse...
Cara Membuat Sitemap WordPress Cara Membuat Sitemap WordPress - Mungkin diantara pembaca sekalian masih ada yang belum mengerti tentang sitemap ada baiknya membaca artikel Lintas Be...
Pendaftaran Yahoo Mail Pendaftaran Yahoo Mail - Penggunaan Email saat ini sangatlah penting, kenapa penting ? karena email saat ini selalu dibutuhkan dalam kegiatan dibidang...
WordPress atau Blogspot ? Dalam dunia blog kita tentu sudah tidak asing lagi dengan wordpress dan blogspot. Bagi orang awam atau yang baru pertama kali akan membuat blog ini te...
Cara Membuat Toko Online Lintas Berita - Cara Membuat Toko Online Tanpa Modal akan kami bagikan kepada anda semua para calon pengusaha sukses sekalian. Dewasa ini sudah tidak ...