Asal Muasal Buku Istri Simpanan Anak SD

Kepala Sekolah ditegur Disdik, terkait digunakannya buku yang memuat cerita istri simpanan sebagai bahan pelajaran anak kelas 2 SD. Ini masalah Kepala Sekolah terkait, atau masalah nasional?

Dalam pengadaan buku SD dan SMP, Kepala Sekolah tidak diperbolehkan membeli buku sesuka hatinya sendiri. Untuk menghindari kekacauan yang terjadi pada pengadaan buku sebelum-sebelumnya, dimana banyak sekali buku yang tidak memenuhi standard, dan sistim pembayaran yang kacau, maka sejak tahun 2008 pembelian buku dipusatkan di Diknas Daerah. Tidak lagi dilakukan oleh Kepala Sekolah dengan panduan Petunjuk Teknis (Juknis) dari Diknas. Adapun pengadaan buku diselenggarakan oleh Diknas Daerah dengan menggunakan system lelang. Dengan demikian Kepala Sekolah tinggal terima paket buku dari Diknas, dan menandatangani tanda terima barang.

Berikut ini adalah contoh undangan lelang yang saya dapat dari internet. Setiap tahunnya pengumuman lelang dilakukan di berbagai media cetak. Penerbit mendapatkan Petunjuk Teknis lelang, menyediakan buku yang sudah ditetapkan oleh Diknas, mulai dari materi, hingga teknis yang mencakup berat kertas, ukuran, cara menjilid, dll.

Lelang Buku
Lelang Buku

Demikian juga buku yang mengandung materi istri simpanan yang saat ini digunakan oleh anak kelas 2 SD. Asal muasalnya berasal dari lelang pengadaan barang Diknas ini, hingga sampai ke anak-anak kita.

Tulisan Esther Wijayanti

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*