5 Program Studi Paling Populer di Indonesia

Dunia pendidikan di Indonesia saat ini berkembang dengan sangat pesat sekali. Bagi anda yang ingin melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi saat ini harus pintar-pintar memilih jurusan / program studi yang akan diambil. Banyak poin yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan akan kuliah dimana dan mengambil Program Studi apa. Karena jika anda salah mengambil jurusan maka akan berdampak pada masa depan anda sendiri.

Banyak lulusan SMA yang salah mengambil Jurusan / Program Studi di sebuah PTN maupun PTS, hal ini disebabkan karena minimnya pengetahuan dan informasi lengkap tentang jurusan yang akan mereka ambil tersebut. Beberapa lulusan SMA hanya tergiur dengan nama besar sebuah Universitas dan tanpa pikir panjang mereka memutuskan masuk ke Universitas tersebut padahal sebenarnya mereka belum paham benar dengan Jurusan maupun Program Studi yang mereka ambil.

Berikut ini adalah 5 Program Studi yang paling banyak diminati di Indonesia :

  1. Teknik Informatika
    • Pada era globalisasi sekarang ini, IT (Information Techno-logy) sudah menjadi kebutuhan mutlak bagi setiap organi-sasi termasuk perusahaan baik di bidang jasa maupun barang dan juga pada organisasi nirlaba. Selain itu, teknologi ini juga merupakan salah satu ilmu yang mampu menyentuh masyarakat secara perorangan seperti misalnya dalam komunikasi, hiburan dan pendidikan. Oleh karena itu, kebutuhan tenaga kerja profesional di bidang Teknik Informatika ini sangat tinggi baik di tingkat nasional mau
    • Peluang Karir : Software Engineer yang berperan dalam pengembangan perangkat lunak untuk berbagai keperluan. Misalnya perangkat lunak untuk pendidikan, telekomunikasi, bisnis, hiburan dan lain-lain, termasuk perangkat lunak untuk model dan simulasi.
  2. Ekonomi Syariah
    • Program Studi ini bertujuan untuk mencetak sarjana Ekonomi Syari’ah yang tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidang ilmu ekonomi syari’ah, tetapi juga memiliki kemandirian dan sikap ilmiah untuk menemukan, mengaktualisasikan dan mengembangkan pengetahuan dalam bidang ekonomi syari’ah yang diperkuat dengan keahlian mereka dalam bidang ushul fiqih dan mu’amalah. Sehingga prospek kerja lulusan sangatlah luas.
    • Peluang Karir: Dengan Spesifikasi keahlian yang dimilikinya, alumni program studi ini memiliki prospek untuk menjadi : 1. Tenaga Ahli pada Lembaga Ekonomi Ummat. 2. Praktisi Perbankan Syari’ah 3. Enterpreneur Muslim dan Konsultasi Bisnis / Keuangan Syariah.
  3. Ilmu Hubungan Internasional
    • Saat ini studi Hubungan Internasional tidak saja mempelajari tentang bagaimana hubungan antar negara-negara terjalin, tetapi juga mempelajari tentang hubungan antar aktor-aktor nonnegara yang bersifat lintas negara, seperti organisasi internasional, individu dan perusahaan multinasional. Mahasiswa Hubungan Internasional mempelajari berbagai aspek internasional dari interaksi diantara para aktor tersebut. Termasuk di dalamnya aspek ekonomi, hukum, sosial-budaya hingga pertahanan dan keamanan.
    • Peluang Karir: Diplomat, International Officer Perusahaan, Departemen Luar Negeri, Kedutaan Besar, Konsulat, Atase, Lembaga Swadaya Masyarakat Internasional (INGOs), dan Organisasi Internasional (IO), Akademisi, Politisi.
  4. Pendidikan Dokter
    • Pendidikan dokter merupakan pendidikan akademik profesional yang diselenggarakan di tingkat universitas. Pendidikan ini berbeda dengan pendidikan tinggi lainnya karena karakteristik lulusannya yang khas, yang harus memadukan ilmu, keterampilan, etika, moral, hukum dan budaya. Untuk itu diperlukan staf pengajar yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan kurikulum dan ilmu pendidikan.
    • Peluang Karir: Prospek Kerja Jurusan Kedokteran Prospek Kerja Jurusan Kedokteran sangatlah menjanjikan. Terbukti dengan banyaknya keberhasilan yang diraih oleh para lulusan fakultas kedokteran dalam dunia kerja. Mereka banyak yang terserap lapangan pekerjaan.
  5. Ilmu Agama
    • Jurusan ini didasarkan pada realitas dunia yang multi agama, yang karenanya dibutuhkan pemahaman terhadap ajaran agama masing-masing dengan kesadaran kebersamaan dalam perbedaan. Sebagai agama besar dunia, Islam bertanggungjawab menampilkan Islam yang rahmatan lil alamin. Jurusan ini menekankan penelitian dan pemahaman pemikiran keberagamaan secara kolektif. Penyajian materi kuliah didekati secara holistik dan kritis.
    • Peluang Karir: Lulusan Ilmu Agama berpeluang besar berkarir di dunia pendidikan, pemerintahan dsb.

Saran saya pilihlah Program Studi yang benar-benar sesuai dengan keinginan anda, pilihlah Program Studi yang sesuai dengan minat dan bakat anda namun selain itu anda juga harus memperhitungkan apakah nanti setelah lulus anda akan mudah mencari pekerjaan.

Selain Universitas baik Negeri maupun Swasta anda juga memilih Sekolah Kedinasan yang mungkin saja bisa menjadi referensi bagi anda karena saat ini lulusan Sekolah Kedinasan lebih diprioritaskan oleh beberapa Lembaga Pemerintahan. Untuk info tentang Sekolah Kedinasan anda bisa membacanya di tulisan saya sebelumnya yaitu Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia.

Facebook Comments

Artikel Lainnya

Inilah Foto Peraih Nilai UN Tertinggi 2013/2014 Inilah Foto Peraih Nilai UN Tertinggi 2013/2014 - Seperti kita ketahui bersama bahwa sebentar lagi akan diumumkan hasil UN tingkat SMU. Tentunya para ...
Syarat Registrasi Ulang AMG 2013 Syarat Registrasi Ulang AMG 2013 - Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus pada seluruh tahapan seleksi, kepada yang bersangkutan diminta untuk men...
Persyaratan Pendaftaran Sekolah Tinggi Sandi Negar... Persyaratan Pendaftaran Sekolah Tinggi Sandi Negara 2014 - Sekolah Tingi Sandi Negara adalah salah satu Sekolah Kedinasan yang ada di Indonesia. Sekol...
Info Resmi Pendaftaran AMG Tahun 2014 Akademi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau biasa disingkat dengan AMG pada tahun ajaran 2014-2015 ini kembali membuka pendaftaran taruna dan t...
Pendaftaran Kadet Tamtama Bintara Akademi Angkatan... Pendaftaran Kadet Tamtama Bintara Akademi Angkatan Laut 2013 - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut secara resmi telah membuka pendaftaran untuk K...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*