Benarkah Biaya Hidup di Jogja Murah ?

 Flash News, Lifestyle, Opini

Yogyakarta adalah tempat tujuan paling favorit di Indonesia, siapa yang tidak tahu dengan Yogyakarta, di kota yang disebut juga sebagai kota pelajar ini bisa dibilang Indonesia Mini, karena di kota ini banyak pelajar yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia. Mahasiswa mulai dari pulau sumatra hingga papua ada di kota ini. Dengan banyaknya universitas dan sekolah tinggi di kota ini tentu menjadi magnet tersendiri bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya.

Banyak orang ingin melanjutkan kuliah di Yogyakarta dengan beragam alasan, seperti biaya kuliah yang murah, dan yang menjadi faktor penting adalah biaya hidup di jogja yang terbilang murah. Saya sendiri sudah tinggal di jogja hampir 10 tahun terakhir ini, dan kalau ditanya apakah benar biaya hidup di jogja itu murah ? saya akan menjawabnya relatif. Ya memang begitulah murah atau mahalnya sesuatu tentu dipengaruhi banyak faktor.

Sebagai kota besar tentu gaya hidup kita sendiri yang menentukan apakah itu murah atau mahal. Murah tergantung dari kita sendiri, ambil contohnya dalam biaya rumah sewa / kos. Dijogja masih bisa ditemukan kos dengan tarif sewa 100 ribu per bulan tetapi ada juga tarif sewa kos yang mencapai 600 ribu sebulan. Jangan dibandingkan dengan jakarta yang memang sudah terkenal dengan biaya hidup nya yang selangit. Biaya sewa 100 ribu perbulan itu masih bisa kita temukan didaerah pinggiran kota jogja tentu saja fasilitas yang didapat seadanya saja, kamar mandi diluar, kamar kosong tanpa perlengkapan, tempat kos yang bisa dibilang tidak bersih.

Bagi para calon mahasiswa baru maupun orangtua yang akan mensekolahkan anaknya di Universitas Terbaik yang ada jogja disini saya sedikit memberikan gambaran tentang berapa biaya rata – rata yang dibutuhkan oleh seorang mahasiswa per bulannya.

  • Biaya makan : 2 kali makan x 30 hari x 8.000 = Rp. 540.000
  • Biaya sewa kost rata – rata /bulan = Rp. 150.000
  • Biaya hidup lain2 / bulan = Rp. 350.000

Total Biaya per bulan = 1.040.000,-

Biaya diatas adalah rata – rata dan sangat lah relatif sekali, tergantung pribadi masing – masing. Untuk sewa kos lebih baik mencari kos yang dekat dengan kampus atau masih bisa dijangkau dengan berjalan kaki bagi yang tidak memiliki kendaraan, karena jika mengandalkan bis kota tentu akan sangat susah karena ketepatan waktunya yang tidak bisa diandalkan, dan karena ada beberapa kampus di Yogyakarta yang berada jauh dari jalur bis kota.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga : Tarif Kos di Jogja

Author: 

Anhar Wahyu is The Founder of  Lintas Berita He is also Founder of Pusat Materi and WikiCaraPedia He started blogging in 2009 at Blog UMY. He stay at Yogyakarta, You can connect him via His Google+ account or Facebook.