Basaria Panjaitan Polwan Dengan Pangkat Tertinggi

Polisi memang selama ini identik dengan kaum pria, para pimpinan Kepolisian Republik Indonesia saat ini memang selalu didominasi oleh para pria namun semua itu bisa saja berubah dalam beberapa tahun kedepan tergantung bagaimana kebijakan dari Kepolisian Republik Indonesia.

Brigjen Basaria Panjaitan
Brigjen Basaria Panjaitan

Porsi Penerimaan Polwan dalam beberapa tahun terakhir ini semakin banyak, hal ini membuktikan bahwa Polwan semakin mendapatkan tempat khusus dalam Kepolisian Republik Indonesia, apalagi direncanakan Pendaftaran Polri Tahun 2014 ini Polwan mendapat porsi yang semakin besar dari tahun kemarin.

Pada tulisan kali ini kita akan membahas tentang seorang Polwan yang saat ini sebagai Polwan dengan pangkat tertinggi di Kepolisian Republik Indonesia. Anda tentu penasaran bukan ?

Basaria Panjaitan itulah nama Polwan dengan pangkat tertinggi di Indonesia saat ini. Pangkat terakhir saat ini adalah Brigadir Jenderal, Brigjen Basaria Panjaitan saat ini bertugas sebagai pengajar (widyaiswara) pada Sekolah Staf dan Pimpinan Polri (Sespim) di Lembang, Bandung.

Sebenarnya ada 3 Polwan yang berpangkat Brigadir Jenderal di Indonesia yaitu Brigjen Basaria Panjaitan, Brigjen Jeanie Mandagi dan Brigjen Rumiah. Namun, karena Jeanie dan Rumiah sudah pensiun, kini dialah satu-satunya jenderal polwan yang ada.

Perempuan kelahiran Pemantang Siantar, Sumatera Utara, 20 Desember 1957 ini memulai karier kepolisiannya pada 1984. Ketika itu, Basaria baru lulus Fakultas Hukum Universitas Jayabaya. “Saya masuk polisi karena ingin langsung bekerja saja,” katanya sambil tertawa. Orang tua dan tujuh kakaknya tak ada yang jadi polisi.

Brigjen Basaria

Basaria masuk Sekolah Calon Perwira (Sepa) Polri di Sukabumi dan ditempa di sana. Lulus sebagai polwan berpangkat Ipda, Basaria langsung ditugaskan di Reserse Narkoba Polda Bali.

Dari sana, Basaria malang melintang di berbagai pos penugasan. Dia pernah menjadi Kepala Biro Logistik Polri, Kasatnarkoba di Polda NTT dan menjadi Direktur Reserse Kriminal Polda Kepulauan Riau. Dari Batam, Basaria ditarik ke Mabes Polri, menjadi penyidik utama Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskrim.

Itulah sedikit cerita tentang Brigjen Basaria Panjaitan, semoga dengan membaca ini bisa menjadi pelecut semangat bagi anda yang ingin menjadi Polwan dan sebenarnya Polwan memiliki hak yang sama dengan Polisi pada umumnya.

Lihat juga :

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Agenda Jadwal Penerimaan Brigadir dan SIPSS 2013 Agenda Jadwal Penerimaan Brigadir dan SIPSS - Penerimaan Brigadir Polri dan SIPSS untuk T.A 2013 telah resmi dibuka di seluruh Indonesia. Mengenai pen...
Info Resmi Pendaftaran SIPSS Tahun 2014 Inilah info resmi tentang pendaftaran Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) Kepolisian Republik Indonesia Tahun 2014. Silahkan anda lihat in...
Video Tes Renang Seleksi Polri Setelah kemarin saya membuat artikel tentang Video Proses Tes Seleksi Polwan pada kali ini saya akan membuat tulisan tentang bagaimana proses tes rena...
Tutorial Cara Registrasi Online Brigadir Polri 201... Dari beberapa pertanyaan yang masuk di tulisan saya sebelumnya tentang Pendaftaran Brigadir Polri 2014 banyak yang mengalami kesulitan saat melakukan ...
Jadwal Penerimaan Online Tamtama Brimob Polri 2013 Jadwal Penerimaan Online Tamtama Brimob Polri 2013 - Setelah hampir berakhirnya Pendaftaran Brigadir Polri 2013 saat ini Polri kembali membuka pendaft...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*