Cara Cepat Memperbaiki Error 404 WordPress Webmaster

Cara Cepat Memperbaiki Error 404 WordPress Webmaster – Selamat datang di Lintas Berita, pada artikel kali ini saya akan sedikit berbagi tentang bagaimana caranya memperbaiki error 404 atau Page not Found yang terdapat pada Google Webmaster.

Bagi para pemilik website dengan self hosting tentu pasti sering berkunjung ke google webmaster, kalau bagi yang belum pernah atau bahkan belum mendaftarkan websitenya ke google webmaster tentu sangat rugi sekali karena didalam google webmaster kita bisa mengecek serta mengontrol segala sesuatu yang terkait dengan website kita seperti, jumlah traffic, persentase bounce rate dll. Pokoknya banyak banget manfaat yang bisa kita dapatkan disana.

Salah satu menu dari Google Webmaster adalah tentang kesehatan website kita. Pada menu tersebut terdapat sebuah submenu yaitu “kesalahan perayapan” sub menu tersebut berkaitan dengan bagaimana sebuah google bot merayapi atau melacak keberadaan website kita. Tentunya kita ingin website kita terlihat baik kan di mata google.

Cara Cepat Memperbaiki Error 404 WordPress Webmaster

Yang menjadi masalah adalah bagaimana jika website kita memiliki kesalahan saat google merayapi website kita tentunya hal itu akan berakibat kurang baik bagi website kita. Salah satu kesalahan yang biasanya ditemukan oleh google bot adalah ” Error 404 / Page not Found. Error 404 ini bisa terjadi karena ada perubahan yang kita lakukan terhadap alamat url yang telah terpublish, atau bisa juga karena penghapusan tag – tag serta kategori dalam website kita.

Jumlah Error 404 ini biasanya berjumlah puluhan hingga puluhan ribu. Lintas Berita sendiri pernah mengalami hingga mencapai ribuan error, bingung juga waktu itu bagaimana cara menghapusnya, sedangkan jika harus menghapus satu persatu tentu saja akan sangat menghabiskan waktu. Akhirnya setelah otak – atik bisa menemukan sebuah cara cepat memperbaiki error 404 tetapi khusus bagi pengguna wordpress self hosting.

Cara ini sangat mudah sekali yaitu dengan mengganti kode script 404 pada theme yang kita gunakan. Berikut ini adalah caranya tetapi ingat ini hanya untuk WordPress yang self hosting.

  • Login ke C-Panel masing – masing.
  • Kemudian pilih File Manager —-> wp – content —-> themes —-> lalu pilih themes yang anda gunakan.
  • Lalu cari file 404 biasanya sih nama file nya 404.php
  • Pilih kemudian kita edit file tersebut, perhatikan gambar dibawah ini.
  • Hapus semua kode yang ada dalam file tersebut kemudian ganti dengan kode berikut ini, lihat gambar dibawah ini jika kurang besar silahkan di klik gambarnya.
Cara Cepat Memperbaiki Error 404 WordPress Webmaster

  • Ganti kode dari theme anda dengan kode dibawah ini.

<?php
header(“HTTP/1.1 301 Moved Permanently”);
header(“Location: “.get_option(‘home’));
exit();
?>

  • Jika sudah tinggal klik Save.

Maksud penggantian kode diatas adalah untuk mengarahkan Google Bot maupun robot dari search engine lainnya untuk kembali ke halaman Home dari website anda. Jadi jika google bot menemukan halaman error 404 di website anda maka google bot akan secara otomatis dialihkan ke halaman home dengan begitu google akan mengartikan bahwa error tersebut telah anda perbaiki dan akan segera menghapusnya pada laporan google webmaster.

Setelah kita save kita tinggal menunggu dalam waktu 1 – 3 hari dan lihatlah apa yang terjadi, hasilnya Jumlah error 404 pada laporan Google Webmaster anda akan berkurang secara drastis seperti punya saya yang jumlahnya saat ini hanya 0.

Itulah sebuah Cara Cepat Memperbaiki Error 404 WordPress Webmaster, jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan bagikan melalui akun jejaring sosial anda atau anda bisa juga bergabung dengan fans page Lintas Berita.

Semoga bermanfaat, jika ada kesulitan silahkan bertanya di kolom komentar.

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Lintas Berita Usia 1 Bulan Hari ini genap 1 bulan sudah web saya www.lintasberita.web.id mengudara di dunia online. Banyak pengalaman yang sudah ada selama 1 bulan ini, mulai da...
Tips Menghindari Phishing Phishing adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, PIN, nomor rekening bank, nomor kartu kredit Anda, username dan password akun m...
Cara Sederhana dan Mudah Mencari Backlink Cara Sederhana dan Mudah Mencari Backlink - Pada tulisan kali ini Lintas Berita kembali ingin berbagi tentang bagaimana cara sederhana dan mudah menca...
Server Jogjahost Sering Putus Server Jogjahost Sering Putus - Setiap domain pasti membutuhkan hosting, begitu juga dengan Lintas Berita. Jogjahost menjadi pilihan saya fasilitas ya...
Update Posisi SERP Lintas Berita Saat ini Lintas Berita sedang mengikuti beberapa Kontes SEO dengan beberapa kata kunci yaitu Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia ...

1 Comment on Cara Cepat Memperbaiki Error 404 WordPress Webmaster

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*