Apakah Benar Tugu Yogyakarta – Laut Selatan – Gunung Merapi Berada dalam 1 Garis Lurus ?

Saya sering mendengar maupun membaca tentang mitos bahwa Yogyakarta yang diwakili oleh Keraton Yogyakarta berada dalam 1 garis lurus dengan pantai laut selatan dan gunung merapi. Selama ini banyak yang setuju dengan cerita maupun mitos tersebut. Disini saya sebagai orang awan yang hanya sedikit penasaran apakah benar tentang cerita mitos tersebut. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat penjelasan dari berbagai sumber berikut.

Ada yang mengatakan jika dilihat dari satelit ketiga tempat tersebut ( Parang tritis – Keraton – Gunung Merapi ) memang berada didalam satu garis lurus tetapi setelah saya mencari – cari foto satelitnya di google ternyata saya tidak menemukan satupun foto satelit tersebut.

Keberadaan garis imajiner tersebut dibenarkan oleh mantan Guru Besar Filsafat Universitas Gadjah Mada Profesor Damarjati Supadjar. Beliau mengatakan bahwa daerah-daerah yang dilintasi garis lurus imajiner itu hanya ‘kebetulan’ saja terlintasi garis. Tetapi yang sesungguhnya memiliki arti adalah titik di masing-masing ujung imajiner, Merapi dan Laut Selatan.

Dari hasil browsing saya yang tidak lama saya hanya menemukan satu foto ini yang saya anggap sedikit relevan dan membuktikan bahwa memang ketiga tempat tersebut memang berada dalam garis lurus.

Garis Lurus Yogya
Garis Lurus Yogya

Jika diamati dalam foto diatas memang terlihat memang benar ketiga tempat tersebut berada dalam satu garis lurus, tetapi saya masih penasaran dan dengan pengetahuan saya yang sedikit ini saya mencoba mencari data yang lain. Hingga pada akhirnya saya menemukan salah satu media yang bisa memperlihatkan peta dari ketiga tempat tersebut.

Saya menggunakan Google Maps untuk melihat ketiga tempat tersebut dan hasilnya terlihat seperti pada gambar dibawah ini :

Google Map Yogya
Google Map Yogya

Pada gambar diatas saya mencoba menarik sebuah garis lurus dari ketiga tempat tersebut dan hasilnya memang ketiga tempat tersebut berada didalam sebuah garis yang lurus.

Ada satu pertanyaan yang masih mengganjal dibenak saya seperti yang terlihat pada gambar diatas, jika kita mengambil garis lurus dari pantai parangtritis dan langsung lurus keatas tentu saja hasilnya tidak akan lurus. Menurut pemahaman saya lurus adalah jika kita langsung menarik garis keatas seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

 

Memang ini hanyalah sebuah rasa penarasan saya dan biarlah mitos tersebut tetap menjadi rahasia dan menjadi salah satu ciri khas dari keunikan jogja, atau ada diantara teman – teman yang bisa menjelaskan silahkan langsung saja berkomentar pada kolom komentar dibawah ini.

 

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Nikita Mirzani Pamer Uang di Twitter Nikita Mirzani memang seorang artis yang selalu heboh dengan sensasi yang dia buat. Kali ini dia kembali membuat sensasi dengan memamerkan uang di aku...
Ledakan di Yogyakarta Berasal dari Rakitan Aki Ledakan keras di Stadion Mandala Krida, Daerah Istimewa Yogyakarta, merupakan rakitan aki sepeda motor yang diledakkan dari jarak tujuh meter. Meski d...
Alamat UMY ( Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ) Berikut ini adalah peta dan alamat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta / UMY   Lihat Peta Lebih Besar Silahkan Perbesar Gambarnya untu...
Lomba Penulisan “Bahasa Indonesia dan Kita” at Kom... Menyambut datangnya Bulan Bahasa ( Oktober 2012 ) Kompasiana sebagai salah satu media bersama warga Indonesia mengajak seluruh warga Indonesia untuk i...
Saya Iba Pada Birahi Laki – laki Rencana Satgas Anti Pornografi yang hendak membuat aturan melarang penggunaan rok mini membuat saya iba pada birahi laki-laki Indonesia, yang mati hid...

2 Comments on Apakah Benar Tugu Yogyakarta – Laut Selatan – Gunung Merapi Berada dalam 1 Garis Lurus ?

  1. maaf, ada yang kurang. coba juga di lihat posisi pantai DI Yogyakarta. pantai di Jogja posisinya miring / tidak sejajar mata angin. jika di tarik garis tegak lurus dengan pantai maka hasilnya adalah Merapi – Tugu – Parangtritis ada pada 1 garis lurus. coba lihat gambar terakhir, posisi garis dan pantainya gimana ..

  2. yang benar memang G. Merapi – Tugu – Laut Selatan ada pada 1 garis lurus. Kalau yang menurut pendapat admin yang di gambarkan pada gambar paling bawah itu namanya bukan pada 1 garis lurus tetapi lurus dengan arah mata angin. Itu sudah sangat berbeda arti dan maksudnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*